Saat momentum hari raya Idul Adha umat muslim menyembelih hewan qurban sebagai salah satu bentuk ketaatan kepada Allah. Sapi dan kambing adalah hewan yang paling banyak disembelih di wilayah nusantara.

Beberapa orang tak menyukai olahan daging kambing karena baunya prengus dan teksturnya lebih liat.

Namun, ada beberapa tips diantaranya dengan membungkus daging kambing dengan daun pepaya selama kurang lebih setengah jam atau dengan menambahkan parutan nanas mentah selama kurang lebih 15 menit.

Daun pepaya dan parutan nanas mengandung enzim proteolitik yang memecah protein pada daging sehingga daging menjadi lebih empuk.

www.joshua-oscar.blogspot.com
www.joshua-oscar.blogspot.com

Daging kambing dapat diolah menjadi beberapa makanan diantaranya gulai, tongseng, tengkleng, sate kambing, dan lain-lain. Di antara berbagai menu olahan daging kambing yang paling digandrungi tentu saja sate kambing.

Bukan hanya rasa sate kambing yang enak, namun juga momentum mengipasi sate bergantian menjadikan sate ini terasa lebih nikmat saat disantap bersama-sama.

Cara membuat sate kambing cukup mudah. Bahkan kaum laki-laki yang masih bujangan dapat menyiapkan bumbu membuat sate kambing yang lezat.

Berikut ini resep sate kambing mudah dan yummy.

1Sediakan Bahan-Bahan

www.kulinercopas.blogspot.com

Bahan utama yang perlu disediakan adalah daging kambing 500 gram. Perlakukan dengan daun pepaya atau parutan nanas muda agar lebih empuk. Kemudian rebus daging kambing agar proses pembakaran sate tidak terlalu lama.

Jangan lupa memotong daging kambing menjadi potongan kecil-kecil untuk selanjutnya di tusuk menggunakan tusukan sate. Daging yang ditusuk jangan terlalu rapat karena hal ini akan mempengaruhi pembakaran sate.

Adapun bumbu-bumbu yang perlu disiapkan adalah bawang putih 10 siung, ketumbar 1 sendok makan, kemiri yang disangrai 10 butir, gula merah 250 gram, garam 2 sendok teh, bawang merah 4 siung, kecap manis, dan cabai sesuai selera.

Siapkan juga bahan-bahan untuk membuat acar diantaranya mentimun, bawang merah, cuka, wortel, dan garam.

2Persiapkan Bumbu Oles

www.1080.plus

Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, garam, ketumbar, sedikit kecap, dan gula merah menggunakan cobek. Tambahkan air bersih secukupnya. Daging kambing yang telah ditusuk direndam selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap.

3Bakar Daging Kambing

www.spicetrekkers.com

Siapkan bara api dari arang kayu bakar. Jangan lupa untuk memberikan pembatas dari besi di atasnya untuk menaruh sate saat hendak di bakar.

Bakar daging kambing sambil sesekali dibolak-balik agar daging matang merata. Setelah setengah matang masukan kembali ke dalam bumbu yang tadi disiapkan. Bakar di atas bara api sampai sate benar-benar matang. Angkat dan sate kambing siap untuk disajikan.

4Buatlah Acar Mentimun

Kupas mentimun dan wortel. Iris-iris kedua bahan tersebut dengan ukuran yang kecil-kecil. Kemudian irislah cabai. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan menambahkan cuka dan sedikit garam. Aduk acar sampai merata.

5Sajikan Sate Kambing untuk Keluarga Tercinta

www.warungsategondrong.wix.com

Ada yang menyajikan sate kambing dengan sambal kacang ada pula yang menyajikan dengan sambal kecap. Sajikan bersama lontong atau nasi putih hangat. Jangan lupa untuk mencampurkan acar yang telah kamu buat.

Sate kambing sangat baik untuk penderita tekanan darah rendah. Namun, bagi kamu yang mengalami tekanan darah tinggi sebaiknya menghindari sate kambing.

Jika kamu malas untuk membuat sate kambing sendiri, maka kamu juga dapat membeli di pedagang sate Madura yang biasanya keliling di kampung-kampung.

Sate adalah makanan khas Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia sudah semestinya bangga dan berusaha untuk melestarikannya agar tidak tergerus oleh zaman.

SHARE