Jagung merupakan jenis tanaman palawija yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pemilik nama latin Zea mays ini mengandung karbohidrat tinggi. Bahkan tidak kalah dari gandum dan padi.

Warga Negara Afrika menggunakan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari.

Jagung juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Beberapa orang memakai jagung untuk bahan baku membuat tepung maizena.

Jagung dijadikan objek penelitian genetika sejak awal abad ke-20. Secara fisiologi, jagung sangat efisien dalam memanfaatkan sinar matahari.

Saking tenarnya tanaman jagung, kini tidak hanya dijadikan sebagai bahan baku tepung saja, tapi juga diolah menjadi makanan lainnya. Seperti halnya makanan perkedel.

Biasanya, orang mengenal perkedel hanya dari kentang atau tempe saja. Namun, kali ini, jagung juga dipakai untuk membuat perkedel, lho.

Nama lain perkedel adalah bakwan. Bakwan jagung merupakan makanan yang bahan-bahannya dari jagung, terigu, telur ayam, dan diberi bumbu khusus. Dalam kuliner Indonesia, bakwan jagung ini sudah sangat terkenal.

Di daerah Manado, perkedel atau bakwan jagung disantap bersama sambal yang dinamakan dabu-dabu.

Ingin mencoba kelezatan perkedel jagung? Yuk, ikuti resep berikut ini.

1Perkedel Jagung Praktis

resepmasakterbaru.com

Siapa bilang bikin perkedel jagung itu susah? Kamu bebas memilih cara paling praktis untuk menciptakan sebuah perkedel jagung.

Sediakan bahan-bahan berupa jagung pipil, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daun bawang, daun seledri, garam, gula, penyedap rasa, tepung terigu, merica bubuk, dan telur kocok.

Langkah pertama, haluskan jagung yang sudah dipipil tadi. Haluskan juga bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit. Lalu campurkan bumbu halus ke dalam adonan jagung.

youtube.com
youtube.com

Tambahkan irisan daun bawang dan seledri. Aduk lagi hingga tercampur.

Telur yang sudah kamu siapkan dikocok kemudian dimasukan ke dalam adonan jagung. Masukan juga terigu, garam, gula, merica bubuk, dan penyedap rasa. Aduk-aduk semua adonan sampai merata.

Nah, sekarang saatnya menggoreng. Kamu harus menggorengnya hingga berwarna kecoklatan. Sajikan perkedel jagung setelah selesai digoreng.

2Perkedel Jagung Tanpa Telur

ajarmasak.com

Bagi yang nggak doyan telur, tetap bisa menikmati gurihnya perkedel jagung. Kali ini kamu akan diberikan resep khusus perkedel jagung tanpa telur.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan yakni, tepung terigu, bawang putih, ketumbar halus, merica bubuk, garam, jagung pipil, air, dan daun bawang.

Langkah pertama, campurkan tepung terigu, bawang putih, ketumbar, merica, dan garam. Aduk-aduk hingga tercampur merata. Lalu masukan jagung pipil, daun bawang, dan air secukupnya. Aduk lagi sampai merata.

drunnawannafree.wordpress.com
drunnawannafree.wordpress.com

Selanjutnya, goreng adonan dengan ukuran sesuai selera kamu. Angkat perkedel jika warnanya sudah terlihat keemasan. Perkedel jagung ini bisa kamu santap bersama cabe rawit atau saus pedas.

3Perkedel Jagung Panggang

cookpad.com

Perkedel panggang? Pastinya sudah terbayang kelezatan rasanya. Coba bikin sendiri yuk.

Pertama, sediakan bahan-bahan dasar berupa jagung muda yang sudah dipipil dan tepung terigu. Kemudian, siapkan bumbu-bumbunya, yaitu gula, merica, bawang putih, daun bawang, dan daun seledri.

Sekarang, kamu mulai prosesnya dengan memarut jagung muda. Selanjutnya, haluskan bawang putih, garam, dan merica.

Kalau sudah siap semua, campurkan bumbu halus, jagung parut, tepung terigu, daun bawang, dan seledri menjadi satu adonan. Aduk-aduk hingga bumbunya meresap ke seluruh bagian adonan.

bbystories.blogspot.com
bbystories.blogspot.com

Masaklah adonan tersebut di teflon tanpa memakai minyak dengan ukuran sesuai keinginanmu. Sama dengan menggoreng dengan minyak, ketika warnanya sudah keemasan, angkat dan tiriskan.

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba ya, guys!