Bisa dibilang nasi merupakan makanan paling penting di Indonesia. Saking pentingnya sampai harga beras dan ketersediaannya bisa memengaruhi suasana politik nasional lho!

Mindset yang berkembang di masyarakat, belum disebut makan kalau tidak ada nasi yang masuk perut kita. Padahal sudah makan apa saja, dari roti, kentang, sampai ketela, tapi waktu ditanya sudah makan apa belum, jawabnya belum.

Waduh, padahal udah ngabisin makanan karbohidrat di atas, tapi masih saja ngaku belum makan karena memang belum menyantap nasi. Begitulah masyarakat kita, perutnya sudah di-setting harus makan nasi kalau mau kenyang.

Nah, karena nasi menjadi makanan pokok di Indonesia, tentu berkembang pula varian kuliner nasi agar tidak bosan dengan nasi putih biasa. Ada nasi goreng, nasi kuning, dan yang paling gurih dan mudah dibuat adalah nasi uduk.

Buat kamu yang doyan banget dengan nasi uduk yang sering jadi hidangan sarapan kita, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Berikut ini resep membuat nasi uduk yang paling mantap dan sederhana.

1Bahan Nasi Uduk

  • 5 piring beras
  • 4 cangkir santan
  • 3 cengkeh
  • ½ biji pala, parut
  • 2 daun salam
  • 2 daun jeruk
  • Garam
  • Merica

Bumbu digeprek

  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 serai, ikat simpul

2Cara Membuat Nasi Uduk Mantap

youtube.com

Untuk membuat nasi uduk yang enak, pertama kali yang harus kita lakukan adalah merendam beras di dalam air selama kira-kira satu jam. Jangan terlalu cepat dan terlalu lama merendamnya agar hasilnya sempurna.

Dari beras yang telah direndam selama satu jam ini harus dikukus terlebih dahulu. Isi air ke kukusan secukupnya saja sampai di bawah wadah kukusan. Selanjutnya beras tadi kita masukkan kekukusan, kemudian ratakan sampai seperti gambar ini.

Sekarang, nyalakan kompornya. Pakai api yang sedang saja, lalu tutup panci kekukusan. Biarkan sampai mendidih dan matang.

Sambil mengukus nasi sampai setengah matang, yang pertama harus kita siapkan yaitu air santan. Nyalakan kompor, juga dengan api sedang. Kini, akan kita panaskan sampai mendidih, sambil sesekali diaduk.

youtube.com
youtube.com

Sambil menunggu santannya mendidih, persiapkanlah bumbu-bumbu yang akan dimasukkan ke dalam santan yang mendidih tadi. Bumbu-bumbu pertama adalah bawang merah dan bawang putih.

Tidak perlu bawang merah dan bawang putih disangrai atau digoreng sebelumnya, cukup digeprek atau ditumbuk saja seperti ini.

youtube.com
youtube.com

Masukkan masukkan bawang merah dan bawang putih kedalam air santan yang sudah mendidih dan aduk-aduk sedikit. Setelah itu masukkan juga cengkeh dan biji pala yang diparut terlebih dahulu langsung kedalam santan seperti ini.

youtube.com
youtube.com

Masukkan juga daun salam, daun jeruk, dan serai ke dalam santan. Sebelum memasukkan serai, perlu diingat untuk mememarkannya terlebih dahulu seperti ini.

youtube.com
youtube.com

Jangan lupa untuk menambahkan garam dan merica secukupnya. Tunggu sampai bumbu-bumbu tersebut benar-benar matang dalam air santan.

Selagi menunggu santan, kamu bisa lanjutkan melihat dengan nasi kukus. Bila sudah setengah matang, ratakan sekali lagi. Masukkan air santan yang sudah dibumbui tadi kedalam kukusan dan harus dengan menggunakan saringan.

youtube.com
youtube.com

Tentu kita tidak ingin bumbu-bumbu yang sudah kita geprek tadi juga ikut masuk kedalam kukusan nasi. Campurkan santan itu dengan nasi sampai rata dengan mengaduk-aduknya.

youtube.com
youtube.com

Kalau sudah tercampur, tutup lagi kukusan tersebut dan diamkan selama kira-kira setengah jam. Buka tutupnya, nasi uduk sedap siap disajikan.

youtube.com
youtube.com

Paling enak menyajikan nasi uduk dengan lauk telur dadar yang dipotong-potong, atau ayam goreng. Sebagai pelengkap bisa juga kamu taburi bawang goreng, sambal colek dan krupuk. Jangan lupa teman sambal yakni lalapan seperti kubis dan mentimun boleh juga disajikan.

SHARE