Kalau kamu orang Indonesia tulen, pada suatu titik sepanjang kehidupan kamu, kamu pasti akan merasa bahwa makan tanpa sayur berkuah serasa ada yang kurang sempurna. Nah, salah satu sayur berkuah yang paling terkenal di Indonesia adalah sayur sop.

Kenapa tidak kamu buat saja sendiri sayur sop sesuai selera kamu? Susah? Tentu saja tidak. Mari buktikan, di artikel ini kamu akan dapatkan step by step memasak resep sayur sop sederhana namun bisa kamu kreasikan sesuai selera.

1Tentukan Sop Kamu

appannie.com

Pertama kamu mesti tentukan dulu sayur sop apa yang ingin kamu buat. Pada umumnya yang tersedia di berbagai warung sederhana adalah sayur sop ayam. Namun, tentu saja kamu bisa memilihnya berbeda.

Kamu bisa ganti daging ayang dengan balungan sapi atau kambing, bakso, tahu, sosis, atau bisa juga kamu ubah menjadi sayur sop ceker ayam. Semuanya tergantung bagaimana selera dan kreasi kamu dalam memasak.

Nah, dalam resep sop ayam di artikel ini yang akan dibuat adalah sayur sop ayam. Komposisi daging ayam ini bisa kamu ganti seenaknya dengan daging lain yang kamu suka.

2Bahan yang Kamu Butuhkan

youtube.com

Kamu akan butuh 350 gram daging ayam dalam potongan kecil. Wortel 1 buah diiris dengan ukuran sedang. Kentang 2 buah dipotong menyerupai bentuk dadu. Siapkan juga 1 batang bawang daun atau bawang polong, iris halus.

Potong satu buah tomat merah, 5 ikat kecil kacang buncis, kubis atau kol secukupnya, garam dapur, gula pasir, dan penyedap rasa. Jangan lupa siapkan minyak untuk menumis dan air untur merebus sop. Siapkan pula bawang goreng sebagai taburan saat penyajian nanti.

3Bumbu Halus

youtube.com

Haruskan semua bumbu  halus seperti 5 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 butir kemiri, dan ½ sendok teh merica bubuk. Semua bumbu ini harus kamu haluskan dengan cara diuleg.

Bumbu halus ini adalah salah satu bumbu yang penting dan krusial khas masakan Jawa. Aroma bumbu jawa yang khas akan segera tercium sekaligus terasa saat nanti sop ayam telah kamu sajikan di meja makan untuk keluarga tercinta.

4Sayur Sop Ayam

peachesplease.com

Pertama, daging ayam yang telah dipotong kecil harus kamu bersihkan hingga benar-benar bersih dan tidak tersisa kotoran semacam darah atau bulu yang masih menempel pada daging.

Bumbu halus yang sudah kamu siapkan sekarang saatnya untuk ditumis, cukup dengan sedikit minyak. Tumis hingga harum, aroma harumnya dengan otomatis akan membuat kamu tergugah selera makannya.

diahdidi.com
diahdidi.com

Tuang air secukupnya pada bumbu yang ditumis. Tuang sedikit demi sedikit, jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa hambar pada kuah sop ayam kamu. Tunggu air hingga mendidih.

Masukkan potongan ayam kedalam bumbu halus yang direbus, diamkan hingga matang dan ayam terasa empuk. Masukkan semua sayuran yang telah kamu potong di awal tadi.

Kini, setelah semua bahan tercampur merata, kamu tambahkan gula pasir dan penyedap rasa sesuai selera kamu. Aduk hingga merata dan matang merata. Kamu bisa melakukan satu dua kali koreksi rasa jika belum pas dengan selera kamu.

masakanomah.blogspot.com
masakanomah.blogspot.com

Matikan api dan masukkan potongan tomat serta irisan bawang polong. Jangan lupa untuk menambahkan garam. Garam beryodium memang lebih baik kamu campurkan di akhir karena yodium mudah rusak jika terkena suhu panas yang tinggi.

Selesai. Sajikan sop ayam istimewa kamu yang spesial untuk keluarga tercinta. Tambahkan taburan bawang goreng sebagai pelengkap sop ayam yang menggoda lidah penikmatnya.

SHARE