Kue kukus khas Indonesia memang tiada duanya. Apapun bentuk dan resepnya selalu menghasilkan rasa yang luar biasa. Banyak orang yang menyukai kue kukus karena teksturnya lembut dan memiliki sensasi rasa yang unik.

Kini, kue kukus telah mengalami inovasi. Meskipun ada beberapa yang bertahan sebagaimana resep dahulu kala.

Berikut ini kamu akan belajar bagaimana cara membuat kue kukus sederhana tapi dengan rasa istimewa. Yuk, langsung saja simak ulasannya!

1Kue Kukus Putu Ayu

resepbuntik.com

Kue berbentuk kelopak bunga, berwarna-warni dan bertabur kelapa putih, itulah kue putu ayu. Kue ini cantik, sesuai dengan namanya.

Ingin membuatnya di dapur rumah? Silakan siapkan bahan-bahan utamanya. Bahan-bahan utamanya terdiri dari tepung terigu, gula pasir, telur, garam, pengembang kue, santan kental, kelapa parut, dan garam.

Bahan berupa kelapa parut dan garam kamu kukus di atas api sedang, sementara santan kental dididihkan.

Pertama, kamu buat adonan kue dari bahan telur, gula pasir, dan tepung terigu dengan cara dikocok menggunakan mixer atau alat pengocok adonan. Tambahkan pengembang kue, santan, dan pasta pandan, lalu aduklah hingga merata.

Kedua, angkat kukusan kelapa parut yang dicampur garam, kemudian masukan ke dalam cetakan sambil menekannya sampai padat. Selanjutnya, adonan dituangkan ke cetakan hingga ¼ cetakan.

edu4bali.wordpress.com
edu4bali.wordpress.com

Langkah ketiga, semua adonan dalam cetakan dikukus selama 15 menit. Kalau sudah matang, silakan angkat dan keluarkan adonan dari cetakan. Nah, sekarang kue putu ayu sudah bisa kamu hidangkan untuk jajanan sehari-hari. Lebih mudah, murah dan praktis.

2Kue Kukus Singkong

anekakueseribuanjepar.blogspot.com

Biasanya bolu kukus berasal dari bahan terigu. Kali ini, bolu kukus akan dibuat dari bahan singkong. Bahan-bahan yang harus disiapkan tidak banyak, yaitu singkong, telur, gula pasir, pengembang kue, vanili, minyak goreng, dan pewarna makanan.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni mengupas singkong dan membersihkannya. Sesudah itu, parut singkong dan peras airnya. Upayakan mendapatkan berat 350 gram. Jangan lupa sisihkan ampasnya.

oliviadreamer.blogspot.com
oliviadreamer.blogspot.com

Prosedur selanjutnya adalah mengocok telur, gula pasir, pengembang kue, dan vanili. Kocok hingga benar-benar mengembang ya. Kemudian masukan singkong yang sudah diparut, kocok kembali sampai rata.

Tuangkan minyak goreng ke dalam adonan tadi dan aduk memakai spatula. Selanjutnya, adonan diberikan varian warna sesuai keinginan kamu.

Jika sudah siap, tuangkan ke dalam cetakan kecil yang sebelumnya sudah diolesi mentega atau minyak goreng. Kukuslah adonan selama kurang lebih 20 menit.

Bagaimana, guys? Apakah kamu siap mempraktekannya?

3Kue Pisang Kukus

ramanatafamily.wordpress.com

Varian bolu pisang pertama yakni bolu pisang coklat. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan yaitu telur, pisang, tepung terigu, coklat bubuk, gula pasir, margarin, dan air.

Cara membuatnya, pertama kali kamu harus mengocok telur dan gula pasir dalam mixer sampai mengembang dan mengeluarkan busa. Jika tidak punya mixer, kamu bisa pakai egg whisk.

mysweetcookiesdeci.blogspot.com
mysweetcookiesdeci.blogspot.com

Kemudian, masukan semua bahan kecuali margarin dan aduk-aduk hingga merata. Setelah semuanya menyatu dan rata, masukan margarin (harus cair) dan aduk lagi.

Adonan yang sudah kamu buat tadi dimasukkan ke dalam wadah atau pencetak kue. Boleh berbentuk bundar atau persegi sesuai selera kamu. Lalu, masukan wadah ke dalam panci pengukus yang sudah dipanaskan sebelumnya.

Kukus adonan bolu pisang coklat selama 20 menit. Setelah 20 menit, angkat bolu dari dalam pengukus dan biarkan dingin terlebih dahulu. Ketika sudah dingin, taburkan gula pasir sebagai pemanis.

Sekarang, bolu pisang coklat sudah siap dihidangkan. Selamat mencoba, guys!

SHARE