Siapa tak kenal putu ayu? Jajanan pasar satu ini mudah dijumpai di pagi hari bersama kue-kue tradisional lainnya. Rasanya yang manis dan lembut membuatnya masih bertahan di tengah gempuran makanan modern.

Kue ini biasanya berbentuk bunga dengan warna hijau dan toping parutan kelapa.

Namun, sayangnya sering kali dijumpai putu ayu dengan pemanis buatan. Bagi kamu yang sensitif akan terasa perbedaannya. Kebersihan dan kesehatan selama pembuatan juga tidak bisa dijamin.

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Akan lebih aman jika kamu membuat putu ayu sendiri untuk keluarga tercinta. Meskipun bentuknya rumit, namun membuat kue putu ayu sebenarnya tidak terlalu rumit.

www.aktifistri77.wordpress.com
www.aktifistri77.wordpress.com

Seperti halnya kue-kue tradisional lainnya, membuat kue putu ayu tak membutuhkan alat dan bahan yang sulit. Alat dan bahan dapat dengan mudah dijumpai di sekitar kita.

Berikut ini resep putu ayu manis dan lembut.

1Sediakan Bahan-Bahan

www.drunnawannafree.wordpress.com

Bahan-bahan yang disiapkan 200 gram tepung terigu, 200 gram gula pasir, 1 sendok teh cake emulsifier, 200 ml santan kelapa kental, 2 butir telur ayam kampung, ½ sendok teh garam, air perasan daun suji, dan kelapa parut.

Sebaiknya gunakan kelapa yang muda dan tidak terlalu tua. Rasanya akan lebih enak dan lembut. Agar aroma kue putu lebih harum, tambahkan juga daun pandan. Tumbuklah daun pandan kemudian peras air daun pandan.

2Campur Adonan

www.youtube.com

Langkah pertama campurkan gula pasir, cake emulsifier, dan telur ayam. Kocok adonan tersebut sampai mengembang. Kemudian tambahkan tepung terigu dan santan kelapa secara bertahap sambil terus dikocok.

Jika semua adonan sudah tercampur, tambahkan air perasan daun suji dan air perasan daun pandan. Jika sulit mendapatkan daun suji, kamu dapat menggantinya dengan pewarna makanan buatan.

Begitu juga dengan air perasan daun pandan dapat digantikan dengan vanili.

Siapkan cetakan putu ayu sesuai bentuk yang diinginkan. Olesi mentega pada cetakan. Kemudian masukan parutan kelapa ke dalam cetakan yang paling ujung. Tekan parutan kelapa ini hingga sedikit memadat.

Apabila parutan kelapa kurang memadat maka dikhawatirkan hasil akhir dari kue putu ayu kurang maksimal. Selanjutnya masukan adonan putu ayu ke dalam cetakan sampai ¾ bagian.

Masukan semua adonan ke dalam cetakan kue putu ayu untuk kemudian dikukus.

3Kukus

www.edu4bali.wordpress.com

Panaskan kukusan dengan api sedang. Setelah kukusan panas, masukan adonan kue putu ayu yang telah dimasukan ke dalam cetakan. Kukus selama kurang lebih 20 menit.

Saat mengukus jangan menggunakan api yang terlalu besar. Hal ini dimaksudkan agar putu ayu tidak terlalu cepat mengembang dan kemudian pecah. Gunakan api yang sedang saja sehingga lebih aman bagi pemula.

Setelah semua putu ayu matang, angkat dari kukusan. Keluarkan dari cetakan dan putu ayu siap disajikan untuk keluarga tercinta. Sajikan bersama teh hangat untuk menemani quality time bersama suami dan anak-anak.

www.youtube.com
www.youtube.com

Sangat mudah bukan membuat kue putu ayu? Jika dalam percobaan pertama tidak berhasil jangan mudah putus asa.

Karena mengandung kelapa, maka kue putu ayu tidak dapat disimpan terlalu lama. Namun jika kamu menyimpannya di dalam kulkas akan lebih lama.

Kamu juga dapat menyajikan putu ayu jika ada acara kumpul keluarga, pengajian, atau rapat ibu-ibu PKK. Kue putu ayu aman dikonsumsi semua usia. Baik anak-anak sampai orang tua.

Kita sebagai generasi muda juga perlu menjaga kelestarian kue yang berasal dari tanah Jawa ini agar tidak tergerus oleh zaman.

SHARE