Kue Semprit sangat mudah ditemukan di masyarakat. Kue ini adalah tipe kue yang merakyat dan bisa ditemmukan dimanapun. Sangat cocok untuk dijadikan untuk jajanan ketika ada tamu.

Tidak heran jika kue seperi ini akan sangat sering kita temukan ketika pada bulan ramadhan atau suasana lebaran. Karena memang kue ini sangat cocok untuk menyambut tamu yang biasanya banyak berkunjung ketika lebaran.

Selain enak dan renyah, kue ini juga bukan termasuk kue yang mahal. Dengan harga murah namun rasa yang tidak kalah enak dengan kue kering yang harganya mahal, kue ini sangat digemari.

Ketika musim lebaran banyak orang yang akan menawarkan jasa pembuatan jajanan. Dan kue semprit ini akan selalu ada dalam menu mereka. Meskipun harganya murah, namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba membuatnya sendiri.

Untuk membuat kue semprit ini tidak terlalu sulit. Kamu bisa mencoba sendiri membuatnya di rumah. Berikut resep kue semprit yang enak dengan berbagai rasa.

1Bahan Utama Kue Semprit

wiki-fitness.com

Untuk membuat kue semprit bahannya cukup mudah. Yang pertama adalah siapkan bahan bahan untuk membuat adonan utamany. Untuk berbagai rasa yang diinginkan bisa dicampurkan bahan lain sesuai rasa yang diinginkan.

ummi-online.com
ummi-online.com

Siapkan 150 gram margarin, 100 gram gula tepung, 1 kuning telur, 125 gram tepung terigu, 25 gram tepung maizena, 20 gram susu bubuk,  1 sendok teh baking powder.

2Cara Membuat

pixabay.com

Untuk pertama kocok margarin dan gula tepung selama 1 menit sampai lembut. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk dan baking powder. Sebelumnya harus diayak dulu agar adonan lebih halus.

Masukkan adonan ke dalam alat untuk menghias kue. Beri plastik dan masukkan adonan ke dalam plastik. Semprotkan adonan di loyang yang telah diolesi margarain.

masakanpraktisrumahan.com
masakanpraktisrumahan.com

Masukkan dalam oven kira kira 20 menit dengan suhu 150 derajat celcius sampai matang. Hias dengan sesuka hati dengan berbagai macam hiasan, bisa permen maupun selai.

3Kue Semprit Original

resepmasakanyuni.blogspot.com

Gambar di atas adalah kue semprit dengan rasa paling dasar. Ya tanpa dengan tambahan rasa yang lain. Namun ditambahkan selai di atasnya. Selai yang ditambahkan bisa disesuaikan dengan selera kamu.

4Kue Semprit Pisang Kenari

Kue semprit pisang kenari. Kue ini adonannya sama dengan adonan kue semprit pada umumnya. Namun ditambahkan pisang dalam adonan utama seperti yang dijelaskan di atas. Ditambahkan juga esens pisang dan kocok rata.

5Kue Semprit Cokelat

racikanku.com

Kue semprit yang selanjutnya yaitu kue semprit cokelat. Untuk adonan utama tetap sama seperti kue semprit yang lain. Kue semprit cokelat ini ditambahkan dengan coklat masak pada adonan pembuatnya.

Kemudian setelah jadi kue sempritnya maka dapat dihias dengan coklat masak putih leleh. Biarkan coklat putihnya kering sebentar. Setelah kering, simpan di dalam wadah yang rapat agar tetap renyah dan enak.

6Kue Semprit Oreo

kampoengku-e.blogspot.com

kue semprit yang selanjutnya yaitu kue semprit oreo. Kue semprit oreo ini seperti namanya yaitu ditambah dengan oreo. Pada adonannya ditambah dengan remukkan oreo.

Kue semprit dicetak, namun ketika masih basah di atasnya ditambahkan remukkan oreo sebagai hiasan dan juga sebagai penambah rasa agar lebih nikmat.

7Kue Semprit Keju

resepcaramasak.com

Kue semprit keju adalah kue semprit yang pada adonannya untuk membuat kuenya ditambah dengan keju. Sehingga rasa kue sempritny adalah rasa keju.

Selain pada adonan ditambahkan keju, untuk hiasan juga ditambahkan keju. Ya jenis toping pada kue semprit  biasanya digunakan sebagai penanda rasa apa kue yang dimakan.

SHARE