Puding adalah makanan manis yang menjadi andalan sebagai desert saat jamuan makan malam. Rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut sangat pas di mulut setelah mengkonsumsi makanan berat sebagai menu utama.

Selain lezat, puding yang berasal dari agar-agar rumput laut ternyata juga memiliki manfaat memperlancar pencernaan. Oleh karena itu puding merupakan alternatif camilan sehat keluarga tercinta.

Terdapat banyak jenis puding diantaranya puding jagung, puding roti tawar, puding ketela, puding pisang, puding susu, dan lain-lain. Puding susu memiliki cita rasa yang istimewa. Susu sebagai bahan utama memberikan rasa yang lebih lezat.

Jika si kecil sulit untuk minum susu, puding susu merupakan alternatif mengolah susu agar menggoda selera si kecil. Selain itu, puding susu juga disukai oleh suami maupun anggota keluarga yang lainnya.

Saat berlibur dan berkumpul keluarga bukanlah momentum yang biasa. Setelah di hari aktif suami bekerja bahkan hingga lembur. Begitu juga dengan anak-anak yang sibuk dengan sekolah dan sederet les lainnya.

Tak ada salahnya merayakan momentum manis berkumpul bersama keluarga dengan memasak puding susu spesial. Puding susu lapis 2 warna akan semakin mempermanis tampilan puding susu.

Berikut ini resep puding susu lapis pelengkap memontum manis bersama keluarga.

1Siapkan Bahan-bahan

www.kreasidaribunda.blogspot.com

Bahan lapisan I diantaranya 400 ml susu cair, 1 bungkus agar-agar bubuk, 15 gram coklat bubuk, 3 putih telur, garam 1/8 sendok teh. Adapun gula pasir dapat disesuaikan selera. Puding yang terlalu manis juga kurang lezat dan tidak sehat.

Bahan lapisan II lebih sederhana. Bahan tersebut diantaranya 800 ml susu cair, 1 bungkus agar-agar bubuk, gula pasir sesuai selera, 1 kuning telur, serta pasta vanila 1/4 sendok teh.

2Buatlah Lapisan Pertama

www.littlealchemistgroup.blogspot.com

Pertama susu cair, setengah gula pasir, agar-agar bubuk, dan coklat bubuk di rebus sampai mendidih. Jangan lupa sembari menunggu mendidih, diaduk dengan menggunakan api kecil.

Di tempat lain kocoklah putih telur dan garam sampai mengembang. Kemudian tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sampai tercampur merata.

Masukan adonan kocokan putih telur ke dalam panci. Aduklah sampai merata dengan api yang kecil. Masukan ke dalam cetakan yang sebelumnya di basahi air sampai setengah bagian. Biarkan sampai setengah beku.

3Buatlah Lapisan Kedua

www.littlealchemistgroup.blogspot.com

Rebuslah susu cair, agar-agar bubuk, dan gula pasir sampai mendidih kemudian matikan api. Ambilah sedikit adonan ke dalam wadah berbeda. Tambahkan kuning telur kemudian aduk sampai merata.

Masukan adonan ke dalam panci untuk kembali di aduk sampai merata. Supaya menjadi lebih sedap tambahkan pasta vanila. Setelah tercampur, tuangkan kedalam cetakan yang telah berisi lapisan puding pertama.

4Masukan Kulkas Agar Mengeras

Masukan puding yang belum mengeras ke dalam kulkas agar cepat membeku. Kamu dapat menggunakan berbagai macam bentuk cetakan yang disukai anak-anak.

www.tokolestari.net
www.tokolestari.net

Cetakan tersebut ada yang berbentuk bintang, boneka kesukaan anak, dan lain-lain.

5Sajikan untuk Keluarga

www.berbagairesep.com

Keluarkan puding dari dalam cetakan. Agar lebih menarik tambahkan serutan keju dan buah ceri atau stroberi.

Penambahan bahan-bahan tersebut juga memberikan tambahan nilai gizi. Selain itu buah ceri dan stroberi menambah cita rasa puding coklat menjadi sedikit asam. Sedangkan keju memberikan cita rasa asin.

Resep diatas merupakan resep puding 2 warna coklat dan putih. Warna coklat berasal dari coklat bubuk. Kamu dapat memvariasikan warna puding dengan menggantinya dengan pewarna makanan seperti merah, hijau, dan kuning.

Sangat mudah bukan cara membuat puding susu lapis 2 warna? Kamu dapat menghidangkan saat berkumpul keluarga sembari berbagi cerita.

SHARE