Indonesia memang tidak pernah kehabisan resep makanan. Mulai dari makanan untuk lauk sampai segala jenis kue. Bagi kamu para penggemar kue bolu, resep berikut ini bisa menjadi referensi. Cara membuatnya praktis dan sederhana.

Yuk, simak ulasannya!

1Kue Bolu Kukus Keju

alliysacute.ml

Keju merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Rasa keju yang gurih menempatkan keju di deretan makanan istimewa. Bagaimana jika keju dicampurkan dengan kue bolu? Coba ikuti resep berikut yuk.

Pertama, siapkan bahan-bahannya, yaitu telur, gula putih, TBM, baking powder, terigu, margarin cair, santan kental, dan keju parut.

ummiyashila.blogspot.com
ummiyashila.blogspot.com

Langkah berikutnya, campurkan telur, gula putih, TBM dan baking powder untuk dikocok menggunakan mixer. Setelah terlihat mengembang, masukan terigu dan aduk kembali sampai merata.

Selanjutnya, masukan margarin cair dan santan kental, aduk-aduk rata memakai spatula. Kalau sudah tercampur rata, adonan dituangkan ke dalam cetakan (olesi cetakan dengan minyak supaya tidak lengket).

Kemudian, kukus di panci dan tutup panci tersebut menggunakan balutan serbet. Angkat kukusan setelah 20 menit.

2Kue Bolu Kukus Mawar

tokopedia.net

Pernah melihat bunga mawar? Cantik sekali bukan bentuknya? Performa bunga mawar ini dijiplak habis untuk membentuk kue bolu kukus. Hasilnya, bolu kukus pun tampil beda.

Gampang kok, cara membuatnya. Pertama, kamu siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu tepung terigu, susu bubuk, telur, gula pasir, santan, pewarna makanan, minyak goreng, dan baking powder.

detakkehidupan.wordpress.com
detakkehidupan.wordpress.com

Kedua, panaskan panci yang akan kamu gunakan untuk mengukus bolu. Sambil memanaskan, kocoklah gula dan telur hingga mengembang lalu masukan baking powder, tepung, dan susu. Aduk sampai tercampur rata.

Kalau sudah, masukan santan dan minyak kemudian bagilah menjadi tiga bagian yang masing-masing diberi pewarna. Langkah selanjutnya, siapkan cetakan dan olesi dengan minyak.

Adonan dituangkan ke dalam cetakan mawar. Setelah itu masukan cetakan berisi adonan ke dalam panci pengukus.

Kukuslah adonan dengan api sedang dan tutup panci menggunakan kain yang bersih dan kering. Kukus adonan hingga 10 menit hingga matang lalu sajikan.

Sekarang kue bolu kukus mawar pelangi siap kamu santap.

3Kue Bolu Kukus Milo

slacker-jet.blogspot.com

Ingat susu milo? Sebuah merek susu yang tidak pernah lekang terkikis zaman. Dari zaman kamu TK sampai sekarang di era digital, susu milo terus mendunia.

Mari berkreasi dengan susu milo. Kamu bisa lho, membuat kue bolu kukus berbahan milo ini.

Tapi, tentu saja kamu harus menyediakan bahan-bahan tambahan lainnya, seperti telur, gula pasir, baking soda, vanili bubuk, tepung terigu, minyak goreng, dan SKM coklat.

casapedro.com.ng
casapedro.com.ng

Langkah pertama, kocoklah telur, gula, baking soda, dan vanili bubuk menggunakan mixer. Kocok dengan kecepatan tinggi. Setelah adonan mengembang, tambahkan tepung terigu dan milo, aduk lagi memakai spatula.

Bahan terakhir yang dimasukan yakni minyak goreng dan SKM coklat lalu aduk-aduk lagi sampai menyatu dengan adonan. Kalau adonan sudah jadi, tuangkan ke dalam loyang yang telah ditaburi tepung dan diolesi margarin.

Selanjutnya, panaskan panci pengukus dan kukus adonan di dalam panci (beserta loyang). Tutup panci dengan dilapisi kain serbet.

Kamu boleh mengangkat loyang dari panci setelah 30 menit kemudian ketika kue bolu sudah tidak lengket lagi. Tapi, ingat, jangan sering dibuka-buka tutup pancinya jika belum 30 menit.

Matikan kompor saat adonan sudah matang. Angkat dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin, baru kamu potong-potong sesuai selera.

Selamat mencoba, guys!

SHARE