Kalau kue lidah kucing, pasti kamu sudah pernah mencicipinya. Apalagi kalau pas hari raya, makanan ini selalu tersaji di meja tamu. Tapi kalau kue lidah kucing di-mix dengan rainbow cake atau kue pelangi, gimana ya?

Jadilah satu sajian baru yang dinamakan kue lidah kucing rainbow. Teksturnya seperti kue lidah kucing, namun rupa dan warnanya lebih mirip dengan rainbow cake.

Boleh dibilang ini perpaduan dari dua negara. Kue lidah kucing yang berasal dari Belanda atau nama lainnya Katte Tong. Sedangkan rainbow cake pertama kali muncul idenya dari seorang wanita Amerika bernama Kaitlin Flannery.

Keduanya masuk ke Indonesia, dan dipadu dengan apik menjadi bagian dalam kuliner nusantara.

Kue lidah kucing rainbow, selain rasanya renyah, perpaduan warna pelangi yang indah dan menarik ini pasti akan membuat anak-anak suka.

Bagi kamu yang mencoba membuat sendiri kue ini, telah kita siapkan resep membuat kue lidah kucing dengan rinci dan mudah. Selamat mencoba!

Resep Kue Lidah Kucing Rainbow

Bahan-Bahan:

  • Seperti cake pada umumnya, bahan utama yang digunakan adalah 250 gram tepung Terigu. Gunakan tepung yang mempunyai kadar protein sedang.
  • Susu Bubuk Full Cream sebanyak 25 gram. Kamu bisa menggunakan produk ternama supaya hasilnya lebih renyah dan enak.
  • Mentega kurang lebih sebanyak 150 gram.
  • Margarin kurang lebih sebanyak 150 gram.
  • Vanila halus atau bubuk sebanyak setengah sendok kecil.
  • Gula halus atau bubuk sebanyak 175 gram.
  • Garam dapur halus yang mempunyai kadar yodium cukup sebanyak seperempat sendok teh atau sendok kecil.
  • Telur Ayam sebanyak 2 butir ukuran agak besar. Pecahkan dan ambil 2 buah kuning telurnya dan kurang lebih 100 ml bagian putih telurnya.
  • Pewarna makanan sesuai selera. Untuk hasil yang terbaik, gunakan pewarna makanan pasta yang terbuat dari bahan alam dan siapkan 6 macam warna.

Cara Mudah Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow

Pertama-tama siapkan satu wadah buat adonan yang ukurannya cukup besar. Masukkan gula halus secukupnya, vanila bubuk secukupnya, garam, juga 150 gram margarin, dan mentega. Aduk semua bahan sampai rata.

youtube.com
youtube.com

Tambahkan 2 buah kuning telurnya dan kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Lakukan sebentar sampai adonan berwarna keputihan dan mengembang.

Masukkan tepung terigu protein sedang ke dalam adonan. Aduk kembali sampai rata (tidak perlu di-mixer lagi).

tokopedia.com

Masukkan 25 gram susu full cream-nya dan aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata. Masukkan putih telurnya. Aduk kembali pelan-pelan dan pastikan semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalannya.

Pisahkan adonan menjadi 5 atau 6 bagian (tergantung warna yang akan di gunakan). Masukkan pasta warna makanan dan campur dengan adonan sampai warnanya merata.

youtube.com
youtube.com

Masukkan masing masing adonan lidah kucing pelangi yang sudah berwarna ke dalam semprotan kue atau plastik segitiga dengan ujung yang sudah dipotong selebar 1 cm.

youtube.com
youtube.com

Siapkan loyang cetakan kuenya. Olesi tipis dengan mentega dan semprot sedikit ke enam bagian adonan warnanya sehingga membentuk seperti warna pelangi. Ulangi sampai semua adonan habis.

youtube.com
youtube.com

Siapkan oven dengan api sedang dan panaskan sampai mencapai suhu kurang lebih 150 derajat sampai 160 derajat. Masukkan cetakan lidah kucing rainbow nya dan tunggu sampai agak matang atau kurang lebih selama 12 sampai 14 menit.

Setelah agak matang, kecilkan api dan suhu oven nya ke suhu 105 derajat dan panggang lagi sampai kue menjadi kering dan matang sempurna.

youtube.com
youtube.com

Diamkan dulu sampai dingin sebelum dimasukkan ke dalam toples. Supaya kerenyahan kue bertahan lama, sebaiknya menggunakan toples yang kedap udara.