Beberapa orang malas mencoba memasak olahan roti. Hal ini dikarenakan membuat roti membutuhkan peralatan-peralatan seperti mixer dan oven.

Alhasil bunda yang tidak begitu banyak koleksi alat-alat memasak lebih memilih membeli roti. Padahal membuat makanan sendiri akan memberikan rasa yang berbeda terhadap keluarga tercinta.

Terlebih saat liburan sekolah dimana anak-anak memiliki banyak waktu luang. Bunda dapat memanfaatkan momentum ini sebagai quality time bersama suami dan anak-anak.

Quality time akan lebih lengkap ditemani teh hangat dan roti buatan bunda. Roti goreng misalnya dapat menjadi alternatif teman teh hangat. Membuat roti goreng tak memerlukan mixer dan oven.

Roti goreng adalah makanan khas Indonesia. Rasanya gurih namun juga manis dari isi roti. Teksturnya lembut namun juga padat.

Di daerah Jawa Barat roti goreng ini disebut sebagai roti bantal karena bentuknya seperti bantal. Namun, di daerah Jawa Tengah disebut roti bolang baling. Sedangkan di Jawa Timur disebut sebagai odading.

Berikut ini resep roti goreng mudah dimana bunda pasti bisa membuatnya.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.semutabuabu.wordpress.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya tepung terigu 250 gram, telur ayam 1 butir, ragi instan 1 sendok teh, gula pasir 50 gram, margarin 30 gram, susu bubuk 1 sendok makan, garam ½ sendok teh, serta air mineral 80 cc.

Untuk isi roti dapat digunakan meses coklat, selai strawberry, kacang hijau, dan selai rasa buah lainnya. Agar lebih lezat siapkan tepung roti untuk menyelimuti roti goreng. Siapkan juga minyak goreng untuk menggoreng roti.

2Buatlah Adonan

www.mymedinamecca.wordpress.com

Masukan tepung terigu, ragi, telur ayam, gula, garam, dan susu ke dalam satu wadah besar. Aduk semua bahan sampai merata. Kamu dapat mengaduknya langsung dengan tangan yang menggunakan sarung tangan plastik.

Jika tanpa sarung tangan plastik, jangan lupa mencuci tangan sebelum mengaduk adonan. Uleni adonan dengan menambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni sampai adonan benar-benar kalis.

Adapun tanda kalis adalah sudah tidak lengket di tangan saat di uleni.

3Biarkan Selama Proses Fermentasi

www.diahdidi.com

Adonan kemudian didiamkan selama kurang lebih 30 menit. Proses pendiaman ini bertujuan untuk memberikan waktu kepada mikroorganisme ragi melakukan fermentasi sehingga adonan menjadi lembut dan mengembang.

4Goreng

www.pratiwinia.wordpress.com

Setelah mengembang bentuklah adonan menjadi bulat-bulat atau bentuk lain yang kamu inginkan. Jangan lupa masukan meses coklat atau selai ke dalam adonan. Tutup kembali adonan sampai tertutup sempurna.

www.dentistvschef.wordpress.com
www.dentistvschef.wordpress.com

kemudian, celupkan adonan roti yang telah dibentuk kedalam kocokan telur, setelah itu lumuri dengan tepung roti. Selagi melumuri dengan tepung roti, panaskan wajan dengan minyak goreng.

Setelah minyak goreng panas, masukan adonan roti yang telah sempurna ke dalam penggorengan.

Apabila warna sudah berubah kecoklatan, angkatlah roti kemudian tiriskan. Alasi piring dengan tisu atau kertas roti untuk menyerap minyak goreng sisa penggorengan.

5Hidangkan untuk Keluarga Tercinta

www.dazstory.wordpress.com

Sajikan roti goreng pada piring kecil. Agar lebih menarik lumuri dengan susu kental manis dan potongan buah strawberry. Sajikan bersama teh hangat atau susu hangat.

Roti goreng juga dapat dengan mudah di beli di pedagang-pedagang pinggir jalan. Namun, membuat roti goreng sendiri merupakan alternatif membuat jajanan anak yang sehat. Kita dapat mengontrol bahan-bahan roti yang digunakan.

Terlebih pedagang di pinggir jalan tidak terjamin kebersihannya. Lokasi penjualan di pinggir jalan sangat rentan dengan debu dan polusi dari kendaraan bermotor. Jadi korbankan sedikit waktu bunda demi kesehatan keluarga terutama anak-anak.

SHARE