Makanan bernama seblak ini sangat populer di Jawa Barat mungkin sekira 5 tahun terakhir. Dalam dua tahun terakhir bahkan telah merambah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tentu banyak yang mencari resep seblak untuk di buat sendiri di rumah.

Nah, kamu bisa mendapatkannya di artikel ini. Tata cara dan tahap pembuatan atau resep seblak basah yang identik dengan rasa pedasnya yang panas hingga mengalahkan dinginnya Bandung, tempat asal masakan ini.

1Resep Seblak

kuliner123.com

Seblak ada dua jenis, kering dan basah. Seblak yang sangat populer hingga banyak dijual oleh pedagang pinggir jalan adalah seblak basah. Sementara itu, seblak kering agak susah untuk ditemukan.

Seblak kering mirip seperti basreng atau bakso goreng dengan ukuran irisan goreng yang tidak beraturan, tidak bulat seperti bakso. Sebenarnya seblak sangat mirip dengan sumpiuh, makanan khas Jawa Tengah yang telah ada sejak tahun 1940-an.

2Bahan Selera

resepdanmasakan.com

Kerupuk basah yang digunakan dalam membuat seblak sebenarnya adalah kerupuk mentah yang direndam dalam air mendidih. Nah, kamu bisa pilih selera kamu bisa kerupuk biasa, kerupuk ikan, kerupuk udang, atau kerupuk lainnya.

Kamu juga bisa menambahkan bahan lain sesuai variasi selera kamu. Bisa bakso, sosis, bahkan ceker ayam. Bahan umum lainnya adalah telur, sawi putih, kecap, air, minyak, garam, gula, dan penyedap rasa yang kamu suka.

3Bumbu Halus

gastronomydomine.com

Sekarang kamu haluskan bumbu ‘rahasia’ seblak basah ini. Berupa 8 cabai rawit, 5 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, dan 2 ruas jari kencur. Kamu juga bisa menambahkan kunyit jika kamu mau.

Bumbu lainnya, ½ sendok makan garam, ½ sendok teh merica bubuk, 3 sendok makan saus tomat, 1 sendok makan kecap manis, dan 1 ½ sendok makan gula merah yang telah dihaluskan.

4Ayo Buat Seblak!

perahumerah.wordpress.com

Cuci hingga bersih kerupuk yang akan kamu rendam dalam air mendidih sebagai bahan utama seblak basah.

Rendam hingga benar-benar empuk dan tiriskan. Panaskan minyak dan masukkan terus serta bumbu halus. Tumis hingga harumnya menggoda dan menggugah selera.

Sekarang masukkan bahan lain seperti bakso, sosis, atau ceker ayam yang telah empuk. Tidak perlu semuanya, pilih salah satu atau dua  yang paling disukai kamu dan keluarga. Pada saat yang sama masukkan juga sawi putih yang telah direndam dalam air panas.

jualgulaaren.blogdetik.com
jualgulaaren.blogdetik.com

Tambahkan sedikit air agar tidak lengket. Kamu bisa masukkan penyedap rasa dan gula merah sekarang. Sedangkan garam lebih baik kamu masukkan setelah seblak matang, sebelum penyajian.

Setelah sawi dan air dimasukkan, sekarang tambahkan kecap dan saus serta merica bubuk sesuai selera kamu. Masak dengan api sedang hingga air mengental. Kemudian angkat dan sajikan dalam piring atau mangkuk dengan ukuran yang sesuai.

5Garnish As You Wish

indonesian-medan-food.blogspot.com

Kini kamu tinggal menghias seblak basah istimewa buatan kamu. Pada saat inilah kamu bisa menambahkan garam beryodium. Yodium mudah rusak karena panas, oleh karena itu harus di tambahkan ke dalam makanan setelah dimasak.

Nah, lebih dari itu, kamu bisa menambahkan irisan daun bawang dan bawang goreng sebagai topping atau pelengkap seblak basah istimewa yang akan kamu sajikan untuk keluarga tercinta.

Bagaimana? Mudah bukan? Hal yang lebih penting lagi, seblak buatan kamu tentu saja terjaga dan terjamin kualtas dan kesehatannya. Kini kamu tidak perlu khawatir atau was-was jika anak kamu memakan seblak.

Seblak buatan kamu pasti jadi pilihan pertama dan utama yang sehat, bergizi, dan nikmat untuk keluarga. Ayo masak seblak!