Perkedel kentang adalah makanan yang unik. Meskipun kandungan utama dari kentang adalah karbohidrat, namun perkedel kentang dianggap sebagai lauk.

Perkedel kentang merupakan lauk yang disukai semua kalangan. Harga dari bahan-bahannya yang tidak terlalu mahal, membuat perkedel kentang mampu di jangkau ketika dihidangkan di warteg atau warung makan sederhana.

Perkedel kentang biasanya dimakan bersama nasi kuning, sayur bayam bening, dan sop ayam. Kamu dapat menjadikan perkedel kentang sebagai sajian lauk murah meriah selain tahu dan tempe.

dapuraliffa.blogspot.com
dapuraliffa.blogspot.com

Cara membuat perkedel kentang sangat mudah. Tak memerlukan bahan dan bumbu spesial. Hampir semua bahan tersedia di dapur bunda pada umumnya.

Bunda dapat menambahkan daging sapi ke dalam perkedel kentang sehingga memperkaya kandungan protein. Daging dengan bakso, sosis, maupun daging ayam.

Jika menginginkan perkedel kentang lebih kaya vitamin, tambahkan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung. Agar tidak penasaran, berikut ini resep perkedel kentang sayur hijau yang menendang lidah.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.atikofianti.wordpress.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan di antaranya 500 gram kentang, 150 gram daging sapi, 1 siung bawang merah, 1 butir telur, ¼ sendok teh merica bubuk, ¼ sendok teh pala bubuk, 1 batang daun seledri, dan ½ sendok teh garam.

theriathings.blogspot.com
theriathings.blogspot.com

Tambahkan bayam sebagai sayuran hijau. Potonglah bayam dan seledri sampai lembut dan kecil-kecil.

Jangan lupa siapkan juga minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kentang dan perkedel kentang.

Sebelumnya rebuslah daging sapi sampai teksturnya empuk. Jangan membuang air rebusan daging sapi. Kamu dapat menggunakan kuah rebusan daging sapi ini sebagai kaldu untuk memasak sop. Kemudian cincang daging sapi sampai kecil-kecil.

Agar lebih praktis kamu daging sapi dapat diganti dengan kornet instan yang di beli di swalayan.

2Haluskan Kentang Goreng

www.resep-mudahenak.blogspot.com

Kupaslah kentang kemudian cucilah dengan air bersih. Kemudian potonglah kentang sehingga sehingga memudahkan proses selanjutnya. Gorenglah kentang sampai berubah warna dan teksturnya empuk.

Sementara itu bumbu-bumbu seperti bawang merah, garam, pala bubuk, dan merica bubuk dihaluskan dengan menggunakan cobek.

Kentang yang sudah matang diangkat dan ditiriskan. Haluskan kentang saat masih dalam kondisi panas.

Di mangkuk lain, pecahkan telur ayam dan pisahkan antara kuning telur dan putih telur.

Setelah semua kentang sudah selesai dihaluskan, tambahkan dengan bumbu yang telah dihaluskan. Jangan lupa tambahkan daging sapi cincang, kuning telur, dan sayuran hijau yang ke dalam adonan.

Campurkan dengan tangan langsung. Gunakan sarung tangan plastik agar lebih higienis. Jika tidak menggunakan sarung tangan, jangan lupa cuci tangan sebelum mencampur adonan.

3Bentuklah Adonan

riniivan.wordpress.com

Setelah adonan sudah tercampur rata, bentuklah adonan menjadi bulat-bulat pipih seperti bentuk perkedel pada umumnya.

Celupkan perkedel kentang ke dalam putih telur. Kemudian gorenglah pada minyak panas sampai berubah warna kemudian tiriskan.

Alasi piring dengan tisu makan untuk menyerap minyak perkedel kentang setelah di goreng. Jangan gunakan kertas koran seperti ibu-ibu pada umumnya. Tinta koran mengandung timbal yang dapat berbahaya pada kesehatan.

4Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.santeaja.com

Sajikan perkedel kentang sayur hijau sebagai lauk makan siang. Jika kamu menginginkan perkedel ketang sayur hijau sebagai camilan untuk menemani obrolan sore bersama keluarga, sajikan bersama saus tomat.

Selain lebih irit, memasak perkedel kentang sendiri lebih menjamin higienitas dan kualitas bahan-bahan yang akan digunakan. Bunda dapat memastikan minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng perkedel kentang dalam kondisi bagus.

Meskipun sedikit merepotkan, memasak perkedel kentang sendiri adalah salah satu bukti tanda cinta bunda terhadap keluarga.

SHARE