sambalarb.com

Aneka Resep Sambal yang Hanya Ada di Indonesia

Posted on

Indonesia terkenal akan keragaman budayanya, selain itu Indonesia pun terkenal dengan aneka masakannya, salah satunya adalah sambal. Dari jenis sambal saja, kita bisa menemukan aneka variannya dan keragaman seperti ini hanya ada di negeri kita.

partirenindonesie.com
partirenindonesie.com

Kalau sudah dengar kata sambal, tentunya otak kita sudah terasosiasi dengan rasa pedas, karena memang pada umumnya sambal berasa pedas.

Walaupun ada sambal yang tidak terlalu pedas, misalnya saja sambal kacang atau sambal kecap, karena masih ada rasa manisnya.

Sebenarnya di Indonesia ada sambal jenis apa saja sih? Untuk lebih lengkapnya, kita lihat ulasannya berikut ini yuk!

Sambal Kecap

indonesianculinary.tumblr.com
indonesianculinary.tumblr.com

Jika kamu tidak suka sambal yang terlalu pedas, mungkin kamu bisa coba sambal yang satu ini. Selain rasa pedas, kamu pun akan mendapatkan sensasi rasa manis, asam, dan manis saat memakan sambal ini.

Memangnya bahan untuk membuat sambal ini apa saja? Bahannya sederhana kok, dan nggak perlu dimasak. Bahan-bahannya terdiri dari irisan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, tomat, dan kecap.

Cara membuatnya bagaimana? Cara membuatnya gampang banget kok, kamu tinggal iris semua bahannya kemudian campur dengan kecap, sambal kecapnya jadi deh. Mudah kan cara buatnya.

Sambal Cabe Ijo

youtube.com
youtube.com

Kalau kamu yang suka makan di rumah makan padang pasti kenal sekali dengan makanan yang satu ini. Kenapa? Karena sambal yang disediakan di rumah makan padang adalah sambal jenis ini.

Sambal cabe ijo namanya, sambal ini memiliki rasa khas cabe ijo ditambah rasa gurih dari garam dan sedikit ikan teri yang kadang dicampur dengan sambal ijo ini. Selain rasanya yang enak, cara buatnya juga mudah.

Kita hanya perlu merebus dan menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabe hijau, tomat hijau, garam, dan gula. Jika ingin menambah rasa gurih, kamu bisa menambahkan ikan teri ke dalamnya.

Nah, setelah halus maka langkah selanjutnya adalah menumis sambal tersebut hingga harum. Wah! Mudah kan cara membuatnya. Orang-orang rumah pasti suka deh jika dibuatin sambal ini. Jadi berasa seperti di rumah makan padang.

Sambal Bawang

psychopath-diary.blogspot.com
psychopath-diary.blogspot.com

Sambal yang satu ini tidak kalah lezat dengan sambal-sambal yang lain. Cara membuatnya juga mudah, apalagi bahannya, sederhana banget deh. Bagaimana, kamu tertarik untuk buat nggak?

Kamu hanya perlu nyiapin cabe rawit merah, bawang putih, bawang merah, garam, dan gula, kemudian haluskan semua bahannya. Langkah terakhir kamu tinggal menumisnya sampai harum. Mudah kan?

Sambal Tomat

resep.live
resep.live

Dari namanya saja, kita sudah bisa membayangkan bahwa sambal ini adalah sambal yang segar. Soalnya ada tomat yang ditambahkan di dalam sambal ini. Tapi pada dasarnya, bahan untuk membuatnya mirip dengan sambal bawang.

Kalau pada sambal bawang kita menggunakan cabai rawit merah, di sambal tomat kita memakainya cabe merah besar saja, lalu bedanya di sambal tomat kita perlu menambahkan tomat dan terasi. Untuk cara membuatnya sama saja dengan sambal bawang.

Sambal Terasi

masakanlezat.com
masakanlezat.com

Wah, mendengar nama sambal terasi di sebut, tiba-tiba jadi berasa lapar. Sudah terbayang di lidah bagaimana rasa gurih dari terasinya. Untuk sambal terasi sendiri, resepnya banyak versinya. Intinya semua sambal yang ditambahkan terasi bisa disebut sebagai sambal terasi.

Sambal Dabu-Dabu

bumburesep.com
bumburesep.com

Kalau lihat dari namanya, sambal ini berasa uniknya. Namun ketika kita melihat penampakan dari sambalnya, maka kita bisa merasakan rasa sambal yang sepertinya segar.

Bagaimana nggak segar, soalnya semua bahannya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, tomat, cabe, dan perasan jeruk ini tidak perlu dimasak, cukup disiram minyak panas saja.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *