Ibu-ibu di dunia pasti akan disibukkan dengan memilih menu makanan di rumahnya setiap hari. Kalau nggak pinter-pinter milih menu, yang ada orang-orang rumah pada nggak selera makan nantinya.

Nah, salah satu menu favorit yang sangat disukai oleh anak-anak adalah mie. Tapi, karena banyak ibu di dunia ini yang nggak tahu bagaimana caranya ngolah mie atau malas ngolahnya, oleh karena itu mereka pilih jalan pintas, yaitu dengan masak mie instan.

Wah, gawat juga ya kalau menu favorit anak-anak di rumah adalah mie instan. Kan nggak mungkin kalau kita masakin mie instan tiap hari untuk anak kita. Kira-kira bagaimana solusinya ya!

Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan masak mie hasil racikan sendiri. Untuk bisa membuatnya ya kita perlu belajar. Banyak lho variasi makanan berbahan mie itu. Salah satunya adalah mie goreng.

Tapi jangan salah, mie goreng saja banyak jenisnya. Jadi nggak bakal bosen deh jika sering-sering dimasakin mie goreng. Supaya resep mie-nya langsung bisa dieksekusi, kita lihat saja yuk aneka resepnya!

1Mie Goreng Komplit

resepmasakankue.com

Ini mie goreng apaan ya? Kok namanya mie goreng komplit? Disebut mie goreng komplit, karena menggunakan bahan-bahan yang super komplit, terdiri dari mie telor, bawang merah, bawang putih, ketumbar, bakso, kol, sosis, sawi hijau, dan telur.

Oiya selain bumbu-bumbu di atas, kita pun membutuhkan kecap, gula, dan garam. Kalau bahan-bahannya sudah tersedia seperti di atas, maka langkah selanjutnya adalah memasaknya.

konsultankolesterol.com
konsultankolesterol.com

Bagaimana cara memasaknya? Pertama kali yang perlu kita lakukan adalah merebus mie-nya, setelah matang langsung ditiriskan dan diberi kecap. Sambil menunggu kecapnya meresap ke mie, maka kita pun bisa menumis bumbu-bumbunya.

resepmasakandapurarie.com
resepmasakandapurarie.com

Jika bumbu-bumbunya sudah mulai harum dan terlihat matang, maka kita bisa masukkan sayuran serta bahan pelengkap lainnya. Nah, bagian terakhir yang kemudian kita masukkan adalah mie. Setelah matang, tinggal kita beri taburang bawang goreng deh!

2Mie Goreng Angklo Khas Kediri

thefreshdirection.com

Jenis mie goreng lain yang bisa kita buat adalah mie goreng angklo. Yang unik dari mie goreng ini, karena ukuran mie-nya yang lebih lebar dari mie telor atau mie pada umumnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan selain mie-nya sendiri adalah telur ayam, daging ayam yang disuwir-suwir, sawi dan kubis. Untuk bumbunya, kita perlu menyiapkan bawang putih, tomat, merica, bawang merah goreng, garam, minyak wijen, serta kecap.

jualsayurjogja.wordpress.com
jualsayurjogja.wordpress.com

Lalu bagaimana proses membuat mie angklo ini? langkah-langkah pembuatannya sama dengan membuat mie goreng pada umumnya, kita perlu merebus mie-nya dulu, baru kemudian ditumis dengan bumbu-bumbu dan bahan pelengkap lainnya.

3Mie Goreng Kangkung

saimenbakery.com

Bagi yang baru pertama kali mendengar, mungkin mie goreng yang satu ini cukup aneh. Biasanya kan mie goreng itu campurannya sawi atau kol, tapi mie yang satu ini malah dicampur kangkung.

Bahan untuk membuat mie ini secara umum sama dengan mie goreng lainnya, hanya yang membedakan adalah pada keberadaan kangkung sebagai salah satu pelengkapnya.

Bahan dan bumbunya terdiri dari mie telor, telur, sosis,  kangkung, tauge panjang, minyak, air, garam, gula, cabe rawit, bawang bombay, tomat, dan kecap manis.

Cara membuatnya seperti biasa, mie kita rebus dulu dan ditiriskan. Lalu setelah itu kita tumis bawang bombay sampai harum, lalu masukkan cabe, telur, dan sosis. Setelah itu baru masukkan bahan-bahan lainnya.