www.kiosresep.com

Resep Kue Cucur Lezat dan Legit

Posted on

Indonesia sangat kaya akan budaya, adat, dan kuliner. Salah satu makanan tradisional yang sampai sekarang masih eksis adalah kue cucur. Pada acara adat budaya Betawi misalnya, kue cucur disajikan di sana.

Terdapat beberapa versi kue cucur dari berbagai daerah asalnya. Ada yang berwarna cokelat, namun ada juga yang berwarna mencolok menggunakan pewarna makanan.

www.missratnaculinary.wordpress.com
www.missratnaculinary.wordpress.com

Ada yang menggunakan santan pada larutan gula, ada juga yang tidak menggunakan santan. Secara umum kue cucur memiliki rasa manis dengan tekstur empuk di tengah dan renyah di luar.

Kue yang berbentuk bulat ini di bagian pinggirannya terlihat agak gosong. Saat dimakan terasa sangat berminyak, terlebih kue cucur yang menggunakan santan kelapa dalam larutan gulanya.

Kue ini juga sering disajikan di dalam etalase penjual kue disandingkan dengan kue-kue yang lainnya. Kue cucur sangat lezat disajikan bersama teh manis hangat atau kopi hangat.

Cara membuat kue cucur sangat mudah. Namun untuk membuat kue cucur membutuhkan kesabaran, terutama pada saat menguleni adonan.

Berikut ini cara untuk membuat kue cucur yang lezat dan legit.

Siapkan Bahan-bahan

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Bahan untuk membuat kue cucur terdiri dari bahan untuk larutan gula dan bahan utama kue cucur.

Bahan untuk membuat larutan gula di antaranya gula pasir 75 gram, gula merah 200 gram, ½ liter santan dari ½ buah kelapa, bubuk kayu manis sedikit, dan daun pandan 2 lembar.

Bahan untuk membuat kue cucur yaitu tepung beras 350 gram, tepung terigu 3 sendok makan, garam sesuai selera, serta minyak goreng untuk menggoreng kue.

Buatlah Larutan Gula

www.rinatrilestari.wordpress.com
www.rinatrilestari.wordpress.com

Bahan-bahan larutan gula di rebus dalam penggorengan. Aduk-aduklah agar semua tercampur merata. Masaklah sampai semua bahan mendidih dan meletup-letup.

Angkat dan saring untuk memisahkan kotoran-kotoran yang biasanya berasal dari gula jawa. Sisihkan agar dingin.

Buatlah Adonan Kue Cucur

www.youtube.com

Sembari menunggu larutan gula dingin, buatlah adonan kue cucur. Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan garam sampai semua tercampur merata.

Kemudian tambahkan larutan gula sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan menggunakan tangan sampai kalis. Kalis adalah kondisi di mana semua adonan tidak lagi terasa lengket di tangan.

Pukul-pukul selama kurang lebih 30 menit. Diamkan adonan selama kurang lebih 45 menit.

Gorenglah Kue Cucur Sampai Matang

www.boombastis.com
www.boombastis.com

Panaskan penggorengan yang berisi minyak goreng 4 sampai 5 sendok. Agar kue cucur matang sempurna, sebaiknya gunakan penggorengan yang berasal dari baja.

Ambillah adonan kue cucur degan sendok sebagai cetakan. Celupkan ke dalam minyak panas untuk kemudian dilepaskan. Gorenglah adonan kue cucur sambil di siram-siram minyak panas di dalam wajan.

Tusukan kue lidi di bagian tengah-tengah kemudian di putar-putar agar seperti bunga yang bermekaran. Balikan sebentar kemudian angkat kue cucur dari penggorengan.

Apabila kamu tidak memiliki bubuk kayu manis, kamu dapat membuat kue cucur tanpa menggunakan bubuk kayu manis. Meskipun kelezatannya sedikit berkurang, namun kue cucur juga tetap enak.

Sebagai awalan buatlah kue cucur sedikit dahulu. Jika hasilnya memuaskan, kamu dapat membuatnya lagi dengan porsi yang lebih besar.

Sekali-kali buatlah kue cucur untuk menemani quality time bersama keluarga tercinta. Kamu juga perlu mengenalkan makanan-makanan tradisional kepada anak-anak.

Atau jika ada acara-acara rapat atau pengajian, kamu juga sajikan kue cucur ditemani dengan kacang telur sebagai snack. Bagaimanapun juga kue cucur adalah kekayaan kuliner nusantara. Sudah sepantasnya kita melestarikannya.

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Jangan sampai resep kue-kue tradisional kekayaan nusantara tergerus oleh zaman dan tergantikan oleh pizza dan burger.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *