Percaya atau tidak, sehat atau tidaknya tubuh kita sebagian besar dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Banyak sekali penyakit yang ditimbulkan karena pola dan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Penyakit-penyakit tersebut tentunya bermacam-macam, contohnya saja diabetes, hipertensi, asam urat, typhus, dan lain sebagainya. Penyebab penyakit ini, mulai dari jumlahnya yang terlalu banyak kita konsumsi atau karena jenisnya.

watiratna254.wordpress.com
watiratna254.wordpress.com

Nah, buat kamu-kamu yang ingin selalu bugar dan selalu sehat, kita coba yuk membiasakan diri mengonsumsi makanan yang sehat. Mulai dari jenis makanannya sampai ke proses pengolahannya.

Wah, jadi penasaran ya makanan sehat itu yang seperti apa, lalu proses membuatnya juga seperti apa? Daripada kita bertanya-tanya sendiri, lebih baik kita lihat saja yuk jenis dan proses membuat makanan sehat tersebut.

1Omelet Brokoli dan Roti Gandum

resephariini.com

Menu yang satu ini adalah menu diet yang bisa kamu gunakan untuk menu sarapan pagi kamu, apalagi kalau bukan omelet brokoli dan roti gandum. Wah, sepertinya ini menu diet yang enak dan lezat ya!

Oiya, diet di sini bukan semata menurunkan berat badan lho ya! Tapi juga bermanfaat untuk mengatur proses metabolisme tubuhmu agar berjalan sebagaimana mestinya, jadinya tubuhmu akan selalu sehat deh!

ibudanbalita.com
ibudanbalita.com

Kembali lagi ke omelet brokoli dan roti gandum, cara membuat menu ini seperti apa ya. Terutama omelet brokolinya. Kalau roti gandum kan kita sudah sering temui di swalayan-swalayan.

Cara membuat omelet brokoli ini sangat mudah sekali kok, kita hanya perlu menyediakan brokoli yang kemudian kita potong-potong kecil-kecil, lalu direbus dengan air hangat hingga matang.

Setelah brokolinya matang, maka kita lanjutkan dengan mencampurnya dengan telur yang sudah dikocok, kita pun bisa menambahkan garam serata irisan bawang putih dan bawang merah, agar rasanya lebih lezat.

Kalau semua bahannya sudah tercampur, maka langkah selanjutnya adalah mematangkannya dengan cara digoreng menggunakan teflon. Jika sudah matang, maka kita bisa sajikan bersama roti gandum.

2Salmon dengan Saus Nanas

slate.com

Menu makanan sehat yang kedua, sangat cocok untuk menu makan siangmu. Kalau kamu ingin membuatnya, caranya gampang kok, kamu tinggal menyiapkan bahan-bahan seperti yang tertera di bawah ini.

  • Bawang putih yang dihaluskan sebanyak 3 siung
  • Jahe sepanjang dua ruas jari yang digeprek
  • Cabe rawit jika suka
  • Kecap manis 2 sdm
  • Saus tiram 1/2 sdt
  • Ikan salmon fillet yang sudah dilumuri kecap asin dan perasan jeruk nipis
  • Buah nanas yang sudah dipotong dan sebagian dihaluskan
  • Margarin
  • Gula putih
  • Garam
oryzagrace.com
oryzagrace.com

Jika bahan-bahannya sudah siap, maka kita bisa lanjutkan dengan proses memasaknya. Pertama-tama kita buat bumbu yang terbuat dari bawang putih, jahe, kecap manis, dan saus tiram.

Lalu, kita panggang ikan salmon hingga matang. Kemudian lumuri bumbu dan ikan salmonnya kita panggang kembali. Setelah ikan matang, kita bisa membuat saus nanasnya.

Saus nanas dibuat dengan mencampurkan buah nanas yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan cabe rawit, gula, garam, dan perasan jeruk nipis. Lalu setelah sausnya jadi, maka kita bisa menyiramkannya di atas salmon.

3Salad

resephariini.com

Menu makanan sehat selanjutnya adalah salad. Salad sangat cocok untuk kita makan pada malam hari. Cara membuat salad pun cukup mudah, kita bisa memilih antara salad buah dan salad sayuran.

Untuk membuat salad, kita hanya perlu menyediakan sayuran atau buah dan menyediakan bahan untuk bumbunya yang meliputi mayonaise, lada bubuk, saus tomat, air perasan jeruk nipis, dan sedikit susu kental manis.

kewpie.co.id
kewpie.co.id

Cara membuatnya, kita hanya perlu memotong-motong sayuran atau buah, dan mencampurnya dengan bumbu-bumbu yang sudah kita persiapkan. Tanpa perlu dimasak lho! Mudah kan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here