Bosan dengan nasi yang biasa-biasa saja? Sajian nasi bakar ini pas banget buat kamu yang ingin variasi ketika sarapan pagi. Perpaduan nasi putih, aneka bumbu, dan lauk yang dibakar menjadi satu, tentu memiliki kekhasan tersendiri. Mulai dari aroma hingga rasanya.

Nah, agar kamu mendapatkan rasa sesuai keinginan, kamu bisa mengikuti resep berikut ini.

1Nasi Bakar Ayam

gitamicakes.blogspot.com

Bahan-bahan untuk membuat nasi bakar ayam, yaitu fillet dada ayam, teri, nasi putih, dan cabe besar. Sementara bahan untuk membuat bumbu halus, yakni bawang merah, bawang putih, kemiri, dan garam.

Nasi putih yang kamu sediakan dicampur dengan teri dan margarin sambil diaduk rata. Kemudian, buatlah bumbu halusnya dan tumis hingga aromanya harum.

Segera masukan ayam (potong dadu) dan aduk rata. Kalau warnanya sudah berubah, tuangkan kecap manis dan air. Diamkan sejenak hingga ayam matang dan airnya menyusut.

youtube.com
youtube.com

Setelah matang, letakkan satu centong nasi di dalam sehelai daun pisang. Bungkus nasi seperti model nasi bogana dan kukus sampai matang.

Jika sudah dikukus, proses selanjutnya yakni membakar nasi. Tapi, jangan sampai gosong. Bungkusan nasi harus sering-sering dibolak-balik agar dapat diketahui tingkat kematangannya.

Sajikan nasi bakar ayam hangat-hangat dan nikmati kelezatannya.

2Nasi Bakar Teri

dapurasik.com

Isi nasi bakar tidak harus ayam, kamu bisa mengisinya dengan teri. Jika ingin membuatnya, siapkan bahan-bahannya yaitu, ikan teri, bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, jahe, serai, daun salam, daun pisang, mentega, dan kemangi.

Langkah pertama, haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabe rawit merah. Kemudian, tumislah bumbu halus tersebut.

youtube.com
youtube.com

Ketika aroma tumisan sudah harum, masukan ikan teri yang telah diseduh dengan air panas, daun kemangi, serai, dan daun salam. Tumis lagi sampai tercium bau harum.

Selanjutnya, masukan nasi dan aduk-aduk bersama campuran bumbu tadi. Setelah matang, sisihkan nasi olahan tersebut. Biarkan sampai dingin.

Jika sudah sedikit agak dingin, masukan setiap genggam nasi ke dalam daun pisang. Gulung nasi dan tusukan lidi di bagian atas dan bawahnya (seperti membungkus lontong).

Lalu, nasi bungkus dipanggang menggunakan teflon. Angkat bungkusan ketika warnanya berubah. Sajikan bersama lauk pauk dan sambal pedas.

Selamat mencoba!

3Nasi Bakar Jamur

infosehatkita1.blogspot.com

Jamur merupakan jenis tanaman yang banyak digemari masyarakat. Tanaman ini dapat dibuat menjadi aneka macam masakan.

Bahan-bahan yang kamu sediakan untuk membuat nasi bakar jamur ada 4 macam, yaitu bahan untuk nasi, bahan tumis, santan areh, dan bahan pelengkap.

Bahan-bahan nasi terdiri dari beras pandan wangi, garam, serai, daun salam, cengkeh, dan santan.

yantimaragas.blogspot.com
yantimaragas.blogspot.com

Sementara itu, untuk bahan-bahan tumisnya, yaitu bawang putih, bawang merah, cabe merah, jamur merang, petai, dan garam. Bahan untuk membuat santan areh yang harus kamu siapkan, yakni santan dan garam.

Pertama, rebuslah santan, garam, serai, daun salam, dan cengkeh hingga mendidih. Kemudian masukan beras dan masak sampai airnya terserap habis. Proses pematangan kurang lebih 45 menit.

Langkah kedua, tumislah bahan-bahan yang sudah kamu haluskan. Saat aromanya mengharum, masukan jamur merang, petai, dan garam. Lalu aduk lagi hingga menyatu dengan bumbu.

Selanjutnya, masukan nasi yang sudah direbus tadi ke dalam bahan tumisan. Aduk-aduk kembali sampai merata dan bumbunya meresap. Matikan kompor dan angkat bahan yang ditumis tersebut.

Setelah itu, seperti biasanya, nasi campur dibungkus dengan balutan daun pisang. Kamu bisa menambahkan santan areh dan kemangi untuk menambah kegurihan rasa.

Bakarlah nasi bungkusan hingga aromanya harum. Setelah matang, angkat dan sajikan.

Kini, kamu sudah bisa menikmati rasa istimewa dari nasi bakar. Selamat menikmati!