Solo tidak hanya dikenal akan kekayaan budayanya, tetapi juga keunikan kulinernya. Salah satu kuliner khas Solo yang ternama adalah nasi liwet.

Rasa gurih pada nasi liwet membuat para pecinta kuliner langsung jatuh cinta ketika mencicipinya. Nasi liwet biasanya disajikan bersama sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh (bubur gurih dari kelapa).

Nasi liwet telah menjadi santapan sehari-hari di Solo sebagaimana halnya nasi uduk. Para penduduk menyantapnya saat sarapan atau makan malam.

Penjaja nasi liwet di Solo pun tidak sedikit. Mereka (penjaja nasi liwet) menjajakan dagangannya menggunakan bakul bambu. Rata-rata penjualnya adalah kaum wanita.

Kamu juga bisa menemukan penjual nasi liwet di warung-warung lesehan. Salah satu warung lesehan terkenal di Solo yakni di kawasan Keprabon. Tapi, nasi liwet hanya dijual pada malam hari.

Sentra penjualan nasi liwet juga dapat dijumpai di Desa Duwet dan Menuran. Sukoharjo.

Konon, menurut penduduk Solo, penjual nasi liwet pertama adalah Mbah Karto. Beliau merupakan penduduk Menuran yang berjualan di Keprabon.

Sejarah menceritakan bahwa nasi liwet memang buatan asli pribumi Indonesia. riwayatnya sangat panjang.

Kalau simpelnya, zaman dahulu kala, nasi liwet digunakan untuk sesajen pada upacara kenduri di Bulan Mulud. Upacara ini diadakan untuk mendapatkan berkah di hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Berdasarkan sumber tradisi lisan, kisahnya Nabi SAW sangat suka makan nasi samin. Karena orang Jawa tidak bisa memasaknya, mereka membuatkan nasi liwet sebagai gantinya. Katanya, nasi samin serupa dengan nasi liwet.

Seiring dengan berjalannya waktu, nasi liwet tidak hanya ada di Solo, kini Jawa Barat pun punya nasi liwet racikan khusus. Kamu bisa kok, memasaknya sendiri di rumah. Resepnya mudah, praktis dan tentunya menghasilkan kelezatan istimewa.

Yuk, langsung saja simak ulasannya!

1Nasi Liwet Sunda

makanajib.com

Untuk membuat nasi liwet khas Sunda, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berupa beras, bawang putih, bawang merah, cabe rawit, sereh, daun salam, teri, mentega, dan garam.

Mulailah dengan memasak nasi (liwet) seperti biasanya. Boleh menggunakan magic com yang sudah diolesi mentega.

rumahukm.com
rumahukm.com

Pertama, masukan dulu beras setelah dicuci bersih. Setelah itu, masukan bahan-bahan lainnya (sebelumnya ditumis dahulu). Tambahkan 2 sendok makan mentega dan tuangkan air secukupnya. Takaran airnya seperti masak nasi biasa.

bundadezrecipes.blogspot.com

Taburkan kira-kira 1 sendok makan garam halus. Tunggu nasi liwet hingga matang. Setelah matang, hidangkan nasi liwet bersama lauk-pauk lainnya.

2Nasi Liwet Khas Solo

marnimulya.com

Kalau tadi kamu sudah tahu tentang resep nasi liwet Sunda, sekarang saatnya mengenal nasi liwet khas Solo.

Bahan-bahan yang harus kamu sediakan, yaitu beras (usahakan yang pulen), bawang putih, serai, daun salam, air, garam, dan gula.

Untuk bahan pelengkap, siapkan sayur krecek, irisan telur dadar, hati ampela goreng, sambal goreng hati, dan ikan teri kering.

tikaajahcukup.blogspot.com
tikaajahcukup.blogspot.com

Langkah pertama, cucilah beras sampai bersih dan tiriskan. Kemudian, iris tipis bawang putih dan goreng hingga kering. Sisihkan bawang goreng ke wadah khusus.

Langkah kedua, masak beras di dalam rice cooker. Gunakan air sedikit lebih banyak daripada ketika memasak nasi biasa. Masukan juga serai, daun salam, bawang putih, garam, dan gula.

Biarkan nasi liwet sampai 30 menit. Kalau nasi sudah matang, angkat rice cooker dan pindahkan nasi ke piring saji.

resepsajian.com
resepsajian.com

Lalu, berikan bahan pelengkap di piring saji yang berisi nasi liwet. Sekarang, nasi liwet siap disantap.

Itulah cara membuat nasi liwet versi Sunda dan Solo. Selamat mencoba!

SHARE