www.1001resepmasakan.com

Resep Kering Tempe Lezat dan Indonesia Banget

Posted on

Ada yang mengatakan bahwa olahan tempe adalah makanan yang Indonesia banget. Bahan dari fermentasi kedelai ini memang menjadi lauk makanan yang dapat di jangkau masyarakat menengah ke bawah sekalipun.

Namun jangan salah, meskipun harga tempe murah meriah, namun tempe memiliki kandungan gizi terutama protein nabati yang tinggi. Jadi tidak perlu malu untuk menyebut dirimu anak tempe.

Tidak baik memakan makanan fast food yang modern namun sangat riskan menyebabkan berbagai penyakit degeneratif. Oleh karena itu kamu harus memvariasikan makanan yang kamu konsumsi.

Tempe dapat di olah menjadi berbagai macam makanan sesuai kreativitasmu. Dari goreng, kukus, bahkan steak tempe. Salah satu makanan oalahan tempe yang banyak di kenal adalah kering tempe.

Makanan ini memiliki rasa yang manis sekaligus pedas. Beberapa rempah-rempah yang digunakan membuat kering tempe membuat kering tempe semakin lezat.

Keunggulan kering tempe yang lainnya adalah kamu dapat menyimpannya dalam waktu yang cukup lama tanpa perlu menghangatkannya. Bukankah ini cocok untuk bunda yang sibuk bekerja di luar rumah?

www.alaksmiarti.wordpress.com
www.alaksmiarti.wordpress.com

Begitu juga dengan kamu anak kost yang menginginkan hidup ngirit di perantauan sebagai menu sarapan. Tempe juga sangat cocok dijadikan bekal saat bepergian atau bekal anak di sekolah tanpa khawatir tumpah seperti sayuran berkuah.

Cara membuat kering tempe tidaklah sulit. Berikut ini resep kering tempe lezat dan Indonesia banget.

Siapkan Bahan-Bahan

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Siapkan 500 gram tempe sebagai bahan utama untuk membuat kering tempe. Beberapa bahan lainnya adalah cabe merah sesuai selera, 3 lembar daun jeruk purut, 2 cm lengkuas, 3 lembar daun salam, 70 gram kacang tanah, 60 ml air asam, gula merah, garam, dan kecap.

Selain itu siapkan bawang putih 2 siung, bawang merah 4 siung, cabe rawit sesuai selera, dan 2 buah kemiri yang sebelumnya telah di sangrai.

Agar kacang tanah lebih empuk, sebelumnya rendamlah ke dalam air panas selama 1 jam. Adapun cabe merah ada sebagian yang menjadi bumbu ulek, ada sebagian juga yang di potong serong.

Haluskan Bumbu-Bumbu

www.ita-thediffusionofexperience.blogspot.com
www.ita-thediffusionofexperience.blogspot.com

Haluskan beberapa bumbu seperti bawang putih, sebagian cabe merah, kemiri, bawang merah, serta cabe rawit. Jika keluargamu tak begitu menyukai masakan pedas, kamu dapat menghilangkan cabe rawit.

Masaklah Kering Tempe

www.santeaja.com
www.santeaja.com

Potonglah tempe menjadi potongan dadu kecil-kecil. Kemudian gorenglah tempe tersebut sampai benar-benar kering. Angkat dan tiriskan sambil menunggu semua potongan tempe selesai di goreng.

Panaskan penggorengan dengan ditambah sedikit minyak goreng. Kemudian tumislah bumbu halus ke dalam minyak goreng sampai tercium aroma harum.

Masukan daun jeruk purut, daun salam, serta lengkuas yang telah dimemarkan. Aduklah bumbu tersebut sampai daun layu.

Masukan tempe dan kacang tanah yang sebelumnya telah di rendam. Selanjutnya tambahkan air asam, gula merah, dan garam. Aduklah terus sampai air asam surut dan semua bumbu tercampur merata dengan tempe dan kacang tanah.

Matikan kompor dan kering tempe siap untuk disajikan.

Sajikan untuk Keluarga

www.masakapa.net
www.masakapa.net

Apabila kamu akan menyimpannya dalam waktu lama, tunggulah sampai kering tempe dingin dan tidak panas. Masukan kering tempe ke dalam wadah yang rapat seperti toples.

Kamu tak perlu menyimpannya di kulkas. Simpanlah di tempat yang kering seperti lemari makanan.

www.ceritauly.blogspot.com
www.ceritauly.blogspot.com

Nasi hangat bersama kering tempe sama nikmatnya dengan nasi hangat dan abon sapi. Jadikan kering tempe sebagai sumber protein nabati untuk memenuhi kebutuhan gizi keluargamu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *