Kue kering adalah makanan yang selalu menggugah selera, apalagi jika disajikan di luar hari raya. Emangnya kenapa begitu? Soalnya, kalau hari raya kan tiap rumah pasti ada kuenya tuh, jadi kita pasti nggak tertarik untuk mencicipinya. Tapi akan beda cerita jika di hari biasa.

Ngomong-ngomong, kue kering itu jenisnya apa aja sih? Ya tentunya banyak jenisnya, misalnya nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, dan lain sebagainya. Intinya sih kue yang bisa disimpan lama karena kadar airnya rendah.

Kalau kamu ingin kue kering tapi jarang yang jual di hari biasa, maka kamu bisa coba buatnya sendiri. Apalagi mendekati pergantian tahun kan banyak liburnya tuh, pas liburan bisa langsung eksekusi deh.

Buat kamu yang mau buat kue kering untuk mengisi liburan, kita simpan-simpan resepnya dulu yuk! Berikut adalah beberapa resep yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1Nastar

kumpulanfotogambarwallpaperterbaru.blogspot.com

Kamu pasti tau kan kue kering yang satu ini. Ya, ini adalah nastar. Kue kering ini bisa kita buat dari mentega, terigu, kuning telur, gula halus, susu bubuk, maizena, dan selai nanas sebagai isi dari nastar ini.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Pertama-tama kita perlu mengocok gula halus dan mentega dengan kecepatan rendah. Kemudian baru kita masukkan telur, terigu, dan tepung maizena. Campur dan kocok dengan mixer hingga adonannya lembut.

Setelah dicampur, adonan tersebut kita diamkan sejenak. Baru setelah itu kita bentuk bulat-bulat dan diisi dengan selai. Tapi sebelum itu kita perlu menyiapkan loyang yang diolesi mentega terlebih dahulu.

Bagian paling akhir dari proses pembuatan yang harus kita lakukan adalah memanggang adonan selama 20 menit. Namun di tengah-tengah proses memanggang kita perlu mengolesi bagian atas nastar dengan kuning telur agar warnanya mengkilat.

2Kue Kering Coklat

youtube.com

Kue kering coklat yang satu ini bisa kita buat dari tepung gula, coklat bubuk, tepung terigu, kuning telur, coklat batangan, capucino, vanili bubuk, tepung maizena, dan mentega.

Semua bahan dicampur menjadi satu, kemudian dibentuk bulat-bulat atau dicetak sesuai bentuk yang kita inginkan. Setelah itu, adonan dipanggang. Setelah dingin baru diberi toping coklat.

3Ring Keju

kampoengcookies.co.id

Kue kering yang satu ini agak berbeda dengan kue kering yang lain. Di mana bedanya? Bedanya terletak pada bahan yang dicampur dengan sagu dan penambahan keju edam ke dalam adonannya.

Selain itu, bahan-bahan lain yang kita butuhkan antara lain butter, gula putih halus, telur ayam, margarin, santan kental, dan daun pandan. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menyangrai sagu beserta daun pandan. Kemudian campur dengan bahan-bahan yang lain dan kocok menggunakan mixer. Setelah itu baru dicetak dan dipanggang.

4Lidah Kucing Rainbow

alikacookiesncake.com

Lidah kucing awalnya berasal dari belanda, kemudian namanya diadaptasi oleh orang Indonesia. Untuk membuat lidah kucing kita membutuhkan mentega, margarin, telur, gula halus, perisa vanili, dan pewarna makanan.

Untuk membuatnya, kita campur semua bahan hingga terbentuk adonan yang lembut. Lalu setelah itu bagi menjadi beberapa bagian ke wadah yang berbeda. Kemudian tambahkan pewarna dan dicetak serta dipanggang.

5Kastengel

akhwatindonesia.net

Cara membuat kastengel pada umumnya sama dengan membuat kue kering yang lain, yang berbeda adalah banyaknya gula yang ditambahkan, serta penambahan keju di dalam adonan dan di bagian luarnya.

6Putri Salju

infokuliner.com

Nah, kue kering yang terakhir adalah putri salju. Dinamakan putri salju, karena menggunakan gula putih halus sebagai taburan di bagian luar kue keringnya. Biasanya untuk membuat putri salju perlu menambahkan kacang yang dihaluskan le dalam adonan.