Sudah pernah dengar nama makanan ini? mungkin kamu akan menganggap ini makanan mahal, karena sering disajikan di restoran. Padahal kalau kamu tahu, makanan berbahan dasar telur ayam ini sederhana membuatnya.

Selain sederhana, makanan ini sangat disukai oleh anak-anak. Dengan ditambah banyak ragam sayuran, makanan ini sangat cocok sebagai menu sehat sarapan keluarga.

Nama omelet adalah bahasa Indonesia yang diadaptasi dari bahasa Prancis omelette. Omelet termasuk makanan yang mendunia. Terdapat berbagai variasi jenis omelet yang ada di berbagai belahan dunia.

Contohnya omelet Iran yang menggunakan campuran gula, omelet Yunani yang menggunakan isian tumisan sayuran, serta frittata yang merupakan omelet gaya Italia. Bagaimana omelet versi kamu?

Banyak yang bilang omelet di Indonesia sama seperti telur dadar, karena sama-sama berbahan dasar telur dan sayuran. Anggapan itu tidak sepenuhnya benar karena ada bahan dan cara lain dalam pembuatan omelet.

Biasanya omelet di Indonesia berisikan bahan seperti keju, beragam sayuran, dan potongan daging. Potongan daging juga bisa diganti dengan kornet agar lebih hemat.

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat omelet dengan bahan yang sederhana, telah kita siapkan resep omelet sederhana, dengan bahan keju, sayuran, dan kornet. Selamat mencoba!

Resep Omelet dengan Bahan Keju, Sayuran, dan Kornet

Bahan-Bahan:

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs.
  2. Keju chedar secukupnya sesuai selera atau kurang lebih 1-2 sendok makan keju parut. Parut kejunya supaya lebih mudah dicampur dengan bahan lain.
  3. Kentang ukuran sedang 1-2 pcs. Kupas kulitnya dan potong kecil-kecil. Bisa bentuk dadu, segitiga, segi empat atau sesuai selera.
  4. Buat yang suka pedas, bisa ditambahkan buah paprika kurang lebih seperempat bagian saja. Cuci bersih dan potong kecil-kecil. Bisa dihilangkan kalau tidak suka pedas.
  5. Sayuran bayam yang segar dan kualitas bagus sebanyak 1 ikat saja. Cuci bersih dan buang bagian batangnya. Ambil cuma bagian daunnya saja dan potong kecil-kecil atau dirajang.
  6. Daging kornet siap pakai sesuai selera atau kurang lebih 2-3 sendok makan.
  7. Buah tomat segar ukuran sedang sebanyak 1 pcs. Cuci bersih dan potong kecil-kecil. Buang bagian isinya.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  9. Merica halus atau bubuk sedikit saja. Bisa dihilangkan kalau mau membuat resep telur omelet buat anak-anak.
  10. Minyak goreng atau margarin untuk menumis bumbu dan menggoreng telur omeletnya seukupnya (lebih enak kalau memakai margarin dari merek yang sudah terkenal).

Cara Membuat:

Langkah pertama adalah membuat adonan telurnya. Siapkan satu wadah ukuran sedang. Pecahkan telur dan masukkan telur ayam yang sudah disiapkan.

wikihow.com

Masukkan merica (kalau suka) dan garam secukupnya. Aduk dan kocok bersama telur supaya tercampur rata. Masukkan daging kornet yang sudah dipersiapkan. Aduk-aduk kembali sampai semua bagian tercampur rata.

Image titled Make a Cheese Omelette Step 10
wikihow.com

Langkah berikutnya adalah memasak sayurannya. Siapkan penggorengan dan beri sedikit minyak atau margarin untuk menumis.

Image titled Make a Cheese Omelette Step 22
wikihow.com

Masukkan kentang yang sudah dipotong, buah tomat yang sudah dipotong, daun bayam yang sudah diiris dan buah paprika kalau suka. Aduk-aduk sampai semua sayuran setengah layu lalu angkat.

Masukkan sayuran tadi ke dalam bahan telurnya. Aduk aduk sampai semua sayuran terendam dan tercampur rata dengan telurnya. Hidupkan kompor lagi dengan api kecil. Beri margarin secukupnya dan ratakan ke dalam penggorengan.

Image titled Make a Cheese Omelette Step 9
wikihow.com

Masukkan campuran telur dan sayuran di atas. Bolak balik 2-3 kali supaya omelet tidak gosong. Tunggu sampai bagian luar telur sudah berwarna kekuningan dan sudah hampir matang. Masukkan dan taburkan keju parut sampai rata ke bagian atasnya.

anekaresepmasakan.net

Masak lagi sebentar sampai resep omelet telurnya matang. Selesai, omelet keju, sayuran, dan kornet siap untuk dinikmati.

wikihow.com
wikihow.com