Pernah dengar kue lidah kucing? Sejenis kue kering yang dipelopori oleh Bangsa Belanda. Rasanya, tentu saja lezat sekali. Pokoknya, bikin lidah bergoyang.

Saat Belanda menjajah Indonesia, kue ini jadi populer walaupun hanya dinikmati kalangan bangsawan. Kini, kue lidah kucing sudah semakin tenar, baik di kalangan atas maupun kalangan bawah.

Perayaan Idul Fitri, Imlek, dan tahun baru adalah momen dimana kue lidah kucing selalu tampil eksis menghiasi deretan hidangan favorit. Ragam rasa kue lidah kucing semakin bertambah seiring dengan perkembangan zaman.

Agaknya, 3 resep kue lidah kucing berikut ini akan membuat kamu penasaran. Seperti apa cara membuatnya? Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

1Lidah kucing Rainbow

dapurkaca.blogspot.com

Rainbow atau pelangi selalu tampak cantik diaplikasikan dalam bentuk apapun. Seperti kue yang satu ini nih. Namanya, kue lidah kucing rainbow.

Polesan warna pelanginya membuat gigi gemertakan ingin segera melahap. Kesan renyah dan gurih terpancar dari performa luarnya.

Daripada ngiler lihat kue lidah kucing milik tetangga, mendingan kamu coba membuatnya sendiri. Siapkan saja bahan-bahannya, yaitu tepung terigu, margarin, gula halus vanili bubuk, putih telur, dan pewarna pelangi.

Now, let’s do it! Pertama, bahan-bahan berupa margarin dan gula dikocok hingga lembut. Kemudian masukan vanili dan tepung terigu sambil diaduk rata. Selanjutnya, masukan juga putih telur secara bertahap dan aduk-aduk lagi.

shinhyoaeippeo.wordpress.com
shinhyoaeippeo.wordpress.com

Langkah kedua, saat adonan tadi sudah sempurna, bagilah menjadi enam bagian sama rata. Lalu, tambahkan perwarna pelangi dan masukan ke piping bag.

Kalau sudah, oleskan margarin ke loyang pencetak kue lidah kucing. Berikutnya, semprotkan adonan ke loyang sampai penuh dan merata. Terakhir, masukan loyang berisi adonan ke dalam oven. Biarkan sampai matang kurang lebih 15 menit.

Setelah 15 menit, angkat loyang, dinginkan, dan sajikan. Kemas kue lidah kucing di dalam toples cantik agar semakin menarik.

Selamat mencoba!

2Lidah Kucing Rasa Keju

infokuliner.com

Siapa suka keju? Penyuka keju pasti juga menyukai kue lidah kucing rasa keju ini. Apalagi ditambah rasanya yang gurih dan renyah, tentu bikin ketagihan. Tidak perlu jauh-jauh membeli di toko kue. Kamu bisa kok, membuatnya sendiri di dapur.

Cukup siapkan bahan-bahan dasar berupa margarin, gula halus, putih telur, tepung terigu, susu bubuk, maizena, dan keju parut. Caranya agak berbeda dengan kue lidah kucing sebelumnya.

youtube.com
youtube.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencampurkan margarin dan gula halus lalu mengocoknya hingga mengembang, berwarna pucat dan lembut.

Tambahkan putih telur ke dalam adonan tadi dan kocok lagi sampai rata. Selanjutnya, masukan tepung terigu, maizena, susu bubuk (harus diayak sebelumnya) kemudian kocok hingga menyatu.

Jika sudah nampak rata dan menyatu, masukan keju parut ke dalam adonan tersebut. Aduk-aduk adonan lantas masukan piping bag.

Langkah kedua, seperti biasanya, adonan disemprotkan ke loyang cetakan lidah kucing. Taburi keju parut di atas masing-masing adonan. Setelah itu, masukan loyang ke dalam oven bersuhu 160o Celsius.

Diamkan sampai matang selama 25 menit. Angkat dan pindahkan loyang ke rak kawat hingga hilang panasnya. Terakhir, sajikan kue lidah kucing rasa keju di toples terbaik yang kamu miliki.

Rasanya? Kresss, terasa betul gurihnya.

3Lidah Kucing Coklat

infomasak.blogspot.com

Ingin cara berbeda menikmati coklat? Coba campurkan coklat ke dalam adonan kue lidah kucing. Soal rasa? Dijamin renyah, gurih, manis, dan terasa banget coklatnya.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan seperti biasanya berupa, mentega, tepung terigu, bubuk gula, bubuk susu, pasta coklat, putih telur, garam, dan gula halus. Untuk menghiasi kue, gunakan kacang kenari.

Oke, sekarang mulai membuat ya. Pertama, bahan-bahan berupa mentega dan gula bubuk dikocok menjadi satu sampai lembut dan berwarna putih. Selanjutnya, kamu masukan tepung terigu dan bubuk susu yang sudah diayak ke dalam adonan.

kaskus.co.id
kaskus.co.id

Adonan harus terus diaduk setiap ada bahan baru yang dimasukkan. Secara terpisah, campurkan putih telur, pasta coklat, garam, dan gula halus sambil terus diaduk hingga menyatu dan mengembang.

Nah, adonan kedua ini ditambahkan ke dalam adonan pertama. Jangan lupa diaduk-aduk lagi sampai benar-benar merata. Kalau sudah, masukan adonan ke loyang cetakan lidah kucing yang telah diolesi margarin. Panggang di dalam oven.

Kurang lebih 20 menit, angkat dan dinginkan kue lidah kucing. Setelah dingin, kamu bebas berkreasi menghiasinya dengan taburan kacang kenari.

Mudah bukan? Jadi, tunggu apalagi, guys? Segera buat dan nikmati kelezatan rasanya.

SHARE