Daging ayam, sapi, dan kambing boleh saja dibilang paling enak rasanya. Namun soal gizi, hanya daging pada makanan seafood yang paling unggul. Soal rasa, seafood juga nggak kalah enak dengan daging-daging lainnya.

Salah satu makanan seafood yang paling favorit dan disukai oleh banyak orang adalah udang. Kalau ikan mungkin ada anak yang tidak suka, tapi kalau udang bisa dipastikan semuanya pasti suka (kecuali yang punya alergi).

Pada udang, kamu akan menemukan banyak vitamin, mulai dari vitamin D, vitamin B12, vitamin E, niacin, vitamin A, juga vitamin C.

Udang juga menjadi sumber mineral yang kaya. Dikenal dengan sebutan complete protein, protein dalam udang bagus karena mengandung asam amino yang tinggi juga.

Buat kamu yang sedang menjalankan program diet, udang paling cocok dijadikan menu, karena dalam udang kalori yang dikandung cukup rendah. Enak rasanya dan menyehatkan, pasti kamu jadi ingin segera makan udang.

Kamu bisa membuat sendiri di rumah menu udang paling lezat, yakni udang asam manis pedas. Berikut adalah resep memasak udang asam manis pedas yang sederhana membuatnya. Selamat mencoba!

1Bahan-Bahan

  • Karena bahan utama kita adalah udang, pilihlah udang windu berkualitas, kurang lebih sebanyak 500 gram saja. Kamu bisa memilih jenis udang sesuai seleramu masing masing, asal ukurannya tidak terlalu besar seperti udang lobster.
  • Cabai merah besar untuk rasa pedas dan agar warnanya lebih menarik, kira-kira sejumlah 8-10 buah. penambahan pengurangan sesuai selera kamu (bumbu halus).
  • Cabai rawit kurang untuk rasa pedas sebenarnya. Siapkan kurang lebih sebanyak 6-8 pcs atau bisa ditambahkan sesuai dengan selera masing-masing (bumbu halus).
  • Bawang merah lokal ukuran sedang kira-kira sekitar 10 butir saja. Kupas kulit luarnya lalu iris kecil-kecil supaya mudah saat nanti akan dihaluskan (bumbu halus).
  • Bawang putih ukuran sedang kurang lebih sejumlah 5-6 siung saja. Kupas kulitnya untuk nanti dihaluskan bersama dengan bumbu lain (bumbu halus).
  • Tomat ukuran sedang kira-kira sebanyak 2 buah saja. Cuci bersih lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat akan dihaluskan (bumbu halus).
  • Saus sambal botolan merk bagus untuk menambah cita rasa pedasnya, jumlahnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1-2 sendok makan saja.
  • Kecap kental manis kira-kira sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Air asam jawa untuk memperkuat rasa khas asamnya, kurang lebih sebanyak dua sendok makan saja (campurkan 2 sendok teh asam jawa dengan 4 sendok air bersih lalu diaduk aduk).
  • Margarin merk bagus secukupnya saja untuk menumis bumbunya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok-3 sendok makan.
  • Gula pasir untuk menguatkan cita rasa manisnya kurang lebih sebanyak 1-2 sendok makan saja.
  • Garam dapur beryodium secukupnya atau kira-kira sekitar 3 sendok teh saja.

2Cara Membuat

youtube.com

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan udang dengan air bersih. Buang kotorannya, termasuk kulit luar dan bagian kepalanya.

Cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang merah, dan bawang putih, semuanya dihaluskan. Untuk hasil terbaik, sebaiknya dihaluskan dengan tangan atau di uleg, tetapi dapat juga di blender supaya lebih cepat dan praktis.

Siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri sedikit margarin atau sebanyak 2 sendok makan untuk menumis bumbu halusnya. Masukkan bumbu halusnya lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata dan tercium bau harum khas tumisan bumbu.

youtube.com
youtube.com

Tambahkan daging udang di atas ke dalam penggorengan, lalu masak sampai setengah matang sambil tetap diaduk-aduk lagi agar udang tercampur rata dengan resep asam manisnya.

Masukkan saus sambal botolan, garam beryodium, dan gulanya lalu aduk-aduk lagi sampai tercampur rata.

youtube.com
youtube.com

Tambahkan air asam jawa yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan tambahkan kecap manis sesuai selera. Kemudian aduk-aduk lagi dan masak sampai semua bahan dan daging udangnya benar-benar matang.

youtube.com
youtube.com

Cicipi dulu dan tambahkan garam dapur, gula, kecap manis dan saus sambalnya apabila dirasa ada yang kurang.

youtube.com
youtube.com