Daging merupakan sumber protein hewani paling utama. Daging berasal dari bagian terlunak pada hewan yang dibungkus oleh kulit dan menempel di tulang. Susunan daging terdiri dari jaringan otot, lemak, urat, dan tulang rawan.

Daging yang digunakan untuk kepentingan komoditas dagang biasanya berasal dari hewan mamalia atau reptil besar. Dagingnya dinamakan daging merah.

Lazimnya diperdagangkan dalam bentuk potongan-potongan daging. Ada pula daging non-komoditas yang disebut daging putih.

Dua jenis hewan mamalia yang sering dijadikan sumber daging yakni sapi dan kambing. Daging sapi asli berwarna merah cerah dan teksturnya lunak. Nilai jual daging sapi dibedakan berdasarkan bagian asal tubuhnya.

Bagian dari sapi yang diambil dagingnya yakni kepala, leher, badan, tungkai, dan ekor. Moncong dan lidah juga termasuk dalam kategori daging sapi. Sementara bagian jeroan bukan kategori daging.

Jenis daging kedua berasal dari hewan kambing. Kambing memiliki tekstur daging yang lebih empuk daripada daging sapi atau kerbau. Serat dagingnya lebih halus.

Daging kambing juga memiliki aroma dan rasa khas. Kebanyakan orang tidak suka daging kambing karena aromanya. Tapi, ada juga yang lebih suka kambing dibandingkan sapi.

Pengambilan daging dari kambing dibagi menjadi dua golongan yaitu, daging kambing muda dan kambing tua. Flavor daging sangat dipengaruhi kedua hal ini.

Produk olahan daging kambing dan sapi dibuat berbagai macam masakan. Di antaranya, abon, rawon, dendeng, tumis, dan lain-lain. Berikut ini ada 3 resep memasak daging kambing dan sapi. Yuk, langsung simak ulasannya!

1Daging Bumbu Bali

baliocfinid.com

Resep masakan daging ini berasal dari Pulau Bali. Siapkan bahan-bahan berupa daging sapi, bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, terasi, air asam, gula jawa, daun salam, jeruk purut, lengkuas, dan kecap.

Pertama, kamu harus menghaluskan bahan-bahan bumbu, kecuali daun salam, lengkuas, dan daun jeruk purut. kemudian, cucilah daging sapi dan potong-potong dadu.

Selanjutnya, tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk purut. Masukan daging sapi ketika baunya sudah harum. Tambahkan sedikit air, lalu tutup wajan dan masak hingga matang.

resepdapurmak.blogspot.com

Kalau sudah mendidih, tambahkan air lagi, air asam dan kecap. Masak sampai daging lunak, kuah mengental, dan berminyak.

2Daging Kambing Masak Tumis

diajar-masak.blogspot.com

Tak ada daging sapi, daging kambing pun jadi. Daging kambing ini akan dimasak dengan cara ditumis. Sediakan bahan-bahan berupa daging kambing, bawang merah, bawang putih, kentang, dan garam secukupnya.

Tahap pertama untuk membuat masakan ini yakni dengan memotong-motong daging kambing menjadi bagian yang lebih kecil.

Lalu, tumislah bawang merah utuh dan sisihkan setelah aromanya harum. Selanjutnya, rebuslah kentang hingga setengah matang. Kemudian, goreng kentang sampai matang.

Tahap berikutnya, tumis daging kambing bersama bawang putih yang sudah dihaluskan. Tambahkan sedikit air dan masak sampai matang. Taburkan garam dan lada, lalu masukan kentang dan bawang goreng. Aduk rata hingga tercampur.

1001resepmasakan.com
1001resepmasakan.com

Kecilkan api dan masak hingga daging empuk. Tunggu sampai airnya agak kering. Angkat dan hidangkan.

3Rawon

duniainter.net

Namanya rawon. Masakan khas Pekalongan. Rawon biasa disajikan bersama sepiring nasi yang dikenal dengan nama nasi rawon.

Jika ingin membuat nasi rawon, siapkan bahan-bahan berupa iga sapi, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, ketumbar, jinten, kluwak, serai, daun jeruk purut, asam jawa, garam, dan penyedap rasa.

Pertama kali, potong-potong iga sapi menjadi lebih kecil dan rebuslah iga sapi.

Langkah kedua, haluskan semua bahan, kecuali serai dan daun jeruk purut. Selanjutnya, tumis bumbu halus sampai aromanya harum dan masukan daun jeruk serta serai.

Angkat bumbu tumis, lalu masukan ke dalam rebusan iga sapi. Taburkan garam, penyedap rasa, dan asam jawa secukupnya, aduk sampai merata.

Tunggu beberapa saat hingga iga sapi terasa empuk. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

jalan2.com
jalan2.com

Kini, rawon iga sapi siap dihidangkan untuk lauk sehari-hari. Selamat mencoba.

SHARE