Kebayang nggak waktu tengah malam bangun tidur, perut keroncongan nggak karuan karena sebelumnya lupa nggak makan malam. Masak yang berat kelamaan dan badan masih ngantuk, cari warung juga udah pada tutup.

Banyak dari kita yang pernah mengalami keadaan seperti itu, mungkin termasuk kamu. Salah satu solusi cepatnya adalah buka kulkas, ambil nugget, goreng sebentar aja, makan deh.

Ya, nugget memang makanan olahan daging ayam yang sudah setengah matang, jadi tidak perlu repot memasaknya.

Selain praktis, nugget yang renyah ini juga sangat disukai anak-anak. Saat ibu tidak sempat memasak makanan sahur, menyajikan nugget pasti akan disukai keluarga.

Banyak yang mengira kalau nugget hanya bisa dibuat oleh industri makanan. Padahal nugget ayam juga bisa dibuat di dapur rumahan juga lho!

Ada beberapa tahapan dalam membuat nugget. Mulai dari menggiling ayam, sampai dengan menggoreng pengemulsinya dan membekukan ke dalam freezer.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat dan mencoba resep nugget ayam yang telah kita buat. Selamat mencoba!

Resep Nugget Ayam yang Renyah Ala Rumahan

Bahan-Bahan:

  • Membuat nugget ayam tentu saja bahan utamanya adalah daging ayam. Sediakan 500 gram daging giling ayam segar. Usahakan untuk menggunakan ayam di bagian atas (dada) supaya hasilnya terasa enak dan gurih.
  • 2 butir telur ayam ukuran sedang atau 3 butir telur ayam ukuran kecil.
  • 5 bagian/siung bawang putih. Kupas kulitnya dan haluskan sampai lembut.
  • Lada bubuk secukupnya (bahan ini bisa dihilangkan apabila kamu berencana untuk membuat nugget yang akan dikosumsi anak yang tidak suka pedas sama sekali).
  • Penyedap rasa secukupnya atau bisa dihilangkan kalau tidak ingin menggunakannya (untuk garam nanti ditambahkan sedikit supaya rasanya tetap gurih).
  • Satu sendok kecil atau sendok teh garam dapur yang beryodium.
  • 6 pcs Roti tawar putih. Hilangkan bagian coklat pinggirannya.
  • Margarin secukupnya untuk olesan loyang.
  • Bahan untuk lapisan luar nugget adalah 160 gram tepung Roti dan 2 butir telur ukuran besar.

Cara Membuat:

Siapkan satu wadah kecil berisi air matang untuk merendam 6 pcs roti tawar di atas. Tunggu sampai lembek, peras pelan-pelan dan ambil ampasnya.

cookpad.com

Ambil satu wadah ukuran cukup besar. Masukkan 500 gram daging ayam, 5 siung bawah putih yang sudah dihaluskan, lada secukupnya, penyedap rasa, dan garam dapur.

Campur dan uleni pakai tangan sampai tercampur dengan rata. Masukkan ampas roti dan masukkan ke dalam adonan di atas. Campur dan aduk dengan tangan sampai rata.

youtube.com
youtube.com

Pecahkan 2 butir telur ayam dan campur ke dalam adonan di atas sampai semua bagian tercampur dengan rata. Ambil loyang dan olesi dengan margarin. Masukkan adonan di atas dan ratakan di atas loyang (bentuk pipih setebal kurang lebih 1-1,5 cm).

Kukus loyang kurang lebih 20 menit sampai 25 menit dengan api sedang cenderung kecil. Setelah matang dinginkan di suhu ruangan. Ambil lagi satu wadah kecil. Masukkan 2 butir telur ayam dan kocok.

youtube.com
youtube.com

Siapkan tempat yang agak besar dan tuang tepung roti di atasnya. Potong adonan nugget ayam yang sudah dingin sesuai dengan selera.

youtube.com
youtube.com

Masukkan ke dalam wadah telur kemudian masukkan ke dalam wadah tepung roti. Gulirkan sambil agak di tekan sampai semua bagian tertutup tepung roti.

youtube.com
youtube.com

Setelah proses terakhir, nugget ayam bisa langsung di goreng atau disimpan di freezer untuk digunakan keesokan harinya.

youtube.com
youtube.com

Kamu bisa menambahkan sayuran, keju, ikan salmon, udang, dan bahan lainnya untuk memberikan variasi dan rasa yang beda.

nugget-terbuat-dari-tulang
ciricara.com
SHARE