Indonesia memang kaya akan aneka kuliner tradisional. Salah satunya adalah kue lumpur. Kue ini terkenal bertekstur lembut dan halus menyerupai lumpur.

Kue lumpur banyak dijual di pasaran. Namun, rasa dan kelezatannya belum tentu sesuai selera kamu. Sebaiknya, kamu membuat kue lumpur sendiri jika menginginkan rasa yang enak.

Kelembutan kue lumpur dihasilkan dari adonan tepung terigu. Resep kue lumpur banyak macamnya. Ada kue lumpur yang berbahan dasar campuran kentang, ada juga yang divariasi memakai daun pandan.

Berikut ini resep kue lumpur kentang dan kue lumpur pandan. Penasaran dengan rasa dan aromanya? Yuk, coba ikuti resep di bawah ini.

1Kue Lumpur Kentang

lafempat.wordpress.com

Kentang merupakan jenis buah yang digemari banyak orang. Kentang mengandung karbohidrat dan vitamin tinggi. Biasanya digunakan untuk campuran dalam sop atau sambal goreng hati.

Nah, sekarang, kentang akan dibuat untuk campuran kue lumpur.

amiwikanti.blogspot.com
amiwikanti.blogspot.com

Secara lengkap, kamu harus menyediakan tepung terigu, kentang kukus yang dihaluskan, santan, margarin, telur ayam, gula pasir, garam, daun pandan, dan kismis.

Cara membuatnya, pertama buat adonan dari telur, gula, dan vanili bubuk, lalu kocok-kocok selama kurang lebih 10 menit.

Setelah itu, masukan kentang, aduk hingga merata. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.

Selanjutnya, tuangkan santan dan taburkan garam. Aduk kembali sembari memasukan margarin yang sudah dilelehkan.

Langkah kedua, saring adonan tadi agar teksturnya makin lembut. Sebelum dituangkan ke cetakan, panaskan terlebih dahulu cetakan di atas api kecil sambil diolesi margarin menggunakan kuas.

Kalau cetakan kue sudah siap, tuangkan adonan ke dalam cetakan. Diamkan sejenak, lalu tutup cetakan dan masak selama dua menit.

Segera masukan kelapa muda dan kismis pada adonan kue lumpur dan tutup kembali. Biarkan kue lumpur masak kira-kira 2-3 menit.

Jika bagian atas kue lumpur sudah padat, tandanya kue sudah matang dan siap dihidangkan.

2Kue Lumpur Pandan

dapurkunyil.blogspot.com

Daun pandan adalah daun beraroma wangi khas dan termasuk tumbuhan monokotil. Masakan-masakan Indonesia banyak yang memanfaatkan daun ini sebagai campuran.

Bagi pecinta kue, daun pandan memang tidak boleh ketinggalan sebagai pewangi spesial. Begitu juga dengan kue lumpur yang kali ini mengombinasikan bahan-bahan dasar kue lumpur dan daun pandan untuk pewarnanya.

Bahan-bahan utama yang harus disiapkan yakni tepung terigu, kentang kukus yang dihaluskan, santan, margarin, telur ayam, gula pasir, garam, dan daun pandan.

Langkah pertama, panaskan air, margarin, garam, dan gula hingga mendidih. Lalu masukan tepung terigu dan aduk cepat. Setelah terlihat kalis, angkat dan dinginkan.

Selanjutnya, campurkan kentang yang sudah dihaluskan dengan adonan pertama sambil menambahkan telur sedikit demi sedikit.

n3ngqql.wordpress.com
n3ngqql.wordpress.com

Kocok adonan sampai merata. Berikan pasta pandan ke dalam adonan dan aduk lagi. Supaya adonan mulus, saringlah adonan tersebut. Kemudian tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan dan diolesi margarin.

Masaklah kue lumpur sampai matang dan teksturnya berubah menjadi warna hijau kental. Angkat cetakan dan pindahkan kue lumpur ke piring atau tempat kue. Sajikan untuk camilan di pagi hari atau di hari istimewa kamu.

3Kue Lumpur Labu

info-kau.blogspot.com

Kreasi kue lumpur yang satu ini dikombinasikan dengan bahan dasar dari labu. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

Sediakan saja, telur, gula pasir, labu kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan, tepung terigu, santan, margarin, garam, serta kismis.

saptabony.blogspot.com
saptabony.blogspot.com

Pertama, aduklah telur dan gula hingga larut. Lalu masukan labu yang sudah dihaluskan, diikuti santan dan tepung sedikit demi sedikit secara bergantian. Sambil terus diaduk, taburkan garam secukupnya. Diamkan adonan selama 15 menit.

Kalau cetakan sudah siap, tuangkan adonan ke dalam cetakan dan panggang hingga matang. Taburkan kismis sebagai pemanis tampilan dan tutup kembali cetakan. Biarkan sampai kue lumpur matang .

Sekarang, kue lumpur labu siap dihidangkan. Selamat mencoba!

SHARE