Kue sus merupakan salah satu kue yang berasal dari benua Eropa tepatnya dari negara Belanda. Sesuai dari asalnya, nama kue sus juga diadaptasi dari bahasa Belanda, yakni dari kata soes.

Kue sus sendiri di barat adalah varian dari cake, yang ciri-cirinya adalah berbahan dasar tepung terigu dan gula, dan memasaknya dengan cara dipanggang. Kue sus sendiri paling berbeda dengan cake lainnya dilihat dari bahan dan isiannya.

Kue sus memiliki ciri khas garing di luar dan lembut pada bagian dalamnya. Berbentuk bundar dengan rongga berisi vla, atau pilihan lain bersis custard atau daging. Namun, umumnya di Indonesia isian kue sus hanya vla saja.

Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi.

Kue ini banyak sekali penggemarnya karena rasanya yang lembut dan lezat. Dalam jajanan snack box kue sus juga sering muncul di dalamnya.

Kali ini kita ingin berbagi resep cara membuat kue sus isi vla yang paling lezat, berikut dengan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan Kue Sus

Bahan kulit sus

  • 100 gram margarin
  • 150 gram tepung terigu
  • 250 ml air
  • 3 butir telur
  • 1/4 sdt baking powder

Bahan untuk isi sus /vla sus

  • 1 sdt margarin
  • 4 sdt susu bubuk
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1 sdt rum

Cara Membuat Kue Sus

Membuat kulit sus

Pertama-tama panaskanlah 250 ml air dengan kompor sampai mendidih. Kemudian masukan 100 gram margarin ke air panas tersebut. Aduk sampai margarin meleleh dan tercampur dengan air seluruhnya.

Selanjutnya masukkan 1/4 sendok teh baking powder dan 150 gram tepung terigu ke adonan yang masih dipanaskan di kompor, aduk terus adonan hingga kalis seperti gambar di bawah. Kemudian angkat dari atas kompor dan dinginkan adonan sejenak.

youtube.com
youtube.com

Siapkan 3 butir telur yang telah dipecahkan, masukkan ke adonan yang sudah dingin satu persatu. Aduk adonan setiap 1 butir yang dimasukkan, dan kemudian aduk sampai rata pada campuran telur yang terakhir. Adonan akan berbentuk seperti ini.

youtube.com
youtube.com

Tuangkan adonan kue sus di atas ke plastik segitiga untuk membentuk cetakan kue. Kemudian oleskan mentega ke atas loyang yang disiapkan untuk mencetak adonan.

Cetak adonan di atas loyang yang sudah diolesi mentega itu. Buatlah cetakan dengan cara memutar dengan arah yang paling mudah sampai dua putaran dan terbentuk pucuk.

youtube.com
youtube.com

Selanjutnya oven selama kurang lebih 30 menit untuk hasil yang sempurna.

Membuat isi kue sus / vla sus

Untuk membuat isi kue sus, panaskan air kembali dan masukkan 1 sendok teh margarin, aduk hingga tercampur rata seperti cara di awal. Kemudian masukan semua bahan vla lain secara berurutan.

youtube.com
youtube.com

Dimulai dari 100 gram gula, lalu 4 sendok teh susu bubuk, 1/4 sendok teh garam dan vanili. Sambil terus diaduk-aduk masukkan juga 1 sendok teh rum, 1 sendok makan tepung terigu, dan terakhir masukkan 2 sendok makan tepung maizena.

Aduk dan masak adonan itu  sampai mengental. Setelah mengental angkatlah lalu dinginkan sejenak.

Gunting kulit kue sus yang telah matang pas di tengah. Tidak perlu dipotong seluruhnya agar mudah kembali direkatkan seperti seperti gambar di bawah ini.

youtube.com
youtube.com

Dilanjutkan dengan mengisi isian vla yang telah dibuat tadi ke dalam kue sus secara perlahan.

Selesai, kue sus sudah siap disajikan. Cukup mudah bukan untuk membuat kue sus ini? Selamat mencoba ya!

youtube.com
youtube.com

[td_smart_list_end]