aziejaya.blogspot.com

Save Yuk! Resep Rendang Padang

Posted on

Indonesia kaya dengan aneka jenis rempah-rempah dan dengan kekayaan inilah, maka tidak heran jika kita temukan banyak masakan Indonesia yang kaya akan bumbu juga.

ceritaperut.com
ceritaperut.com

Tidak hanya kekayaan akan bumbu yang kita temui pada masakan-masakan Indonesia. Jenis-jenis makanannya pun jadi beraneka macam, walaupun bahan dasarnya sama. Misalnya saja daging yang bisa diolah menjadi macam-macam masakan.

rempahkita.com
rempahkita.com

Salah satu jenis olahan daging yang paling terkenal di nusantara adalah rendang. Makanan ini sangat disenangi oleh banyak kalangan, baik itu oleh orang dari daerah asal makanan ini maupun orang di dari daerah lainnya.

Apakah kamu juga menyukai rendang? Jika kamu suka rendang, mungkin akan menyenangkan bila kamu bisa membuat rendang itu sendiri. Tapi bagaimana ya caranya membuat rendang? Kita lihat di sini yuk!

Bahan dan Bumbu Membuat Rendang

duniamasakblog.wordpress.com
duniamasakblog.wordpress.com

Untuk membuat rendang, maka kita perlu menyiapkan bahan-bahan dan bumbunya terlebih dahulu. Bahan membuat rendang terdiri dari daging sapi, daun kunyit, daun jeruk, serai, pekak, kelapa parut, santan, dan minyak goreng.

Selain itu, kita pun perlu menyediakan bumbu-bumbu lainnya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kemiri, jinten, ketumbar, kunyit, jahe, dan garam.

Agar Daging Cepat Empuk Ketika Dimasak

sehatfresh.com
sehatfresh.com

Sebelum kita masuk ke cara pengolahan daging, maka sebelumnya kita perlu membahas cara untuk membuat daging cepat empuk ketika dimasak. Sehingga kita tidak butuh waktu lama dan tidak menghabiskan banyak gas.

Bagaimana cara supaya daging cepat empuk ketika dimasak? Ada beragam cara bisa kita lakukan sebenarnya, antara lain dengan membalur daging dengan buah nanas muda.

Kok bisa ya menggunakan nanas muda dagingnya cepat empuk? Karena nanas muda mengandung enzim bromelin yang cukup ampuh mengurai daging sapi atau daging-daging yang lainnya. Oiya, setelah dibalur dengan nanas, diamkan dulu daging selama kurang lebih 20 menit.

Selain membalur daging dengan nanas muda, kita pun bisa memipihkan daging terlebih dahulu sebelum dimasak. Kalau tadi pekerjaan enzim, kalau cara yang satu ini membutuhkan tenaga manusia.

akuratpost.com
akuratpost.com

Selain menggunakan nanas dan dipipihkan, cara yang ketiga adalah membalut daging yang akan direbus dengan daun pepaya. Sepertinya cukup praktis cara yang satu ini?

Sebelum dibalut, bisa juga kita menambahkan bumbu-bumbu agar meresap ke dalam daging, karena setelah ini kita perlu menunggu 45 menit sampai daging siap dimasak.

Cara Memasak Rendang

talk2me-ibuaries.blogspot.com
talk2me-ibuaries.blogspot.com

Sebelum memasak rendang, yang pasti perlu kita siapkan adalah tenaga, karena untuk menghasilkan rendang yang benar-benar kering dan empuk, maka kita membutuhkan waktu yang cukup lama.

Setelah tenaga kita siapkan, maka langkah selanjutnya adalah menghaluskan semua bumbu. Jika bumbu telah halus, maka kita bisa menumisnya dengan minyak panas. Lalu,  tambahkan daun kunyit, daun jeruk, serai, dan pekak hingga harum.

Kemudian, setelah bumbunya harum, langkah selanjutnya adalah memasukkan daging ke dalam bumbu, usahakan untuk meratakan daging ke bumbu yang sudah ditumis tadi. Lalu aduk daging hingga berubah warna.

Jika daging sudah berubah warna, maka langkah berikutnya adalah memasukkan santan dan memasukkan kelapa parut yang sudah disangrai. Selanjutnya, masak dengan api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih.

Apabila santan dan bumbu tadi sudah terlihat mendidih, maka kita kecilkan api untuk mematangkan daging. Jika daging sudah berwarna kecoklatan dan mulai terlihat minyak dibumbunya, maka itu tanda rendangnya sudah matang.

Jika sudah matang, maka kita bisa mematikan api dan menyajikan rendang buatan kita untuk keluarga. Selain itu, kita pun bisa menyimpan sebagian dari rendangnya untuk dimakan keesokan hari.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *