Rumah makan Padang adalah bisnis rumah makan yang menjamur tak hanya di tanah asalnya, namun hampir seluruh wilayah Indonesia. Di ibu kota misalnya, rumah makan yang menjadi favorit adalah warung tegal (warteg) dan rumah makan Padang.

Jika kamu suka makan siang di rumah makan Padang pasti tak asing dengan rendang. Rendang adalah olahan daging dengan rasa gurih sekaligus pedas.

Beberapa orang enggan memasak olahan daging karena teksturnya yang liat. Bunda dapat mengatasi masalah ini dengan 2 cara mudah.

www.layalli.wordpress.com
www.layalli.wordpress.com

Cara pertama dengan membungkus irisan daging sapi menggunakan pepaya. Daun pepaya banyak mengandung enzim papain. Enzim ini memecah protein daging sehingga daging menjadi lebih empuk. Bungkuslah daging selama 30 menit.

Cara kedua dengan buah nanas. Buah nanas terutama yang masih muda banyak mengandung enzim bromelin. Sama halnya dengan enzim papain, enzim bromelin juga memecah protein dalam daging.

Sebelumnya kupaslah buah nanas muda. Kemudian parut buah nanas muda untuk kemudian dilumurkan pada daging. Biarkan selama kurang lebih 1 jam. Memang lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan daun pepaya.

Sebenarnya cara memasak rendang tidak sulit. Hanya perlu ketelatenan dan kesabaran saat memasaknya. Berikut ini resep rendang daging lezat dan menendang lidah.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.dailycookingquest.com

Bahan utama membuat rendang adalah daging Sapi sebanyak 1,5 Kg. Gunakan daging sapi yang sudah diperlakukan dengan daun pepaya atau nanas muda.

Kemudian siapkan 1 batang serai,1 lembar daun kunyit, 12 gelas santan, 2 biji asam kandis, garam secukupnya, 2 lembar daun jeruk purut, 6 siung bawang putih, 5 buah kemiri, 1 ons cabe merah, 2 cm jahe, 15 siung bawang merah, dan 3 cm laos.

Agar lebih mantap, siapkan juga bawang goreng sebagai taburan saat akan menyantapnya.

2Haluskan Bumbu-Bumbu

www.dapurnyasibohay.wordpress.com

Beberapa bumbu yang perlu dihaluskan diantaranya bawang putih, kemiri, cabe merah, jahe, dan bawang merah. Adapun jumlah cabe yang akan digunakan dapat menyesuaikan seleramu.

Akan lebih lezat jika laos di geprek terlebih dahulu.

3Masaklah Rendang Daging

www.arieskitchen.net

Langkah pertama potonglah daging sapi menjadi kecil-kecil. Jangan memotong terlalu besar karena bumbu akan sulit meresap dan proses pematangan rendang lebih lama.

Rebus setengah santan bersama bumbu halus dengan api kecil. Setelah beberapa lama masukan asam kandis, serai, kunyit, dan daun jeruk. Aduk terus dan jangan sampai santan pecah karena kelezatannya akan berkurang.

Agar santan tidak pecah aduklah dengan perlahan dan api kecil. Setelah santan mendidih masukan irisan daging sapi sambil sesekali di aduk. Jika santan sudah mengental, tambahkan setengah santan yang tersisa.

Masaklah tetap dengan api kecil sambil terus di aduk. Jika sudah matang, matikan kompor.

4Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.resepasia.com

Untuk bunda yang harus bekerja di luar setiap hari, memasak rendang daging dalam porsi yang banyak menjadi pilihan persediaan lauk selama beberapa hari. Bunda dapat menyimpannya pada wadah yang kedap udara seperti toples.

Panaskan sebentar saat akan di santap bersama keluarga. Rendang akan lebih nikmat jika di taburi dengan bawang goreng.

Tak sulit bukan memasak rendang?

www.singapore261.rssing.com
www.singapore261.rssing.com

Untuk anggota keluarga yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi rendang daging. Mengkonsumsinya sesekali tidak masalah, namun jangan terlalu sering.

Bunda yang kreatif dapat mengganti daging sapi dengan tempe. Sehingga bukan rendang daging sapi, namun rendang tempe. Meskipun sama-sama menggunakan santan.

Namun, setidaknya dapat mengurangi dampak buruk dari daging yang digunakan serta dapat mengobati kerinduan penderita kolesterol terhadap rendang.

SHARE