Lelah bekerja, panas dalam perjalanan, pasti ingin sesuatu yang menyegarkan. Bukan sekedar menyegarkan, memakan salad buah juga akan menyehatkan tubuh karena kandungan vitamin yang beragam.

Indonesia memang kaya akan buah-buahan, hampir semua jenis buah yang ada di dunia cocok dan bisa ditanam di sini. Bahkan buah kurma yang hanya tumbuh di negeri arab mulai dibudidayakan di negeri kita.

Maka, tidaklah sulit menemukan aneka makanan dan minuman yang berasal dari buah-buahan. Paling mudah dan komplet untuk menikmati buah-buahan adalah membuat salad buah.

jualanekabuah.wordpress.com

Kamu juga bisa memilih buah apa saja yang menjadi kesukaanmu untuk diracik menjadi semangkuk salad buah. Nah, kali kita akan memilih buah yang paling cocok untuk dibuat menjadi salad buah.

Ketiga buah itu adalah nanas, apel, dan bengkuang, juga dengan tambahan sari kelapa. Berikut ini resep dan cara membuat salad buah yang mudah membuatnya, tapi ‘maknyus’ rasanya.

Cara Membuat Salad Buah

Bahan isi:

  • Apel
  • Stroberi
  • Nanas
  • Bengkuang
  • Sari Kelapa
  • Keju cedar
  • Kismis / raisin

Bahan Saus:

  • Yoghurt (murni/dengan rasa buah-buahan)
  • Mayones
  • Susu kental manis

Cara membuat:

Bahan utama yang kita pakai adalah apel, ada nanas, lalu ada stroberi. Ditambahkan bengkuang dan sari kelapa untuk salad buah ini. Keju cedar dan kismis (raisin) untuk taburan salad buah.

youtube.com
youtube.com

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat salad buah pastinya adalah mengupas seluruh buah yang menjadi bahan utama.

Bagaimana cara mengupas nanas yang baik, walaupun nanas sebenarnya adalah buah yang umum di Indonesia, tapi seringkali banyak yang nggak tahu cara mengupas yang baik.

Pertama kita harus membuang bagian yang tajam dari nanas, yaitu bagian yang dipakai sebagai benih. Berikutnya kita akan memotong bagian atas. Pastikan tangkai nanas tidak dipotong, karena untuk jadi pegangan buat kita memotong kulit nanas.

Kita harus mengupas kulit nanas cukup tebal, karena kita tentu tidak mau mengambil bagian hijau yang tidak enak rasanya.

agropustaka.com

Setelah dikupas masih ada bagian hijau atau yang disebut mata nanas, hilangkan dengan cara dikupas miring. Pastikan agar pisau cukup tajam agar mengupas mata nanas hasilnya lebih rapi.

Potong nanas menjadi 4 bagian memanjang untuk memudahkan membuang bagian tengah yang berwarna keputihan. Setelah itu potong nanas kecil-kecil.

youtube.com
youtube.com

Untuk bengkoang, mengupas kulitnya cukup mudah. Bengkoang dipotong kotak dadu, sama halnya dengan apel yang juga dipotong dadu.

Tapi pastikan jika kamu memotong apel, sebelumnya kamu harus menyiapkan mangkuk berisi air. Karena apel mudah sekali teroksidasi dengan udara dan akan membuat warna apel menjadi hitam.

Setelah selesai dikupas dadu, segera masukkan apel kedalam mangkuk berisi air. Berikutnya stroberi, buang bagian daun, dan kita potong menjadi 4 bagian.

obatsakit2011.blogspot.co

Berikutnya kita akan ajak kamu untuk membuat saus dari mayones yang akan dicampur dengan yoghurt, juga susu kental manis. Aduk sampai rata dan kental sausnya.

Campurkan buah yang sudah dipotong-potong tadi, buah apel, buah nanas, dan tentunya stroberi dalam satu wadah.

youtube.com
youtube.com

Kira-kira sendiri seberapa banyak porsi dan komposisi buah yang kamu campurkan. Kocok-kocok buah tersebut dengan cara diayak sampai tercampur rata.

Dan tentunya sentuhan terakhir adalah sari kelapa, aduk merata semua kembali. Taruh dalam gelas dalam gelas untuk penyajian. Lalu siram dengan saus mayones yang telah dicampur tadi.

Siram saus kira-kira dua sendok makan saja. Berikan keju kedalam gelas, dengan cara memarutnya langsung di atas gelas. Terakhir, taburan kismis atau raisin untuk menambah segar salad buah.

cookpad.com