Jadi orang Indonesia itu mudah, makannya bisa apa saja. Apalagi kalau kita rajin bercocok tanam, semua makanan pasti sudah tersedia dari hasil bercocok tanam itu. Benar nggak teman-teman.

Kalau begitu, seharusnya nggak ada orang yang kelaparan ya? Ya, kalau semua sumber daya alam boleh dipakai oleh semua orang sih mungkin, tapi kan semua terikat oleh hak kepemilikan. Jadi kalau nggak punya tanah ya di mana mau menanamnya?

Tapi di luar itu semua, sepertinya banyak tanaman di sekitar kita bisa dijadikan makanan, contohnya saja daun singkong. Dari bahan makanan bernama daun singkong saja, kita bisa mengolahnya menjadi beberapa resep masakan.

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Canggih ya orang Indonesia. Kalau di Eropa sana mungkin sudah dibuang atau digunakan sebagai pakan ternak kali ya? Tapi di negara kita, daun singkong bisa diolah menjadi makanan yang enak.

Kamu sebagai orang Indonesia pasti tau kan masakan Indonesia berbahan daun singkong? Nah, tapi buat kamu yang belum tau nggak perlu khawatir, kita akan ulas di sini kok. Langsung kita lihat yuk!

1Gulai Daun Singkong

dapuronlinequ.blogspot.com

Salah satu cara mengolah daun singkong adalah menjadikannya gulai daun singkong. Bagi kamu yang menyukai makanan bersantan pasti akan menyukai masakan ini.

santan-kelapa
primaradio.co.id

Masakan ini tentunya dibuat dengan bahan dasar daun singkong yang dimasak dengan penambahan santan dan rempah-rempah. Sehingga kita akan mendapatakan sensasi rasa gurih ketika memakannya.

Gulai daun singkong ini pun bisa kamu tambahkan teri agar rasanya makin kaya dan gizinya pun makin lengkap. Apabila kamu suka pedas, kamu pun bisa menambahkan cabe rawit yang direbus dalam kondisi utuh tanpa dipotong terlebih dahulu.

2Tumis Daun Singkong

dapursaja.blogspot.com

Bagi kamu yang nggak suka makanan bersantan atau nggak bisa makan santan karena punya maag. Tenang saja, kamu masih bisa makan daun singkong kok. Tapi dengan cara pengolahan yang berbeda.

Memangnya daun singkongnya diapain kalau nggak digulai? Kamu bisa memasaknya dengan cara ditumis, iya ditumis seperti biasa lho! Kamu tahu kan bumbu tumis? Ada bawang merah dan bawang putih, cabe, garam, gula serta tomat.

Bumbu-bumbu untuk menumis di atas adalah bumbu yang paling sederhana, tapi kalau kamu mau menumisnya dengan bumbu lengkap juga bisa kok. Itu sih dikembalikan kepada selera kamu.

Namun, di luar perkara bumbu apa yang kita pakai, kita tetap dapat menikmati tumis daun singkong ini dengan nasi hangat serta lauk pauk lainnya. Wah, pasti rasanya enak ya, apalagi kalau dibuat dengan rasa yang pedas.

3Buntil

infojajan.com

Nah, resep masakan berbahan daun singkong lainnya adalah buntil. Makanan ini pada dasarnya memiliki kemiripan rasa dengan gulai daun singkong, namun terlihat berbeda pada bentuknya.

Biasanya, kamu akan menemui buntil berbentuk bulatan yang kemudian diikat dengan tali. Kenapa pakai diikat segala? Ini dikarenakan di dalam daun singkong yang diikat itu, ada teri  dan kelapa parutnya. Dan itulah yang membuat buntil jadi istimewa.

4Pepes Daun Singkong

cookpad.com

Jika kamu selama ini suka makan pepes ikan, maka ketahuilah bahwa daun singkong pun bisa dijadikan pepes. Baru tahu kan? Wah, makanan yang menarik nih. Soalnya pakai bahan yang murah meriah sih.

Bagaimana cara membuatnya ya? Caranya, hampir mirip antara membuat pepes dan membuat botok, tapi bisa kita sesuaikan dengan selera kita sih. Kalau kita mau buatnya menggunakan bumbu pepes ikan juga bisa kok.

Bagaimana, resep masakan Indonesia berbahan dasar daun singkong di atas cukup menggugah selera bukan?