3 Resep Nasi Goreng Paling Unik di Indonesia

Posted on

Kuliner khas Indonesia memang tiada duanya. Bahkan masakan sederhana seperti nasi goreng ini menjadi primadona kuliner dunia. kini, masakan nasi goreng bisa kamu temukan di berbagai belahan benua.

Antar benua satu dengan benua lainnya memiliki resep yang berbeda. Mulai dari bumbu hingga cara mengolahnya. Tapi tetap, nasi goreng ala Indonesia lah juaranya.

Sebagian dari kamu mungkin ingin membuat nasi goreng unik dengan rasa istimewa. Berikut ini dipaparkan 3 resep nasi goreng terunik dan terenak rasanya.

Yuk, simak cara pembuatannya!

Nasi Goreng Beras Merah

anakui.com
anakui.com

Tahukah kamu? Beras merah ternyata bisa dijadikan nasi goreng lho! Walaupun tampilannya sedikit aneh, tapi rasanya tidak kalah lezat.

Ingin mencobanya? Siapkan bahan-bahan utama, seperti beras merah, telur, bawang putih, bawang Bombay, daun bawang, seledri, cabai, garam, dan penyedap rasa.

Pertama, kamu cuci beras merah sampai terlihat bersih, lalu masaklah sebagaimana kamu memasak beras putih.

Kedua, haluskan cabai, bawang merah dan putih hingga lumat dan terasa lembut. Sisihkan bumbu halus ke dalam mangkuk kecil.

salamisimon1.blogspot.com
salamisimon1.blogspot.com

Ketiga, iris bawang bombay, seledri, dan daun bawang. Kalau sudah, tumis irisan bawang merah dan putih sampai aromanya harum, kemudian tambahkan bumbu halus.

Tumis bahan-bahan tersebut dan masukan telur untuk dibuat orak-arik.

Tumis setengah matang saja, setelah itu diikuti dengan memasukkan nasi dari beras merah. Aduk-aduk bersama adonan bumbu hingga menyatu dan meresap. Taburkan garam dan penyedap rasa secukupnya.

Bahan terakhir yang harus dicampurkan yaitu bawang bombay, daun bawang, dan seledri. Aduk lagi sampai nasi goreng matang.

Nasi goreng beras merah ini cocok dihidangkan pada saat sarapan atau makan malam bersama keluarga.

Selamat mencoba, guys!

Nasi Goreng Buah Naga

naninewfreawika.wordpress.com
naninewfreawika.wordpress.com

Resep nasi goreng yang satu ini datang dari dapur Ratna Perwitasari. Uniknya, nasi goreng buah naga memiliki warna ungu persis seperti buah naga.

Penasaran dengan rasanya? Cobalah membuat nasi goreng tersebut di rumah. Bahan-bahannya tidak terlalu rumit.

Siapkan saja, bahan dasar nasi putih, ayam goreng, separuh buah naga, bawang merah, bawang putih, dan bombay.

Langkah pertama, iris buah naga, bawang putih dan bawang bombay. Kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay di atas wajan dengan api sedang.

Jika aroma sudah terasa harum, masukan ayam goreng yang telah disuwir, garam, dan sisipkan sedikit gula sebagai pemanis. Lanjutkan dengan memasukkan irisan buah naga dan nasi putih.

resepumiku.com
resepumiku.com

Tumis dan aduk semua bahan-bahan tersebut hingga rata dan bumbunya meresap. Angkat nasi goreng jika warnanya sudah berubah menjadi pink keunguan.

Sekarang, nasi goreng buah naga siap disantap. Seperti apa yang rasanya?

Nasi Goreng Mengkudu

keninglebar.com
keninglebar.com

Ide cemerlang lainnya datang dari seorang perempuan bernama Nureva Octaviani. Nasi goreng yang satu ini dinamankan nasi goreng mengkudu. Kamu pasti sudah tidak asing dengan buah mengkudu.

Buah mengkudu dikenal berbau tajam namun banyak khasiatnya. Bagaimana jika daun mengkudu dicampurkan dalam nasi goreng?

Agar mengetahui rasa dan aromanya, mungkin kamu perlu membuatnya di rumah. Bahan utama nasi goreng mengkudu, yakni daun mengkudu yang masih muda dan nasi putih.

Sebelum menggoreng nasi dan daun mengkudu, haluskan dahulu bahan bumbu, yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, kunyit, jahe, terasi, dan garam.

sakuraberbungalagi.blogspot.com
sakuraberbungalagi.blogspot.com

Pertama, semua bahan-bahan tadi di cuci bersih. Kemudian, gulung daun mengkudu seperti cerutu dan potong tipis.

Buatlah bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, kunyit, jahe, terasi, dan sedikit garam, lalu sisihkan.

Tumis bumbu halus sampai aromanya harum. Setelah itu masukan irisan daun mengkudu, taburkan garam dan aduk rata. Tumis lagi, tapi jangan sampai daun mengkudunya gosong.

Segera masukan nasi dan aduk lagi selama 3-5 menit. Kalau sudah matang, angkat nasi goreng mengkudu dan hidangkan. Kamu boleh menambahkan telur goreng mata sapi atau sosis yang digoreng terpisah.

Nasi goreng sangat nikmat dan lezat jika disantap saat masih hangat.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *