Sebagai seorang ibu atau calon ibu, kamu pasti akan memerlukan keterampilan mengatur menu makanan di rumahmu. Karena dengan keterampilan ini, kamu bisa memastikan bahwa kebutuhan gizi untuk keluargamu dapat tercukupi.

Terkait dengan urusan pemenuhan gizi, tentunya tidak selalu harus mahal. Banyak sekali pilihan bahan makanan yang memiliki kandungan gizi sama namun memiliki harga yang lebih murah. Misalnya saja dalam hal pemenuhan kebutuhan protein.

radioelnury.com
radioelnury.com

Selain dari daging, kita pun bisa mendapatkan asupan protein itu dari protein hewani, semisal tempe dan tahu. Nah, biar keluargamu nggak bosan makan tempe atau tahu, tentunya kamu perlu mengolahnya menjadi masakan yang beragam.

Contohnya saja tahu, selain digoreng atau digunakan sebagai campuran sayuran. Tahu pun bisa kita masak menjadi pepes tahu. Kamu suka kan pepes tahu? Rasanya lezat dan gurih kan?

thehungrydoctor.net
thehungrydoctor.net

Kalau kamu dan keluarga kamu suka, kita buat sendiri yuk pepes tahunya. Selain murah, cara membuat pepes tahu pun mudah. Bagi kamu yang belum tahu dan ingin membuatnya, kita lihat yuk resepnya di bawah ini!

1Bahan Membuat Pepes Tahu

resephariini.com

Sebelum kita membuat masakan tertentu, pastinya kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Apa saja bahan dan bumbu untuk membuat pepes tahu ini? Kita lihat yuk daftarnya di bawah ini.

  • Tahu putih sebanyak 500 gr
  • Daun bawang, 1 batang
  • Daun salam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
  • Bawang merah, 1 butir
  • Bawang Putih, 3 siung
  • Cabe rawit dan cabe merah, disesuaikan dengan selera
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
flickr.com
flickr.com

Oiya, saat memilih tahu ketika kamu membelinya, usahakan untuk memilih tahu yang kualitasnya baik dan masih segar. Belum tercium bau-bau yang tidak semestinya atau pun berlendir.

Selain itu, usahakan untuk selektif dalam memilih tahu. Hindari tahu yang mengandung pewarna berbahaya. Agar kesehatan keluargamu terjaga dengan baik. Sedih kan kalau ternyata anak kita sakit karena makan masakan kita.

Setelah semua bahan kita siapkan, maka ini saatnya masuk ke dalam proses pembuatan pepes tahu. Jika kamu sudah siap, maka kamu bisa memulainya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini!

2Cara Membuat Pepes Tahu

joriskitchenrecipebooks.blogspot.com

Langkah pertama yang perlu kita lakukan saat membuat pepes tahu adalah menyiapkan wadah berupa mangkuk plastik yang ukurannya agak besar. Ini perlu kita siapkan untuk mencampur semua bahan dalam proses pembuatan pepes.

Jika wadahnya sudah kita sediakan, maka langkah berikutnya adalah menghancurkan tahu putih yang sudah kita beli. Jangan lupa untuk mencucinya dengan air hingga bersih, baru kemudian dihancurkan di dalam wadah.

resep-resep-kita.blogspot.com
resep-resep-kita.blogspot.com

Pastikan saat menghancurkan, tahu benar-benar halus. Tapi tidak masalah juga kalau kamu menginginkan tekstur yang agak kasar, sehingga bentuk tahunya masih terlihat dengan jelas.

Setelah itu, sisihkan dahulu tahu yang sudah hancur tadi. Kemudian kita memotong daun bawang menjadi ukuran kecil dan menghaluskan semua bumbu yang terdiri dari bawang putih dan bawang merah.

Langkah selanjutnya, kita bisa mencampurkan semua bumbu dengan tahu yang sudah halus tadi secara merata, jangan lupa untuk memasukkan daun salam agar pepes tahu yang kita buat menjadi harum.

Jika kamu suka, kamu pun bisa menambahkan daun kemangi, agar pepes tahumu memiliki sensasi rasa yang khas. Dan kamu pun bisa menambahkan irisan cabe merah atau rawit, sehingga pepes tahunya terasa pedas.

Jika sudah jadi adonan pepesnya, maka langkah selanjutnya adalah membungkusnya dengan daun pisang. Jika langkah pembungkusan ini sudah selesai kita lakukan, maka langkah terakhir adalah mengukusnya hingga matang.