Setiap hari, ibu-ibu pasti disibukkan dengan menu makanan anggota keluarganya. Apalagi bekal buat anak-anaknya untuk di sekolah. Oleh karena itu, ibu-ibu pun terkadang sering tergoda dengan makanan siap saji, sebut saja nugget.

Walaupun nugget ini adalah makanan siap saji, namun mayoritas anak menyukainya, karena rasanya yang lezat dan gurih. Namun, nugget yang dijual di pasaran kualitasnya berbeda-beda sehingga ibu-ibu perlu hati-hati.

Untuk membeli nugget dengan kualitas yang bagus di pasaran, tentunya akan sangat menguras isi kantong. Tapi kalau beli nugget abal-abal kan serem juga, kan kita nggak tau bahan untuk membuatnya seperti apa kualitasnya.

blogoinformasi.com
blogoinformasi.com

Nah, kalau ibu-ibu mau nugget berkualitas baik dengan harga sesuai kantong, kenapa nggak coba buat sendiri, pasti lebih hemat dan lebih sehat. Selain itu, kita pun bisa menambahkan varisi bahan ke dalam nugget buatan kita.

Tapi untuk buat nugget kan harus ada ilmunya? Tentu saja iya, bukankah semua hal dalam hidup ini juga ada ilmunya? Kita kan bisa belajar. Kalau mau buat nugget, kita bisa lihat resepnya di bawah ini kok!

1Bahan dan Bumbu Nugget Ayam

sayangi.com

Di resep kali ini, nugget yang akan kita buat adalah nugget ayam. Jadi buat kamu yang sangat doyan makan ayam, inilah variasi makanan berbahan ayam untuk kamu.

Oke, kita kembali ke bahan dan bumbu membuat nugget. Apa yang kita butuhkan untuk membuat nugget? Bahan utama yang kita perlu siapkan adalah ayam, di resep kali ini kita akan menggunakan 500 gr ayam.

blog.eriknerum.com
blog.eriknerum.com

Untuk membuat nugget dengan 500 gr ayam, kita membutuhkan 5 lembar roti tawar, 150 gr tepung roti, 2 butir telur kocok lepas, 2 butir telur utuh dan minyak goreng secukupnya.

Selain itu, kita pun perlu menyiapkan bumbu-bumbu yang akan membuat nugget yang kamu buat semakin lezat. Bumbu-bumbu itu terdiri dari lada bubuk, bawang putih, garam, penyedap rasa, dan air matang secukupnya.

bikinbrownies.wordpress.com
bikinbrownies.wordpress.com

Setelah bahan-bahan kita siapkan, barulah kemudian kita beranjak ke langkah-langkah pembuatan nugget. Siapkan tenaga dan baca Bismillah sebelum mulai membuatnya ya!

2Cara Membuat Nugget Ayam

safiyhealty.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat membuat nugget ayam adalah mencuci daging ayamnya sampai bersih. Lalu setelah itu pisahkan antara daging dan tulangnya. Kemudian dagingnya kamu haluskan menggunakan food processor.

Setelah itu, kamu bisa menghaluskan bawang putih, setelah halus kamu simpan dulu. Jika sudah, kamu bisa lanjutkan dengan merendam roti tawar menggunakan air yang sudah matang hingga rotinya lunak.

agnitnindyandando.blogspot.com
agnitnindyandando.blogspot.com

Jika prosesi di atas sudah kamu lakukan, maka yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mencampur semua bahan yang terdiri dari daging ayam halus, roti yang sudah lunak, bawang putih halus, telur ayam, dan bumbu-bumbu lainnya.

Jika sudah tercampur rata dan membentuk sebuah adonan, maka kita bisa menyiapkan loyang yang sebelumnya sudah kita olesi dengan minyak goreng yang sudah kamu sediakan di awal.

Masukkan adonan ke dalam loyang, kemudian kukus selama 20 menit. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan. Kemudian adonan nugget tadi bisa kamu potong-potong sesuai selera.

Jika sudah berbentuk potongan-potongan, maka kamu bisa mencelupkannya ke dalam telur yang sudah kita kocok lepas. Setelah itu guling-gulingkan ke atas tepung roti sampai merata.

Jika langkah di atas sudah dilakukan, maka tugas kita yang terakhir adalah menggorengnya hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah ditiriskan sebentar, maka nugget siap untuk dihidangkan atau pun dijadikan bekal anak ke sekolah.