Kue basah tradisional kini mulai jarang ditampilkan dalam momen-momen besar. Sebagian besar masyarakat Indonesia telah meninggalkan hidangan kue tradisional. Rata-rata lebih suka menampilkan kue basah modern.

Padahal, kue basah tradisional memiliki kelezatan rasa yang tak kalah dengan kue basah modern.

Kamu bisa lho, mengkreasikan kue basah tradisional sehingga performanya lebih cantik dan kekinian. Bahkan dari bahan-bahannya pun bisa ditambah lagi agar lebih bervariasi.

Untungnya, negeri ini masih melestarikan budayanya yang kerap menyajikan kue basah tradisional dalam momen ritual.

Kalau dicermati lagi, tampilan kue tradisional sebenarnya lebih menggoda selera. Mulai dari warna beragam hingga inovasi rasanya.

Berikut ini merupakan resep spesial untuk membuat 2 jenis kue basah tradisional yang mulai dilupakan oleh masyarakat modern. Cobalah resep ini di dapur dan nikmati keanggunan rasa dan tampilannya.

1Kue Putu Ayu

resepbuntik.com

Kue berbentuk kelopak bunga, berwarna-warni dan bertabur kelapa putih, itulah kue putu ayu. Kue ini cantik, sesuai dengan namanya.

Ingin membuatnya di dapur rumah? Silakan siapkan bahan-bahan utamanya.

Bahan-bahan utamanya terdiri dari tepung terigu, gula pasir, telur, garam, pengembang kue, santan kental, kelapa parut, dan garam.

Bahan berupa kelapa parut dan garam kamu kukus di atas api sedang, sementara santan kental dididihkan.

iis-resep.blogspot.com
iis-resep.blogspot.com

Pertama, kamu buat adonan kue dari bahan telur, gula pasir, dan tepung terigu dengan cara dikocok menggunakan mixer atau alat pengocok adonan.

Tambahkan pengembang kue, santan, dan pasta pandan, lalu aduklah hingga merata.

Kedua, angkat kukusan kelapa parut yang dicampur garam, kemudian masukan ke dalam cetakan sambil menekannya sampai padat. Selanjutnya, adonan dituangkan ke cetakan hingga ¼ cetakan.

catatanbelajarmasak.blogspot.com
catatanbelajarmasak.blogspot.com

Langkah ketiga, semua adonan dalam cetakan dikukus selama 15 menit. Kalau sudah matang, silakan angkat dan keluarkan adonan dari cetakan.

Nah, sekarang kue putu ayu sudah bisa kamu hidangkan untuk jajanan sehari-hari. Lebih mudah, murah dan praktis.

2Kue Cenil

harianresep.blogspot.com

Unik, penuh warna dan menggoda selera, sepertinya memang cocok disandang kue cenil. Nama kue basah ini kedengarannya aneh tapi mudah diingat.

Dulu, kue cenil menjadi salah satu jajanan favorit anak-anak. Sekarang, kamu pun mungkin sudah tidak ingat seperti apa bentuk kue cenil tersebut.

Untuk mengingatnya, coba membuatnya yuk. Tentunya, kamu harus sediakan bahan-bahan berupa tepung kanji, air, pewarna makanan, daun pandan, kelapa parut, garam, dan gula pasir.

Cara membuatnya sangat mudah sekali. Langkah pertama, kamu buat adonan dari bahan garam dicampur tepung kanji.

Kedua bahan tersebut dididihkan di atas api sedang sembari diaduk sampai mengental, lalu angkat.

Aduk lagi adonan tersebut ketika sudah diangkat. Aduk hingga kentalnya rata dan terasa dingin.

resepkueku.xyz
resepkueku.xyz

Selanjutnya, adonan diuleni dan dibagi menjadi tiga bagian. Berikan warna yang berbeda-beda pada ketiga adonan sesuai selera kamu.

Masing-masing adonan tadi, diambil sebanyak satu sendok makan (setiap warna). Kemudian satukan menjadi gulungan panjang. Kira-kira panjangnya sebesar kelingking.

Adonan yang sudah digulung itu dipotong-potong menjadi sama rata pendeknya. Sambil membentuk adonan, masaklah air dikombinasikan daun pandan sampai mendidih.

Jika sudah mendidih, kecilkan api lalu masak lagi sampai aroma pandan melesap dan menyatu ke dalam air. Masukan adonan yang sudah terpotong-potong pendek ke dalam air.

Indikasi adonan matang ditandai dengan mengapungnya adonan dalam waktu kurang lebih lima menit. Setelah itu angkat dan gulingkan di atas kelapa parut.

youtube.com
youtube.com

Sekarang, sudah jadi deh kue cenil favorit kamu. Taburkan gula pasir dan garam agar rasanya lebih gurih, manis, dan lezat.