Nasi kuning seringkali dijadikan sebagai nasi dalam acara-acara tertentu seperti syukuran atau selamatan. Bahkan dalam acara-acara adat lain seperti sedekah laut atau sedekah bumi.

Nasi kuning yang dibuat bukan nasi kuning biasa, melainkan nasi kuning tumpeng. Resep nasi kuning tumpeng sebenernya tidak jauh berbeda dengan nasi kuning biasa.

Yang membedakan nasi kuning tumpeng adalah cara penyajiannya yang cenderung dibuat seperti menara berbentuk kerucut dengan berbagai lauk pelengkap yang mengelilingi nasinya.

Setelah acara selesai biasanya nasi tumpeng ini dimakan bersama, namun ada juga yang melarung nasi ini ke laut. Tergantung adat dan tradisi daerah masing-masing. Penulis sendiri lebih setuju untuk dimakan bersama-sama.

Kamu tertarik dengan nasi kuning tumpeng ini? Berikut resep nasi kuning tumpeng yang bisa kamu coba sendiri.

1Bahan yang Diperlukan

goodnewsfromindonesia.org

Bahan utama untuk membuat resep nasi kuning tumpeng yaitu beras sebanyak 800 gram dan beras ketan dengan kualitas bagus 200 gram. Beras ketan ini berfungsi untuk campuran agar nasi menjadi lebih enak.

zeroidea.wordpress.com
zeroidea.wordpress.com

Bahan lainnya yaitu bahan bumbu- bumbu seperti santan kental 1 liter, 1 sendok makan kunyit halus, 4 lembar daun salam, 2 sendok makan garam, 1 lembar daun pandan, air jeruk nipis, dan 2 batang sereh.

2Alat yang Digunakan

udmonalisa.blogspot.com

Alat yang digunakan untuk membuat nasi tumpeng ini sebenarnya sama dengan membuat nasi kuning lainnya. Yang menjadi perbedaan adalah cetakan berbentuk kerucut.

Besar kecil cetakan tergantung selera. Kalau kamu mau membuat nasi tumpeng yang tinggi ya pakai yang ukuran lebih besar. Alat cetakan juga bisa menggunakan anyaman yang digunakan untuk mengukus.

3Cara Pembuatan

flickr.com

Berbeda dengan nasi liwet yang biasa dimasak oleh ibu-ibu pada umumnya. Nasi tumpeng ini dimasak dengan cara dikukus. Iya hanya dikukus dalam waktu yang cukup lama.

Pertama campurkan beras dengan beras ketan. Cuci bersih, lalu tiriskan sampai benar benar kering. Selanjutnya kukuslah campuran beras dan beras ketan tersebut.

Sambil menunggu kukusan beras, lanjut ke langkah kedua yaitu mencampurkan santan dan kunyit bubuk lalu buang ampas kunyitnya. Masak santan ini bersama daun salam, pandan dan sereh. Tambah garam dan tunggu sampai mendidih.

Kemudian masukkan kukusan beras yang masih panas ke dalam santan yang sudah dicampur kunyit. Aduk beras sampai tercampur rata dengan santan tadi. Tunggu beberapa menit sampai santan meresap habis ke nasi.

Beras yang dikukus setengah tanak ini biasa disebut beras aron oleh masyarakat. Beras aron yang tercampur dengan santan kemudian dikukus lagi kira kira 20 menit.

Angkat kemudian cetak nasi dalam cetakan tumpeng yang sudah disiapkan. Jangan lupa memberi alas pada ujung lancip cetakan dengan daun pisang kemudian olesi sedikit minyak sayur agar tidak lengket.

Makanan utama berupa nasi kuning tumpeng sudah siap. Hidangkan nasi kuning tumpeng ini dengan beberapa lauk tambahan lain untuk menambah rasa.

Nasi tumpeng akan terasa lebih enak jika dimakan dalam suasana kebersamaan bersama orang yang kita sayangi.

4Pelengkap Nasi Kuning Tumpeng

berrykitchen.com

Orang indonesia memang belum bisa menyebut makan kalau belum makan nasi, namun ketika disodorkan nasi tanpa lauk pasti tidak mau makan. Lauk memang berperan sebagai yang tidak boleh dihilangkan.

masakanlezat.com
masakanlezat.com

Ada beberapa lauk yang sering dijadikan pelengkap dalam penyajian nasi tumpeng. Lauknya yaitu berupa telur dadar iris, perkedel kentang, suwiran ayam, dan kering tempe.

Kemudian setelah lauk ada juga pelengkap lain yang tidak bisa lepas dari tradisi orang Indonesia. Bawang goreng dan sambal, menjadi ciri khas orang Indonesia dalam menyajikan makanan.

Ciri khas lainnya setelah sambal yaitu harus adanya sayur mentah yang berfungsi sebagai lalapan. Namun lalapan pada nasi tumpeng sangat sederhana yaitu berupa irisan mentimun dan kacang panjang yang di cacah kecil-kecil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here