Pisang ijo atau dalam bahasa Indonesia artinya pisang hijau. Bukan berarti daging buah pisang yang berwarna hijau lho guys. Tetapi, pisang ijo adalah salah satu olahan khas yang sangat terkenal di Kota Makasar sana.

Pisang ijo biasa diolah untuk menjadi es yang begitu menyegarkan. Wahh, pas banget tuh buat dikonsumsi saat cuaca sedang panas-panasnya. Selain itu, pisang ijo juga bisa jadi makanan pengganjal perut yang sedang kelaparan.

Nah, berikut ini adalah resep dan cara membuat pisang ijo sampai dengan menjadi es pisang ijo yang menyegarkan khas Makasar.

1Membuat Pisang Ijo

vleopos.blogspot.com

Tentunya, sebelum kamu membuat es pisang ijo, kamu harus memiliki bahan utamanya terlebih dahulu, yakni pisang ijo itu sendiri. Cara membuatnya yang mudah akan selesai dalam waktu yang singkat kok.

Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat pisang ijo, seperti 4 buah pisang raja yang sudah tua kemudian di kukus, 100 ml air putih, 50 gram gula pasir, 10 lembar daun suji, 10 lembar daun pandan, daun pisang secukupnya.

www.sunpride.co.id
www.sunpride.co.id

Siapkan juga 400 ml santan, 1/2 sendok teh garam halus, minyak goreng secukupnya, 350 gram tepung beras, dan es batu. Setelah bahan telah siap, maka bisa segera kamu buat pisang ijonya terlebih dahulu.

Pertama-tama, haluskan daun pandan serta daun suji yang sebelumnya telah dicuci sampai benar-benar bersih. Kamu bisa menumbuknya atau langsung saja dihaluskan dengan menggunakan blender yang telah ditambah sedikit air, ambil sarinya.

www.youtube.com
www.youtube.com

Setelah itu, siapkan sebuah wadah untuk mencampurkan tepung beras, gula, santan yang tidak terlalu kental atau encer, garam, dan sari daun suji serta pandan.

Masak dalam panci menggunakan api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga adonan matang dan mengental.

Apabila adonan sudah mengental, matikan api, angkat dan dinginkan. Lalu, ambil selembar daun pisang yang telah dibersihkan. Olesi daun pisang dengan minyak pada permukaannya.

www.youtube.com
www.youtube.com

Ambil dua hingga tiga sendok adonan tepung yang sudah dimasak tadi, kemudian pipihkan.

Letakkan pisang raja yang telah direbus di atas pipihan tepung dan tutup dengan adonan tepung kembali. Jika sudah, bungkus pisang sama seperti saat membuat lontong.

Buat hingga semua adonan tepung habis. Setelah itu, kukus hingga matang kurang lebih 30 menit. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan. Kemudian buka daun pisang dan simpan pisang ijo untuk membuat hidangan es yang menyegarkan.

2Membuat Bubur Sumsum

foodncrochet.wordpress.com

Es pisang ijo dibuat dengan menu pelengkap yang sudah tak asing lagi, yakni bubur sumsum. Kamu hanya perlu menyiapkan 100 gram gula pasir, 1 liter santan cair, 60 gram tepung beras. 1/2 sendok teh gula pasir dan satu lembar daun pandan.

Nah, bubur sumsum ini nantinya akan digunakan untuk menjadi saus kental di saat menikmati es pisang ijo. Cara membuatnya sangat mudah, siapkan sebuah panci. Kemudian campur semua bahan dalam panci tersebut.

Masak menggunakan api kecil sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan matang. Angkat dan dinginkan.

3Menyajikan Es Pisang Ijo

masteresep.com

Setelah membuat pisang ijo kukus dan juga saus yang berupa bubur sumsum, kamu perlu menyiapkan es batu dan sirup untuk digunakan dalam penyajian es pisang ijo agar lebih nikmat.

Ambil saja sebuah mangkuk, kemudian letakkan es batu di dasar mangkuk dan tata bubur sumsum di atasnya, kemudian letakkan irisan pisang ijo di atas bubur sumsum. Setelah itu siram dengan sirup sesuai rasa kamu inginkan.

Es pisang ijo pun sudah jadi dan siap untuk segera dihabiskan.