Indonesia merupakan negeri kaya yang akan budaya. Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak sekali budaya dan suku yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kulinernya.

Indonesia juga kaya dengan rempah-rempahnya sehingga resep masakan tradisional di Indonesia pastilah sangat identik dengan penggunaan rempah. Kekayaan kuliner ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Berikut beberapa resep makanan tradisional khas Indonesia yang akan menggugah selera makanmu.

1Garang Asem

infokuliner.com

Bahannya cukup sederhana yaitu ayam, bawang merah potong tpis, bawang putih rajang, jahe, lengkuas, belimbing wuluh, sereh, cabai merah dan hijau, garam, kemangi, dan santan.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Campur semua bahan campur jadi satu. Pisahkan sereh dan daun salam. Bungkus dengan daun pisang. Usahakan agar pembungkus tidak bocor.

Kukus sampai kurang lebih 30-45 menit. Kemudian garang siap untuk kamu nikmati. Rasanya yang sedikit asam dengan kuah santan yang tidak terlalu banyak terasa enak di lidah.

2Soto Tauto Pekalongan

www.travelmatekamu.com

Untuk resep hampir sama dengan soto pada umumnya. Namun, yang membuat beda ada pada tauconya. Berikut resep bumbu tauconya, cabai merah, kemiri, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, gula jawa.

Haluskan bahan bumbu tadi dan tumis. Masukkan tauco, gula jawa, dan garam. Rasa asam dari tauco dan manis dari gula jawa dipadu dengan campuran bumbu rempah khas Indonesia.

Masukkan bumbu bumbu tumisan tauco tadi ke dalam kuah rebusan daging. Nah, soto tauto khas pekalongan siap disajikan.

3Tongseng Kambing

makanlagilagimakan.wordpress.com

Resep makanan yang cukup berat karena memakai daging kambing, namun membuatnya sangatlah mudah. Bahannya bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kubis diiris tipis, garam, gula pasir, merica bubuk, kecap, santan dan tomat.

Haluskan bawang merah, bawang putih, garam dan cabe merah keriting sampai halus. Tumis bumbu halus bersama bumbu gulai instan. Setelah bumbu harum dan agak kering, masukkan santan kental.

Setelah mendidih masukkan potongan daging kambing muda. Masak sampai empuk. Setelah daging empuk masukkan kubis, potongan tomat, cabai rawit dan beri merica bubuk serta kecap.

Tunggu sampai kuah sedikit mengental kemudian tongseng kambing siap disajikan.

4Kakap Goreng Asam Pedas

foodstime.wordpress.com

Untuk resep makanan kali ini adalah resep ikan laut dengan kuah santan asam pedas. Resep makanan seperti ini sering kita jumpai di Sumatra dan Kalimantan.

Untuk membuatnya cukup mudah. Siapkan bahannya ikan kakap, jeruk nipis, cabai, santan kental, daun salam, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan tomat.

Pertama goreng kakap yang sudah diberi perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Goreng hingga kering, angkat dan tiriskan.

Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, tomat, dan garam. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk dan daun salam. Masukka hingga mendidih sambil sedikit diaduk-aduk.

Masukkan ikan kakap yang sudah digoreng, tambahkan garam secukupnya dan tambahkan potongan cabai merah. Masak hingga bumbu meresap. Sajikan dalam kondisi hangat agar lebih enak.

5Tempe Bacem

www.youtube.com

Setalah membahas makanan berat sekarang beralh ke yang ringan yaitu tempe bacem. Bahannya yaitu tempe, ketumbar, bawang merah, bawang putih, asam jawa, gula merah, kecap manis, garam, daun salam, dan lengkuas.

Rebus tempe dengan air, hingga airnya berkurang setengah. Sambil menunggu rebusan tempe, haluskan ketumbar bawang merah, bawang putih, dan masukkan ke dalam rebusan tempe.

Masukkan juga daun salam, lengkuas geprek, kecap manis, dan gula merah. Tambahi garam secukupnya agar tidak terlalu asin, karena tempe bacem ciri khasnya manis. Rebus sampai kuah hampir habis.

6Nasi Liwet Gurih

www.resep-masakanmudah.com

Tidak jauh beda dengan nasi biasa dan proses menanak nasinya juga bisa menggunakan rice cooker. Pertama iris tipis bawang putih kemudian goreng hingga mengering dan tiriskan.

Kemudian masukkan beras dan air ke dalam rice cooker. Masukkan daun sereh, daun salam, gula, garam, serta bawang putih yang sudah digoreng tadi. Tunggu hingga nasi masak. Dan nasi liwet siap disajikan.

Resep makanan tradisional Indonesia memang selalu identik dengan penggunaan rempah-rempah yang bermacam-macam. Bahkan untuk menanak nasi saja menggunakan rempah.