www.resepmasakansederhana.info

Resep Sambal Terasi yang Bikin Ketagihan

Posted on

Saat harga daging sapi membumbung ke langit, tak begitu menjadi masalah untuk masyarakat. Namun jika harga cabai naik sangat tinggi, maka masyarakat harus kelimpungan menghadapinya.

Begitulah masyarakat Indonesia. Bahkan ada sebuah istilah yang mengatakan jika tidak menyukai pedas, maka bukan orang Indonesia. Makanan akan terasa hambar tanpa sambal yang membuat keringat mengucur deras.

Ada berbagai jenis sambal di Indonesia. Perbedaan terletak pada bahan-bahan yang digunakan sampai cara memasaknya. Salah satu jenis sambal yang disukai hampir seluruh suku di Indonesia adalah sambal terasi.

Sambal terasi sangat cocok menemani makanan berkuah sop dan soto. Begitu juga dengan lauk kering seperti ayam goreng dan ikan goreng. Dicocol dengan gorengan juga nikmat.

Bunda dapat membuat sambal terasi sendiri dengan level pedas disesuaikan selera keluarga. Selain itu membuat sambal terasi sendiri lebih terjaga kebersihan dan kesehatan saat memasaknya.

Cara membuat sambal terasi mudah dengan bahan-bahan yang juga mudah dijumpai. Berikut ini resep sambal terasi yang membuat ketagihan.

Siapkan Bahan-Bahan

www.okingwithmamamiyuki.wordpress.com
www.okingwithmamamiyuki.wordpress.com

Siapkan cabai sesuai selera keluargamu. Agar lebih sedap lengkapi jenis cabai yang digunakan seperti cabai merah, cabai rawit, dan cabai keriting. Cabai yang membuat pedas tentu saja cabai rawit.

Untuk porsi ini gunakan kurang lebih 7 buah cabai keriting, 10 buah cabai rawit, dan 2 buah cabai merah. Jika membuat sambal terasi dengan porsi besar sesuaikan juga jumlah bumbu yang digunakan.

Bumbu yang lain adalah 1 sendok teh air jeruk limau, 2 sendok teh gula merah, 3 sendok makan minyak goreng, 1 buah tomat yang sudah dipotong tipis, 2 sendok teh terasi, 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, dan ½ sendok teh garam.

Agar lebih sedap, sebelum digunakan terasi di bakar.

Kupas bawang merah dan bawang putih kemudian di potong kecil-kecil. Proses pemotongan dimaksudkan agar lebih mempermudah menguleg sambal.

Tumis Bahan-Bahan

www.bundamahes.wordpress.com
www.bundamahes.wordpress.com

Panaskan penggorengan dengan di tambah minyak goreng. Jika sudah panas tumislah bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomat. Goreng sampai semua layu.

Uleg Sampai Halus

www.inforesepsambal.xyz
www.inforesepsambal.xyz

Pindahkan ke dalam cobek kemudian uleg hingga setengah halus. Tambahkan terasi, gula merah, dan garam ke dalam cobek. Uleg sampai semua bahan benar-benar halus.

Terakhir tambahakan air jeruk limau agar lebih sedap. Uleg lagi sampai semua bahan menjadi halus.

Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.cookingholic.wordpress.com
www.cookingholic.wordpress.com

Agar lebih sedap sajikan untuk keluarga dengan tetap menggunakan cobek. Sajikan bersama sayuran dan lauk.

Beberapa bunda menginginkan cara yang praktis dan cepat dalam melembutkan sambal yaitu dengan menggunakan blender atau penggiling bumbu.

www.sybaritica.me
www.sybaritica.me

Namun, konon katanya rasa sambal yang di uleg dengan cobek lebih sedap dibandingkan dengan di blender menggunakan mesin. Sama halnya dengan memasak menggunakan tungku lebih lezat dibandingkan menggunakan kompor.

Ada juga sambal terasi versi mentah dimana cabai, bawang merah, dan bawang putih tidak di goreng sama sekali. Langsung di uleg dan di campur.

Sambal mentah tentu saja memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan sambal terasi matang. Ada beberapa orang yang tidak kuat sehingga sakit perut setelah mengonsumsi sambal terasi mentah ini.

Cara memasak sambal terasi yang terakhir adalah menyiramkan minyak panas langsung ke dalam cobek.

www.lasallefood.com
www.lasallefood.com

Mulai sekarang kurangi konsumsi saus kemasan yang banyak mengandung bahan kimia seperti penyedap, pewarna, dan pengawet. Buatlah sambal terasi rumahan untuk keluarga tercinta.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *