Makanan enak itu tidak melulu karena harganya mahal atau dimasak dengan resep yang se-modern mungkin. Namun terkadang, makanan enak itu adalah makanan yang membawa kenangan-kenangan kebahagiaan saat kita memakannya.

Benarkah begitu? Kalau nggak percaya kamu coba saja. Misalnya hari ini kamu makan semur jengkol sama orang tuamu, suatu hari nanti saat jarak memisahkan antara kamu dengan orang tua, maka ketika kamu makan jengkol, terbayang saat makan bersama.

reseponline.info
reseponline.info

Kalau begitu, berarti bisa banyak dong jenis makanan enak dan lezat sesuai versi masing-masing orang, terutama makanan-makanan dengan resep tradisional yang menjadi makanan sehari-hari kita saat bersama orang tua.

Kira-kira masakan tradisional apa saja ya yang sering di masak oleh para ibu di seluruh Indonesia? Untuk mengenang dan mungkin ingin menikmati sensasi makanan serupa, mungkin ada baiknya kita lihat resep-resep masakan tradisional berikut ini!

1Semur Jengkol

stuffpoint.com

Mungkin bagi sebagian orang, masakan yang terbuat dari jengkol itu tidak berkelas dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Namun buat sebagian yang lain, jengkol merupakan makanan yang termasuk ke dalam kategorisasi makanan lezat.

Wah, kok bisa gitu ya? Ya bisa saja, kan selera orang berbeda-beda dan cerita masa lalunya yang terkait dengan makanan juga berbeda-beda. Tapi jangan salah, makanan ini termasuk yang dirindukan oleh banyak orang lho.

Kenapa banyak dirindukan ya? Soalnya nggak semua orang bisa masak semur jengkol. Untuk memasak semur jengkol, kita perlu merebusnya beberapa saat sampai lunak, cukup lama sih memang.

Untuk mengurangi bau, kamu bisa menambahkan teh pada saat merebusnya.

Jika sudah direbus terus diapain lagi? Kalau sudah di rebus ya kita olah menjadi sebuah masakan, misalnya saja semur jengkol. Bumbu semurnya tidak jauh berbeda kok dengan kita membuat semur pada umumnya.

2Tempe Orek

masakanrumah-inaracatering.blogspot.com

Makanan kaya protein nabati dan memiliki harga yang terjangkau ini memiliki banyak penggemar. Saking gemarnya, setiap hari disuguhi tempe pun nggak ada bosannya. Misalnya saja hari ini digoreng, besok dibuat tempe bacem, atau dibuat orek.

Nah, biasanya untuk kamu yang suka menyimpan makanan yang awet-awet untuk beberapa hari, kamu bisa mengolah tempe menjadi orek tempe. Eh, tapi orek tempe sendiri ada yang kering dan yang basah, tergantung keinginan kita.

Jika kamu ingin menyimpan orek tempenya untuk beberapa hari, maka kamu bisa membuat tempe orek yang kering. Caranya gampang kok, sebelum dicampur ke bumbu, kamu bisa mengiris tipis-tipis dan menggorengnya sampai kering.

3Semur Ayam

michaeltoa.blogspot.com

Kalau makanan yang ini, biar dikata tradisional, tapi rasanya enak dan lezat. Perpaduan dari rasa asin, manis dan gurihnya lah yang membuat kita selalu rindu dengan makanan yang satu ini.

4Opor Ayam

royco.co.id

Tidak lengkap kiranya hari raya tanpa kehadiran opor ayam yang disajikan bersamaan dengan ketupat. Makanan bersantan yang satu ini selalu bisa membuat kita ingat rumah, ingat bahwa setiap hari raya kita harus pulang untuk menikmatinya.

5Urap

Salah satu makanan tradisional berbahan baku sayur ini, merupakan makanan yang sangat sehat dan lezat. Bagaimana nggak sehat, isinya kan sayuran semua. Jadi kebutuhan serat kita terpenuhi.

Tidak hanya sehat rupanya, pemberian bumbu yang dicampur kelapa parut ke sayurannya, membuat makanan ini selalu mengundang selera makan kita.

6Tutug Oncom

bandung.panduanwisata.id

Tutug oncom adalah makanan khas Jawa Barat. Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah oncom. Kenapa dinamakam tutug oncom, karena oncomnya dihaluskan saat proses pembuatannya.

Nah, setelah oncom halus, barulah ditambah bumbu-bumbu pelengkapnya yang kemudian dicampur dengan nasi. Rasanya oke punya deh.