Sebagai orang tua, kita perlu pandai-pandai menyediakan makanan yang bergizi dan tentunya disukai oleh anak. Karena, kalau hanya bergizi namun anak tidak suka, maka anak pun akan menolak mentah-mentah makanan tersebut.

Oleh karena itu, para orang tua, terutama ibu, perlu mencoba memasak variasi makanan. Sehingga, makanan yang di luaran sana terkesan tidak sehat, menjadi layak dikonsumsi oleh putra-putri kita.

Bayangkan, betapa senangnya mereka mendapati bekal makan siangnya di sekolah adalah makanan favorit mereka, katakan saja makanan itu adalah pizza. Mereka pasti akan lahap ketika memakannya kan?

Jadi, yuk para orang tua, luangkan waktu barang sejenak belajar menyiapkan makanan buat anak-anak kita atau calon anak-anak kita kelak. Untuk itu, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari resep membuat pizza dulu, tentunya yang mudah membuatnya.

bundanya-maza.blogspot.com
bundanya-maza.blogspot.com

Biar kita bisa langsung mengaplikasikannya di dapur kita, langsung saja yuk kita lihat resep pizza teflon berikut ini.

1Sekilas tentang Pizza Teflon

tatitujiani.com

Resep pizza yang akan kita bahas di tulisan ini adalah resep pizza teflon. Kenapa namanya pizza teflon? Ini karena proses pematangan pizza-nya tidak menggunakan oven, melainkan teflon.

Jadi, karena hanya menggunakan teflon untuk mematangkan pizza, maka kita yang tidak punya oven di rumah pun bisa membuat pizza yang satu ini. Menarik dan berkesan mudah kan?

2Bahan Membuat Pizza Teflon

omakanan.blogspot.com

Sebelum kita membuat pizza teflon, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya. Dan ingat, saat membeli bahan, perhatikanlah tanggal kadaluarsa bahan. Kalau kadaluarsa, alih-alih mendapatkan makanan sehat, bisa-bisa anak kita keracunan.

Bahan untuk membuat pizza ini cukup sederhana. Bahannya terdiri dari 250 gram tepung terigu, 1 sdt ragi, 1 butir telur, 2 sendok minyak, dan setengah sdt garam.

dhanhost.com
dhanhost.com

Selain bahan-bahan di atas, kita pun perlu menyediakan bahan-bahan untuk toping pizzanya. Toping untuk pizza bisa variatif sih, tergantung selera. Namun yang pasti, kita perlu membuat semacam saos yang ditumis dengan bawang putih dan bawang bombay.

Jika kita tidak mau menggunakan saos buatan pabrik, kita bisa membuatnya sendiri lho. Tapi jika mau praktis, kita bisa pakai saos botol yang dijual di pasaran dengan kualitas.

Lalu, bahan untuk toping-nya apa saja? Kita bisa pakai keju mozarella, keju parut, sosis, bakso, ayam suwir, jamur, jagung manis, atau bahan lainnya. Kita bisa pilih sesuai selera keluarga kita.

3Cara Membuat Pizza Teflon

pizzaonestop.com

Pertama, kita perlu membuat adonan roti pizza-nya terlebih dahulu. Caranya campur semua bahan, mulai dari tepung terigu, telur, minyak, ragi, garam, dan bahan lainnya.

Setelah semua tercampur, aduk bahan sampai tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis. Adonan yang kalis adalah adonan yang sudah tidak lengket di tangan.

Setelah adonan kalis, langkah selanjutnya adalah membagi adonan menjadi beberapa bagian. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai adonan mengembang. Biarkan ragi bekerja untuk memfermentasi adonan.

diahdidi.com
diahdidi.com

Sambil menunggu adonan mengembang, maka kita bisa menyiapkan saos dan bahan-bahan untuk topingnya. Caranya, kita bisa menumis bahannya terlebih dahulu.

Jika adonan sudah mengembang dan toping sudah ditumis, maka langkah selanjutnya adalah meratakan adonan roti ke teflon, usahakan tidak terlalu tebal, agar matang merata.

dapoeryuyu.blogspot.com
dapoeryuyu.blogspot.com

Setelah itu tusuk-tusuk adonan menggunakan garpu, sebelum meletakkan saos dan topingnya. Hal ini dilakukan agar toping bisa meresap ke adonan.

Jika adonan sudah berbentuk pizza mentah, maka pizza pun siap untuk dimatangkan dengan cara dipanggang di atas teflon. Panggang dengan api kecil, jika sudah berwarna kecoklatan, itu tandanya pizza sudah matang.