rachmira.blogspot.com

3 Resep Masakan Nusantara yang Menggoda Selera

Posted on

Indonesia memang negeri yang kaya raya. Kaya budaya, suku, bangsa, bahasa hingga masakannya. Tidak sedikit warga Negara Indonesia dan negara seluruh dunia menyukai masakan khas Indonesia.

Keanekaragaman rempah-rempah yang dimiliki Indonesia menciptakan kelezatan kuliner tiada duanya. Meskipun masakan nusantara tapi tersohor di dunia, lho.

Berikut ini merupakan 3 resep masakan nusantara yang sudah lama tenar karena kenikmatan rasanya. Yuk, baca ulasannya, siapa tahu kamu bisa mempraktekannya di dapur rumah. Let’s see!

Nasi goreng

recipeshubs.com
recipeshubs.com

Nasi goreng khas Indonesia menjadi makanan favorit para turis asing yang berkunjung di Indonesia. Bumbu rempah-rempah yang bertabur di dalam nasi goreng membuat rasa dan aroma masakan nasi goreng Indonesia berbeda dari yang lainnya.

Nasi goreng pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat kedua oleh CNN pada tahun 2011. Sungguh prestasi yang luar biasa.

anakui.com
anakui.com

Meskipun label nama nasi goreng dipakai di seluruh daerah di Indonesia, tapi resep masakannya berbeda-beda lho. Kali ini, spesial buat kamu, akan dipaparkan cara membuat nasi goreng beras merah.

Siapkan saja bahan-bahan utama, seperti beras merah, telur, bawang putih, bawang Bombay, daun bawang, seledri, cabai, garam, dan penyedap rasa.

Pertama, kamu cuci beras merah sampai terlihat bersih, lalu masaklah sebagaimana kamu memasak beras putih.

Kedua, haluskan cabai, bawang merah, dan bawang putih hingga lumat dan terasa lembut. Sisihkan bumbu halus ke dalam mangkuk kecil.

Ketiga, iris bawang bombay, seledri dan daun bawang. Kalau sudah, tumis irisan bawang merah dan putih sampai aromanya harum, kemudian tambahkan bumbu halus.

Tumis bahan-bahan tersebut dan masukan telur untuk dibuat orak-arik. Tumis setengah matang saja, setelah itu diikuti dengan memasukan nasi dari beras merah.

Aduk-aduk bersama adonan bumbu hingga menyatu dan meresap. Taburkan garam dan penyedap rasa secukupnya.

Bahan terakhir yang harus dicampurkan yaitu bawang bombay, daun bawang, dan seledri. Aduk lagi sampai nasi goreng matang. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

Nasi goreng beras merah cocok disajikan untuk makan malam atau ketika sarapan di pagi hari. Soal kelezatan? Tidak kalah kok dengan nasi goreng biasa.

Opor Ayam

zarahqy.blogspot.com
zarahqy.blogspot.com

Siapa sih yang tidak kenal opor ayam? Masakan khas Indonesia yang cita rasanya sungguh menggoda.

Opor ayam banyak disajikan saat momen spesial, seperti idul fitri. Beberapa kalangan juga menyajikan menu opor ayam ketika menjamu tamu, hari resepsi pernikahan, pertemuan besar atau Idul Adha.

Masakan opor ayam pada awalnya ditemukan di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, kini telah mendunia. Tidak hanya Indonesia, melainkan juga seluruh benua. Bumbu opor ayam pun sudah lebih beraneka macam lagi.

Sebenarnya, opor ayam merupakan suatu cara memasak ayam yang diolah dengan bumbu, rempah-rempah dan disantap bersama kuah santan.

salamisimon1.blogspot.com
salamisimon1.blogspot.com

Soal rasa? Jangan ditanya lagi, opor ayam khas Indonesia sudah pasti enak dan lezat. Bahkan tatkala Idul Fitri, opor ayam jadi menu wajib yang harus dihidangkan. Kata orang, lebaran tak lengkap jika tanpa opor ayam.

Bagaimana supaya opor ayam buatan kamu terasa lezat? Coba deh, ikuti resep berikut ini.

Siapkan dulu bahan-bahannya, berupa daging ayam potong, lengkuas, sereh, daun salam, jahe, santan, garam, gula pasir, dan jangan ketinggalan minyak gorengnya, ya.

Pertama, kamu buat dulu bumbu halusnya berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, pala, merica, kemiri, dan kunyit. Bahan-bahan tersebut dihaluskan memakai blender atau ulekan.

Kedua, rebuslah ayam hingga empuk selama 15 menit. Kemudian, bumbu halus yang kamu buat tadi, ditumis bersama serai, daun salam, jahe, dan lengkuas.

Tumis sampai harum, lalu masukan ayam dan masak hingga warnanya berubah. Jika warna ayam sudah mulai berubah, masukan air, santan, garam, dan gula pasir. Masak opor ayam sampai benar-benar matang. Matikan kompor dan angkat opor ayam.

Sajikan opor ayam kuning bersama ketupat dan lontong. Supaya makin lezat, kamu boleh menambahkan kerupuk dan bawang goreng.

Sate Madura

rachmira.blogspot.com
rachmira.blogspot.com

Siapa sih yang tidak kenal Sate Madura? Sate eksotis ini tersohor dengan segala kelezatan rasanya. Sate Madura menjadi pilihan pertama para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Adonan bumbu spesial Sate Madura terletak dari bahan pembuatnya, yaitu kacang. Bahan utama yang harus kamu siapkan, yakni kacang tanah, bawang putih, bawang merah, air, garam, merica bubuk, kecap manis, daun jeruk, dan cabai merah.

food.blogspot.com
food.blogspot.com

Seperti biasanya, pertama kali yang harus kamu buat adalah bumbu halusnya, berupa bawang putih, bawang merah, kacang tanah goreng, dan cabai merah.

Campurkan bumbu halus dengan air, kecap manis, daun jeruk, garam, dan merica, lalu tumis hingga aromanya harum dan menggiurkan. Jika sudah matang, tambahkan lagi kecap manis agar rasanya makin sempurna.

Sekarang, potong dadu daging kambing lalu tusukan satu persatu ke tusuk sate. Setelah semua daging dikemas dalam beberapa tusuk sate, lumuri dengan bumbu yang tadi kamu buat. Kemudian, panggang di atas bara api yang sudah disiapkan.

Sambil memanggang, kamu boleh menambahkan kecap lagi. Kalau sudah matang dan empuk, angkat sate dan sajikan bersama bumbu kacang khas Madura.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *