Seluruh warga Indonesia sudah tak asing lagi dengan kue kering yang wajib dihidangkan saat hari raya ini. Tak lain dan tak salah salah lagi, kue kering itu adalah nastar. Kue legendaris yang digemari banyak orang ini memang sangat fenomenal.

Nastar sendiri diambil dari bahan pembuatnya, yakni nanas dan tart yang disingkat menjadi nastar. Kamu pasti akan menjumpai nastar di setiap rumah yang kamu kunjungi saat hari raya tiba.

Kue yang banyak dijajakan dengan berbagai macam rasa ini memudahkan semua orang yang ingin menikmatinya. Kamu bisa membelinya di toko bahkan memesannya via online. Tapi, bukankah lebih puas jika bisa membuatnya sendiri bersama keluarga di rumah?

Padahal, jika nastar ini dibuat dengan tangan sendiri, pasti akan terjamin kelezatan dan kebersihannya. Karena bahan-bahan yang digunakan bisa diseleksi dengan baik. Takaran bahannya pun bisa disesuaikan dengan selera. Menyenangkan bukan?

Nah, untuk hari raya tahun ini, kamu bisa nih mencoba membuat nastar keju yang rasanya lebih gurih dan nikmat. Berikut ini resep yang bisa kamu gunakan untuk membuat nastar keju tersebut.

1Bahan Nastar Keju

wirasetododdy.wordpress.com

Siapkan bahan-bahan yang akan kamu perlukan untuk membuat adonan nastar berikut ini.

Bahan adonan:

  • 350 gram tepung terigu protein rendah
  • 2 butir telur, ambil kuningnya
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm susu bubuk full cream
  • 50 gram gula halus
  • 150 gram margarin
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • Keju secukupnya
deachnl.wordpress.com
deachnl.wordpress.com

Bahan olesan:

  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdm air
  • Keju parut secukupnya

2Bahan Selai Nanas dan Cara Membuatnya

resepdapurkeluargaku.blogspot.com

Bahan selai nanas:

  • 1 buah nanas, bersihkan dan parut halus
  • 125 gram gula pasir
  • 1 potong kayu manis
  • 5 batang cengkeh
  • Garam secukupnya
maudikitchen.blogspot.com
maudikitchen.blogspot.com

Cara membuat selai nanas:

  1. Sebelum membuat selai nanas, kupas nanas terlebih dahulu kemudian parut. Kamu bisa menggunakan parutan keju supaya lebih mudah.
  2. Setelah itu, siapkan wajan dan masak parutan nanas di atas api kecil. Tunggu hingga nanas meletup-letup, barulah tambahkan gula pasir, kayu manis, cengkeh, dan garam.
  3. Masak hingga adonan selai matang dan mengental. Pastikan juga selai nanas tidak begitu kering dan terlalu banyak gula.
  4. Jika selai nanas sudah masak, matikan api dan dinginkan terlebih dahulu.
  5. Kemudian bulatkan selai nanas disesuaikan dengan ukuran nastar yang akan dibuat. Sisihkan.

3Cara Membuat Nastar Keju

liladewi-kitchen.blogspot.com

Sekarang saatnya untuk mulai mengeksekusi semua bahan dan membuat nastar keju yang gurih.

Langkah pertama, siapkan sebuah wadah dan masukkan kuning telur, lalu kocok menggunakan mixer, tambahkan gula halus dan mentega dan mixer lagi sampai tercampur rata.

Setelah itu, masukkan tepung terigu dan tepung maizena yang telah disangrai dan diayak terlebih dahulu ke dalam campuran telur. Tambahkan juga vanili, susu bubuk serta keju parut ke dalamnya. Aduk secara perlahan menggunakan spatula kayu hingga merata.

Apabila adonan sudah tercampur rata, pastikan teksturnya sudah baik dan tidak lengket di tangan. Jika sudah, adonan nastar sudah bisa dibentuk. Kamu bisa menimbang adonan untuk membuatnya memiliki berat dan ukuran yang sama.

moengilcake.blogspot.com
moengilcake.blogspot.com

Lalu, buatlah adonan menjadi berbentuk bulat dan isi dengan selai nanas yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk menyiapkan loyang yang akan digunakan untuk memanggang si nastar keju ini.

Lembari loyang dengan kertas roti terlebih dahulu, baru letakkan bakal nastar keju di atasnya. Berilah jarak pada tiap adonan, karena nastar akan mengembang nantinya. Jika sudah disusun di atas loyang, olesi adonan dengan campuran kuning telur dan air.

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Barulah beri taburan keju parut di atasnya. Selanjutnya, panggang nastar ke dalam oven dengan suhu 175 derajat celsius kurang lebih 15 menit atau hingga kue matang. Jika nastar sudah matang, tunggu beberapa saat sampai agak dingin, baru angkat dari loyang.

Kemudian, kamu bisa langsung mengemas nastar dalam toples cantik untuk disajikan untuk kue hari raya.

SHARE