Indonesia memang sangat kaya sekali dengan masakan nusantara yang sangat beraneka ragam. Dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia punya ciri khas masing-masing makanan daerahnya.

Bahkan hanya untuk di Pulau Jawa saja ada banyak sekali jenis makanan yang ciri khasnya akan berbeda tiap daerah. Ciri khas makanan tiap daerah berbeda bisa tergantung budaya masyarakatnya atau karena pengaruh dari luar.

Misalnya daerah Jawa Barat dengan Suku Sunda yang terkenal dengan makanan lalapan daun segar yang alami. Jawa Tengah dan Jawa Timur terkenal dengan masakan daging berkuah panas.

Kalau kamu suka masakan dengan bahan daging sapi, mungkin nasi rawon bisa kamu coba. Resep rawon sangat khas Indonesia, dikatakan demikian karena banyak menggunakan rempah-rempah khas Indonesia.

Mau tau bagaimana membuat rawon yang enak? Berikut resep rawon yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

1Siapkan Bahan yang Diperlukan

vikybahagia.com

Bahan utama dalam resep rawon tentu saja daging sapi. Siapkan daging sapi 600 gram kemudian iris dadu. Irisan daging sebaiknya tidak terlalu tebal. Hal supaya daging lebih cepat lunak.

nouvalku.blogspot.com
nouvalku.blogspot.com

Untuk bahan lainnya yaitu 3 batang sereh yang dimemarkan, 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, lengkuas, kecambah, minyak goreng, garam, dan air. Kecambah atau tauge yang digunakan biasanya adalah yang pendek.

2Bumbu Halus

kumpulandaftarharga.blogspot.co.id

Bahan bahan yang dijadikan dalam bumbu halus untuk resep rawon cukup banyak karena memang ciri khas masakan Indonesia menggunakan banyak bumbu rempah-rempah.

kaskus.co.id
kaskus.co.id

Untuk bumbu halus siapkan 5 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 buah kluwek ambil bijinya saja, 2 batang daun bawang, jahe, kunyit, ketumbar, 3 buah kemiri, 5 cabai merah, asam jawa, dan garam secukupnya.

Bumbu bumbu ini kemudian dihaluskan. Untuk menghaluskan kamu bisa menggunakan blender agar lebih praktis. Namun menurut beberapa orang, menghaluskan bumbu dengan diulek pada cobek rasanya akan lebih enak.

3Langkah untuk Membuat Resep Rawon

dhesiana.wordpress.com

Sebelum memulai membuat rawon pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan semua bahan. Cuci bersih daging sapi dan semua bahan lainnya. Kemudian potong daging sapi sesuai selera. Usahakan jangan terlalu tebal.

Rebus air sampai air sampai mendidih, kemudian masukkan daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas yang sudah digeprek. Kemudian masukkan juga daging sapi yang sudah dipotong tadi. Masak hingga daging menjadi empuk.

Kemudian haluskan bahan bumbu halus yang sudah disiapkan. Untuk membuatnya menjadi lebih halus kamu bisa menggunakan blender. Meskipun beberapa orang mengatakan menggunakan diulek dengan cobek lebih enak.

Siapkan wajan dan tuang minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak goreng lalu masukkan bumbu halus. Tumis bumbu bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum kemudian angkat dan sisihkan.

Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis ke dalam rebusan daging. Aduk sampai tercampur rata dengan air dan daging. Tambahkan sedikit gula dan garam secukupnya untuk menambah rasa.

Setelah daging dirasa empuk dan bumbu sudah meresap maka rawon sudah siap untuk dihidangkan. Angkat rawon dan sajikan dalam mangkuk.

4Penyajian Rawon

culturenesia.com

Pada saat penyajian bisa ditambahkan potongan telur asin dan kerupuk. Namun, jangan lupa menambahkan nasi pada menu makan. Karena orang Indonesia belum bisa dikatakan makan jika tanpa nasi.

Tambahan untuk penyajian yang lainnya yaitu tauge atau kecambah dan juga irisan tomat. Jika kamu suka masakan yang pedas maka sangat cocok untuk ditambahkan sambal tomat.