Pastel adalah jajanan khas Indonesia yang sering dihidangkan dalam berbagai acara. Pasalnya, harga jual pastel di pasaran terbilang murah dan cara membuatnya pun mudah.

Ingin tahu bagaimana cara membuat pastel? Yuk, ikuti resep berikut ini.

1Pastel Komplet

annayelitta.blogspot.com

Lazimnya pastel di pasaran, isinya berupa sayuran dan bihun. Tapi, ada juga yang berisi daging ayam atau sapi.

Kali ini kamu akan mendapatkan resep baru untuk membuat pastel yang isinya lengkap. Ada sayurnya, bihun, daging, dan telur tentunya.

Bahan yang harus kamu siapkan terdiri dari dua jenis, yaitu bahan kulit dan isi. Bahan kulitnya berupa tepung terigu, mentega, minyak sayur, air, gula, dan garam.

Untuk isinya, kamu cukup sediakan ayam suwir-suwir, telur ayam rebus, bawang putih, seledri, daun bawang, kentang, wortel, tepung kanji, gula, dan garam.

Langkah pertama, campurkan tepung terigu, gula, dan garam dalam satu wadah. Kemudian siramkan mentega (sudah dilelehkan), minyak goreng dalam keadaan panas dan juga air ke dalam wadah.

youtube.com
youtube.com

Diamkan sejenak adonan selama 15 menit. Setelah itu, adonan digilas dan dicetak berbentuk bundar dengan diameter kurang lebih 10 cm. Nantinya adonan ini akan digunakan sebagai kulit pastel.

Sekarang membuat isi pastelnya. Pertama, tumis bawang putih, daun bawang, seledri yang sudah semuanya sudah dicincang. Kalau sudah beraroma harum, masukan potongan ayam, kentang, wortel, dan tuangkan air kaldu ayam.

Taburkan gula dan garam secukupnya lalu biarkan selama 10 menit sampai bumbu meresap ke dalam bahan-bahan lainnya. Jika kentang dan wortel sudah terlihat empuk, tuangkan air kanji dan langsung angkat.

Selanjutnya, masukan isi ke dalam kulit pastel berupa potongan telur (satu telur dipotong menjadi 6 bagian) dan isian pastel yang tadi kamu tumis.

Oleskan putih telur supaya kulit pastel lebih kuat. Kalau semua kulit pastel sudah terisi, goreng pastel sampai berwarna kecoklatan.

faridaaryo.blogspot.com
faridaaryo.blogspot.com

Hidangkan pastel goreng ini bersama cabe rawit atau saus tomat. Lezatnya pasti makin terasa.

2Pastel Panggang

mimiekesuma.blogspot.com

Pastel nggak cuma digoreng saja lho. Ada juga nih, pastel panggang. Bahan-bahan yang harus kamu sediakan untuk membuat pastel ini yaitu, tepung terigu, garam, telur, dan butter.

Untuk isinya, siapkan wortel (potong dadu), kentang (potong dadu), daun bawang, dan bihun. Tambahkan telur yang dipotong menjadi 8 bagian untuk bahan isiannya.

Langkah pertama, kamu buat dulu bumbu halusnya dari bahan-bahan bawang putih, bawang merah, garam, merica bubuk, dan kaldu ayam. Kemudian, tumis bumbu halus tersebut.

Jika aroma bumbu tumis sudah harum, masukan kental dan wortel. Tumis lagi hingga wortel dan kentang layu dan empuk.

Lalu masukan bihun, potongan telur dan daun bawang (irisan). Aduk lagi tumisan sampai merata. Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kering dan biarkan sejenak. Setelah 10 menit, angkat dan tiriskan.

Sekarang buatlah kulit pastel dengan cara mencampurkan tepung dan garam ke mangkuk sambil diaduk rata. Berikutnya, masukan butter (lelehkan) dan telur (sudah dikocok) ke dalam adonan tadi.

Aduk-aduk lagi sampai merata dan tuangkan sedikit air. Adonan diuleni sampai kalis.

Tahap selanjutnya, ambil sedikit adonan dan bentuk adonan seperti pastel. Segera masukan bahan isi ke dalam kulit pastel dan tutup hingga rapat. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

ncc-indonesia.com
ncc-indonesia.com

Jangan lupa oleskan kuning telur di bagian atas pastel supaya tidak kering. Setelah itu, panggang pastel di dalam oven dengan suhu 180C selama 20 menit.

evienovitasari.blogspot.com
evienovitasari.blogspot.com

Keluarkan pastel dari oven ketika sudah berwarna kuning kecoklatan. Kamu dapat langsung menikmati pastel panggang tanpa harus menggorengnya.

Selamat mencoba, guys!