Kue pukis merupakan kue khas Indonesia yang sebenarnya belum jelas berasal dari daerah mana. Ada yang mengatakan bahwa kue pukis ini berasal dari Banyumas karena sering terlihat gerobak penjual pukis bertuliskan banyumas.

Kue ini sangat cocok dijadikan cemilan keluarga menemani membaca koran atau sambil minum kopi. Menjadi kue yang sangat digemari berbagai kalangan masyarakat. Tua, muda, laki laki, dan perempuan semua menyukai kue pukis.

Jajanan tradisional yang empuk dan manis ini sangat enak ketika dalam keadaan hangat. Kue pukis masuk dalam kategori kue basah. Selain empuk juga memiliki tekstur yang lembut.

Jaman sekarang seiring pesatnya perkembangan jaman khususnya dibidang kuliner menyebabkan orang selalu berkreasi dengan berbagai cara. Jajan tradisional yang tadinya hanya satu rasa sekarang ada banyak varian rasa.

Yang membedakan rasa yang satu dengan rasa yang lain bisa berasal dari adonan atau cuma dari toping taburan di atasnya. Berbagai macam rasa sekarang bisa ditemukan meses, keju, kacang, dan lain lain.

Yang namanya jajanan tradisional terkenal dengan cara membuatnya ribet dan berbelit. Namun, untuk resep kue pukis ini cukup sederhana. Bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga gampang sekali.

Kamu tertarik mencoba resep kue pukis yang enak? Simak penjelasan berikut.

1Menyiapkan Bahan

bogasari.com

Apa saja bahan bahan yang harus kamu siapkan? Ada dua yang harus kamu siapkan, yaitu bahan untuk taburan dan bahan adonan untuk kue pukisnya. Baiklah simak penjelasan berikut agar lebih jelas.

Sebenarnya untuk bahan taburan ini bisa disesuaikan selera kamu. Kamu suka keju maka pakailah parutan keju, atau kamu bisa menaburkan meses atau potongan kacang.

Sekarang siapkan bahan untuk adonannya kuenya. Siapkan 3 butir telur ayam. Biarkan yang 2 butir utuh sedangkan yang satu ambil kuningnya saja. Kemudian siapkan 300 gram gula pasir dan 85 gram mentega atau margarin yang dicairkan.

Selain bahan di atas kamu juga perlu tepung terigu 330 gram kualitas bagus, sepertiga bungkus fermipan atau bisa gunakan ragi instant lainnya, serta siapkan 400 ml santan kental.

2Panduan Membuat Adonan Kue Pukis

diahdidi.com

Campurkan telur yang sudah disiapkan tadi dengan gula pasir dan ragi instan. Masukkan ke dalam wadah yang cukup besar. Kocok campuran dengan mixer sampai adonannya mengembang.

Setelah adonan kue pukis mengembang turunkan kecepatan putaran mixer menjadi lebih lambat. Kemudian masukkan tepung terigu dan santan secara bergantian.

Masukkan sambil adonan terus diaduk menggunakan mixer secara pelan. Jangan lupa untuk menambahkan mentega leleh yang sudah disiapkan.

Diamkan adonan resep kue pukis ini selama kurang lebih satu jam. Ini bertujuan agar adonan mengembang sempurna karena sudah diberi ragi fermipan.

3Proses Mencetak Kue Pukis

nyamlengpol.blogspot.com

Untuk proses pencetakannya kamu perlu menyiapkan dulu cetakan kue. Panaskan cetakan kue, kalau sudah silahkan tuangkan adonan yang ada. Tutup cetakan kue dan masak adonan sampai setengah matang.

Setelah kira kira setengah matang, taburi dengan berbagai taburan sesuai selera kamu. Setelah diberi taburan tutup kembali dan tunggu sampai benar benar matang. Api jangan terlalu besar agar tidak gosong.

Angkat kue pukis yang sudah matang. Dan ulangi proses pencetakan seperti di atas sampai adonan resep kue pukis yang dibuat benar benar habis.

Setelah semua matang, pukis siap disajikan dalam kondisi hangat. Sangat untuk menemani minum kopi dan berkumpul bersama keluarga kamu.

4Kue Pukis Berbagai Taburan

resepindonesia.net

Pukis dengan resep yang sama seperti kue pada umumnya. Namun, dengan berbagai macam taburan yang berbeda. Kue pukis dengan taburan meses coklat. Empuk dan manis, sangat enak rasanya.

menuresepkue.com
menuresepkue.com

Kue pukis pandan dengan adonan berwarna hijau. Ditambah ekstrak daun pandan atau perasa pandan.

1001resepmasakan.com
1001resepmasakan.com

Kue pukis keju yang bertaburkan keju parut. Rasa manis dan asin dari keju bercampur jadi satu.

rajapukis.blogspot.com
rajapukis.blogspot.com

Kue pukis kacang yang enak dan empuk. Tekstur empuk dari kue pukis dan renyahnya dari potongan kacang membaur sangat enak di mulut.

SHARE