Barangkali banyak yang mengira bahwa puding sama dengan agar-agar, namun sebenarnya berbeda. Jika kamu membuat agar-agar yang dikombinasikan dengan penambahan irisan buah, jadilah itu resep puding buah.

Maka yang disebut agar-agar sebenarnya adalah bahan dasar puding. Saat agar-agar dicampur berbagai bahan tambahan, berubahlah agar-agar itu menjadi puding. Nah, kalau kamu penasaran kamu bisa buat resep puding buah kreasimu sendiri.

1Pilih Resep Puding Buah Andalanmu

masakanlezat.com

Di luar negeri, puding buah dijadikan makanan penutup atau desert. Di Indonesia, puding bisa disajikan kapan saja dan dimana saja. Bahkan dijual bebas oleh pedagang keliling kampung.

Untuk membuat puding buah, tentu saja kamu membutuhkan buah sebagai bahan utama campuran agar-agar. Kamu punya banyak pilihan untuk melakukan kreasi campuran buah ke dalam puding kamu.

variousmedotme.wordpress.com
variousmedotme.wordpress.com

Kamu bisa mencampurkan buah dalam bentuk jus atau smoothie. Kamu bisa menambahkannya dalam bentuk potongan kecil-kecil buah segar. Atau kamu cukup menambahkannya dalam bentuk perasa buah.

Sebagai pengaya rasa puding buah kamu, kamu bisa menambahkan yoghurt, coklat, karamel, vanila, kelapa muda, gula merah, santan, bahkan tape ketan hitam sekalipun. Banyak yang bisa kamu kreasikan dengan bahan-bahan khas Indonesia.

2Bahan Umum

indonesian.alibaba.com

Kamu harus menyiapkan air putih matang kurang lebih 500 ml. Siapkan juga gula pasir sebanyak 200 gram, bisa juga dengan gula merah atau karamel yang akan menghasilkan puding dengan rona warna coklat kemerahan.

Tentu saja kamu harus siapkan bubuk agar-agar yang telah di jual bebas di minimarket atau supermarket. Jika kamu benar-benar ingin rasanya orisinil buatanmu sendiri, pilih bubuk agar dengan rasa dan warna netral atau bening.

Nah, penguat rasanya adalah berbagai bahan kreasi khusus yang kamu siapkan sendiri. Berupa buah dan berbagai bahan lainnya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Bagaimana? Campuran buah apa dan dalam bentuk seperti apa yang kamu pilih untuk resep puding buah andalanmu ini?

3Membuat Puding Buah Spesial

judithchoate.com

Pertama, masak terlebih dahulu bubuk agar-agar kamu ke dalam air yang telah dipanaskan. Tambahkan gula pasir atau gula merah atau karamel kurang lebih sebanyak 100 gram.

Nah, sekarang masukkan penguat rasa selain gula yang telah kamu pilih. Bisa susu cair, coklat cair, atau santan. Campurkan dan aduk hingga merata dan seluruh adonan puding tercampur sempurna.

jessicascakespot.wordpress.com
jessicascakespot.wordpress.com

Nah, jika telah mendidih, kamu harus matikan api kompornya dan campurkan tambahan buah kreasi kamu. Kamu bisa campurkan dengan jus buah yang kamu suka de dalam adonan puding.

Jus buah yang akan menghasilkan warna dan corak yang menggiurkan adalah jus buah naga. Kamu bisa tambahkan jus buah naga merah atau buah naga putih ke dalam adonan puding buah kamu.

sautefrynbake.com
sautefrynbake.com

Cara lainnya, kamu bisa membuat puding dua lapis dengan potongan buah yang seolah mengambang di tengah-tengah. Tuang adonan puding tanpa buah ke dalam loyang hingga setengah penuh.

Kemudian panaskan adonan puding sisanya hingga cukup panas. Matikan api dan masukkan potongan kecil buah ke dalam adonan puding. Aduk hingga acak dan merata. Tuangkan ke atas puding yang telah agak mengeras di loyang.

Buah yang dapat kamu tambahkan juga tidak harus satu jenis buah. Kamu bisa melakukan kombinasi potongan kecil buah stroberi, buah cherry, atau buah blueberry. Selamat mencoba membuat puding buah kreasi kamu ya.

SHARE