Kue kering selalu menjadi andalan dalam jamuan tertentu. Pasalnya, kue kering dapat bertahan lama meskipun tidak diawetkan. Selain itu, kue kering juga dapat kamu jadikan camilan sehari-hari.

Berikut ini ada 3 resep membuat kue kering agar terasa renyah dan gurih. Yuk, simak ulasannya!

1Kukis Coklat Ala New York Times

adisanita.wordpress.com

Kue kukis memang disukai banyak kalangan. Keunikan rasa kue kukis membuat sensasi tersendiri saat dikunyah. Manis, gurih dan renyah bercampur jadi satu.

Namun, tidak semua kue kukis ditampilkan dengan rasa yang demikian. Ada juga yang gagal membuat sehingga rasanya kurang pas. Salah satu kukis yang banyak disukai orang adalah kukis ala New York Times. Kelezatannya sudah tidak diragukan lagi.

Kalau kamu ingin membuatnya, sediakan bahan-bahan berupa tepung kunci, tepung cakra, soda kue, baking powder, garam halus, gula pasir, gula palem, telur, essens vanilla, dan chocochips.

Langkah pertama, kocok mentega dan semua gula menggunakan mixer sampai mengembang. Kemudian, turunkan kecepatan mixer dan masukan telur serta essens vanilla. Kocok lagi sampai rata.

riniivan.wordpress.com
riniivan.wordpress.com

Lalu masukan tepung dan aduk menggunakan spatula. Terakhir, masukan chocochips. Jika tidak ada chocochips, kamu bisa menggantinya dengan kismis atau cranberry.

Langkah kedua, keluarkan adonan dan bungkus dengan plastik. Masukan adonan ke dalam kulkas kurang lebih selama 2-3 hari (jangan letakkan di freezer).

Setelah 2-3 hari, keluarkan adonan dari kulkas dan diamkan sejenak. Beberapa saat berikutnya, buatlah bulatan-bulatan kecil dari adonan.

Selanjutnya, panggang adonan yang sudah terbentuk selama 15 menit pada suhu 180C. Namun, apabila bagian bawah dan samping adonan sudah terlihat berkulit, langsung angkat saja. Diamkan sejenak sampai agak dingin.

Nah, setelah dingin, kamu bisa langsung menyantap kukis coklat ini bersama susu tawar. Selamat mencoba!

2Kue Kastengel

resepcaramasak.com

Kue kering kastengel juga memiliki rasa yang tidak kalah lezat. Bagi kamu yang kurang suka telur, kue ini bisa jadi alternatif. Sediakan bahan-bahan berupa margarin, room butter, keju apel, keju, garam, terigu, maizena, dan baking soda.

Pertama, parutlah keju apel dan keju cheddar. Selanjutnya, ayak tepung terigu dan baking soda.

Langkah berikutnya, kocok mentega sampai mengembang dan masukan parutan keju sambil diaduk rata. Terakhir, masukan tepung terigu. Lalu uleni adonan dan cetak membentuk jari memanjang.

kaniagho.wordpress.com
kaniagho.wordpress.com

Kemudian, olesi adonan menggunakan kuning telur dan taburi dengan keju parut. Setelah itu, pangganglah menggunakan oven. Angkat adonan jika sudah berwarna kecoklatan karena tandanya sudah matang. Diamkan sejenak supaya agak dingin.

Sajikan kue kastengel bersama secangkir teh di pagi hari.

3Kue Lidah Kucing Super Keju

pawonrenny.wordpress.com

Siapa suka keju? Penyuka keju pasti juga menyukai kue lidah kucing rasa keju ini. Apalagi ditambah rasanya yang gurih dan renyah, tentu bikin ketagihan.

Tidak perlu jauh-jauh membeli di toko kue. Kamu bisa kok, membuatnya sendiri di dapur. Cukup siapkan bahan-bahan dasar berupa margarin, gula halus, putih telur, tepung terigu, susu bubuk, maizena, dan keju parut.

namnamstory.blogspot.com
namnamstory.blogspot.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencampurkan margarin dan gula halus lalu mengocoknya hingga mengembang, berwarna pucat, dan lembut.

Tambahkan putih telur ke dalam adonan tadi dan kocok lagi sampai rata. Selanjutnya, masukan tepung terigu, maizena, susu bubuk (harus diayak sebelumnya) kemudian kocok hingga menyatu.

Jika sudah nampak rata dan menyatu, masukan keju parut ke dalam adonan tersebut. Aduk-aduk adonan lantas masukan piping bag.

Langkah kedua, seperti biasanya, adonan disemprotkan ke loyang cetakan lidah kucing. Taburi keju parut di atas masing-masing adonan. Setelah itu, masukan loyang ke dalam oven bersuhu 160o Celsius.

Diamkan sampai matang selama 25 menit. Angkat dan pindahkan loyang ke rak kawat hingga hilang panasnya. Terakhir, sajikan kue lidah kucing rasa keju di toples terbaik yang kamu miliki.

Rasanya? Kresss, terasa betul gurihnya.