Soto merupakan makanan khas Indonesia yang sangat otentik. Identik dengan kuah dan daging membuat makanan ini terkenal dengan rasanya yang segar dan enak.

Di Indonesia terdapat banyak macam soto. Setiap daerah memiliki sendiri ciri khas resep makanan mereka, termasuk resep dalam membuat soto. Soto ada yang menggunakan kuah bening namun ada juga dengan kuah bersantan.

Indonesia memang kaya dengan berbagai kulinernya. Bahkan untuk satu jenis masakan soto saja memiliki berbagai macam jenis dan berbeda tiap daerahnya. Berikut soto dari berbagai daerah beserta resep untuk membuatnya.

1Soto Kudus

jayanjayan.com

Soto khas Kudus yang  mempunyai ciri khas penyajian dengan mangkuk kecil. Bahan yang dibutuhkan adalah daun salam, lengkuas, kecap manis, jeruk nipis, batang sereh, garam, dan gula.

Daging bisa menggunakan ayam ataupun kerbau. Rebus daging ayam bersama daun salam, serai dan lengkuas. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Rebus sampai kaldu keluar.

Sambil menunggu rebusan, haluskan kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, dan jinten. Panaskan minyak dan tumis sampai harum. Angkat dan tiriskan ayam, kemudian masukkan tumisan bumbu tadi ke dalam kuah.

Ayam dari rebusan kaldu tadi di goreng sampai kecoklatan untuk dijadikan suwiran saat penyajian.

Siapkan tauge dan ayam suwir di dalam mangkuk, siramkan kuah panas yang tadi dibuat. Kemudian bisa tambahkan nasi dan telur rebus. Segar dan nikmat rasanya soto Kudus ini.

2Soto Betawi

sotosabangbsd.blogspot.com

Resep makanan selanjutnya soto Betawi, soto ini menggunakan kuah yang diberi santan. Ada juga yang berpendapat bahwa soto Betawi akan lebih gurih jika ditambah susu pada kuahnya.

Untuk bahannya garam, gula, tomat, lengkuas, sereh, daun bawang, daging sapi, santan, kunyit, kemiri, bawang merah, jahe, dan bawang putih. Cara membuat hampir mirip dengan membuat tongseng.

Rebus daging sampai empuk dan keluar kaldunya. Haluskan kunyit, kemiri, bawang merah, jahe, dan bawang putih. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan daging rebusan yang sudah diiris dadu.

Masukkan lengkuas dan serai. Kuah kaldu dicampurkan ke dalam tumisan daging dan bumbu. Tambahkan santan dan aduk hingga merata. Masak hingga kuahnya sedikit menyusut.

Sajikan dalam mangkuk dengan tambahan irisan kentang rebus, tomat, dan telur rebus. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng.

3Soto Banjar

cookpad.com

Yang membedakan soto ini dari yang lain adalah bumbu rempahnya. Bumbu rempahnya ditambahkan kayu manis dan cengkeh. Bahannya yaitu cengkeh, kayu manis, bawang merah, bawang putih, kapulaga, jinten, dan merica.

Cara membuatnya sama dengan soto pada umumnya. Rebus ayam dengan air, kayu manis dan cengkeh. Sambil menunggu kaldu ayamnya keluar haluskan bawang merah, bawang putih, kapulaga, jinten, dan merica.

Tumis bumbu halus tadi dan masukkan ke dalam rebusan ayam. Masak sampai ayam empuk. Setelah masak pisahkan ayam dan gunakan sebagai suwiran.

Sajikan bersama soun, perkedel kentang, telur rebus, dan ketupat/lontong. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng.

4Soto Lenthok

geonation.org

Resep makanan selanjutnya yaitu soto lenthok khas Jogja. Lenthok sendiri adalah singkong rebus yang dihaluskan kemudian digoreng. Bahannya sama seperti soto berkuah bening pada umumnya.

Yang membedakan adalah lenthoknya ini. Soto berkuah bening ini disajikan dengan lenthok. Cara membuat lenthok ini cukup mudah. Kukus singkong kemudian haluskan, bentuk bulat dan goreng.

5Soto Tauto Pekalongan

travelmatekamu.com

Untuk resep hampir sama dengan soto pada umumnya. Yang membedakan adalah tauconya. Berikut resep bumbu tauconya, cabai merah, kemiri, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, gula jawa.

Haluskan bahan bumbu tadi dan tumis. Masukkan tauco, gula jawa dan garam. Rasa asam dari tauco dan manis dari gula jawa dipadu dengan campuran bumbu rempah khas Indonesia.

Masukkan bumbu bumbu tumisan tauco tadi ke dalam kuah rebusan daging. Nah, soto tauto khas Pekalongan siap disajikan. Ada juga yang menambahkan santan pada kuah soto tauto ini.

6Soto Madura

trinitar.com

Bahan yang diperlukan bawang putih, bawang merah, merica bubuk, jahe, lengkuas, kemiri, dan gula. Untuk langkah pertama seperti biasa merebus ayam untuk membuat kaldunya.

Haluskan bumbu bumbu yang sudah disiapkan. Tumis sebentar sampai harum kemudian masukkan ke dalam rebusan ayam. Rebus ayam bersama bumbu halus sampai matang.

Setelah ayam matang dan kuah sudah harum, pisahkan ayam dan suwir-suwir ayam. Atur tauge, kentang goreng, telur rebus, dan juga suwiran ayam di mangkuk.

Setelah bahan sudah siap di mangkuk, siram dengan kuah panas. Kemudian taburi dengan bawang goreng dan daun seledri.